Dalam Kejadian 1:26-27
Allah berfirman, :”Baiklah Kita
menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas
ikan-ikan dilaut dan burung-burung diudara dan atas segala ternak ...Maka
Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah
diciptakan-Nya mereka sebagai laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka”.
Dari perikop tersebut
tindakan manusia yang sesuai dengan
citra Allah adalah ... .
|
|||
A.
|
Manusia dikasihi Allah dan sesama manusia yang
setia pada Allah
|
||
B.
|
Manusia adalah ciptaan yang serupa dan
segambar dengan Allah
|
||
C.
|
Manusia menjalankan tugasnya secara bijak demi
kemuliaan Allah
|
||
D.
|
Manusia bisa bertindak sewenang-wenang atas
ciptaan Allah
|
||
e.
|
0
|
||
2
|
Tabel di bawah ini
menunjukkan berbagai sikap dalam menghadapi keterbatasan
Dari berbagai sikap
diatas, sikap yang positif dalam menghadapi keterbatasan diri ditunjukkan
pada nomor ...
|
||
A.
|
1, 2, dan 3
|
||
B.
|
1, 2, dan 4
|
||
C.
|
2, 4, dan 5
|
||
D.
|
2, 4, dan 6
|
||
e.
|
0
|
||
3
|
KGK 369: Pria dan wanita diciptakan, artinya,
dikehendaki Allah dalam persamaan yang sempurna di satu pihak sebagai pribadi
manusia dan di lain pihak dalam kepriaan dan kewanitaannya.
"Kepriaan" dan "kewanitaan" adalah sesuatu yang baik dan
dikehendaki Allah: keduanya, pria dan wanita, memiliki martabat yang tidak
dapat hilang, yang diberi kepada mereka langsung oleh Allah, Penciptanya Bdk
Kej 2:7.22. Keduanya, pria dan wanita, bermartabat sama "menurut citra
Allah".
Dalam kepriaan dan kewanitaannya mereka
mencerminkan kebijaksanaan dan kebaikan Pencipta.
Kesimpulan dari teks di atas menunjukkan laki - laki dan perempuan adalah .... |
||
A.
|
ciptaan yang sempurna
|
||
B.
|
ciptaan yang sederajat
|
||
C.
|
ciptaan yang berpribadi
|
||
D.
|
ciptaan yang mulia
|
||
e.
|
0
|
||
4
|
Perhatikan kutipan teks Kitab Suci Keluaran
20:12.
“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan kepadamu.” Contoh sikap seorang anak di sekolah, berdasarkan kutipan di atas adalah …. |
||
A.
|
memilih mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
sesuai kemauan orang tua
|
||
B.
|
mengembangkan bakat sesuai keinginan orang tua
|
||
C.
|
belajar dengan tekun untuk mempersiapkan masa
depan yang lebih baik
|
||
D.
|
selalu menuruti keinginan orang tua supaya
dianggap sebagai anak yang berbakti
|
||
e.
|
0
|
||
5
|
”Hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa,
satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang
sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang
lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang
hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain
juga”.
Dalam Filp 2:2-4
tersebut, sikap-sikap yang di perlukan dalam berteman menurut nasehat Santo
Paulus adalah ... .
|
||
A.
|
Memiliki cara berpikir yang sama
|
||
B.
|
Mengasihi dan rendah hati
|
||
C.
|
Selalu memuji-muji teman
|
||
D.
|
Memperhatikan kepentingannya sendiri
|
||
e.
|
0
|
||
6
|
“Sahabat setiawan merupakan perlindungan yang kokoh, barangsiapa
menemukan orang serupa itu sungguh mendapat harta. Sahabat setiawan tiada ternilai, dan harganya
tidak ada tertimbang. Sahabat setiawan adalah obat kehidupan, orang yang
takut akan Tuhan memperolehnya. Orang yang takut akan Tuhan memelihara
persahabatan dengan lurus hati, sebab seperti ia sendiri demikianpun
temannya”. Manfaat sahabat
sejati berdasarkan Kitab Sirakh 6:14-17 adalah ... .
|
||
A.
|
Dapat berbagi suka duka dan menjaga rahasia
bersama
|
||
B.
|
Memiliki hati yang sama dan kesenangan yang
sama
|
||
C.
|
Saling percaya dan mencintai tanpa pamrih
|
||
D.
|
Setia dan taat pada temannya
|
||
e.
|
0
|
||
7
|
Perhatikan tabel
dibawah ini!
Perbuatan kasih yang dapat kita lakukan
terhadap sesama yang lemah, miskin dan menderita berdasar tabel diatas adalah
....
|
||
A.
|
1, 2, 3 dan 4
|
||
B.
|
1, 2, 3 dan 5
|
||
C.
|
1, 4, 5 dan 6
|
||
D.
|
1, 3, 5 dan 6
|
||
e.
|
0
|
||
8
|
Perhatikan kutipan Kitab Suci Gal 5:13-15 di
bawah ini !
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!". Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan. Kemerdekaan sebagai anak-anak Allah dalam melakukan segala sesuatu yang baik dan berguna menurut teks di atas adalah saling .... |
||
A.
|
Mengasihi
|
||
B.
|
Memberi
|
||
C.
|
Membinasakan
|
||
D.
|
Memusuhi
|
||
e.
|
0
|
||
9
|
Teks
Yesaya 7 : 10 – 14
TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: "Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas." Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN." Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
Maksud Janji Allah sesuai kutipan Kitab diatas
adalah akan ... .
|
||
A.
|
melelahkan manusia
|
||
B.
|
lahir anak Daud
|
||
C.
|
lahir seorang Juru Selamat yaitu Yesus
|
||
D.
|
lahir Yohanes Pembaptis
|
||
e.
|
0
|
||
10
|
Dalam diri manusia terkandung dimensi
kemanusiaan dan dimensi keallahan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain,
melainkan merupakan satu kesatuan utuh. Dimensi kemanusiaan tampak dalam
kenyataan berikut: ia diciptakan, lahir dari seorang ibu, berjenis kelamin,
mengungkapkan perasaan, dapat sakit dapat mati, dsb.
Dalam diri manusia juga mengandung dimensi keallahan sehingga manusia dapat mengasihi, berdoa, mengampuni, dsb. Dibawah ini merupakan tindakan yang mengungkapkan dimensi keallahan sekaligus dimensi kemanusiaan pada diri manusia adalah .... |
||
A.
|
Manusia dapat sakit dan mati
|
||
B.
|
Manusia diciptakan untuk bersyukur dan berdoa
kepada Tuhan
|
||
C.
|
Manusia saling mengampuni satu sama lain
|
||
D.
|
Manusia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan
perempuan
|
||
e.
|
0
|
||
11
|
Perhatikan teks Kisah Para Rasul 2:1-4.
Ketika tiba hari Pentakosta , semua orang percaya berkumpul di suatu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Berdasarkan kutipan teks tersebut, peranan Roh Kudus bagi para rasul adalah …. |
||
A.
|
Menjadikan para Rasul untuk berkata-kata dalam
berbagai bahasa
|
||
B.
|
Menjadikan para rasul semakin terkenal di mata
banyak orang
|
||
C.
|
Memberi kekuatan untuk mengusir roh-roh jahat
|
||
D.
|
Mendorong para rasul untuk mengembangkan
pribadinya
|
||
e.
|
0
|
||
12
|
Luk 22:42-44
"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau
mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan
kehendak-Mulah yang terjadi." Maka seorang malaikat dari langit
menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. Ia sangat
ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti
titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.
Sikap yang kita teladani dari sengsara Yesus adalah .... |
||
A.
|
Memberontak kepada Alllah karena merasa tidak
adil
|
||
B.
|
Marah karena tidak salah tetapi dihukum
|
||
C.
|
Menerima
dan menyerahkan sepenuhnya kedalam kehendak Allah
|
||
D.
|
Terpaksa melakukan karena sudah takdirnya
|
||
e.
|
0
|
||
13
|
Penolakan pewartaan Yesus tak terhindarkan,
banyak kelompok masyarakat yang menolak dengan berbagai macam alasan.
Kelompok tertentu merasa terancam dengan kehadiran Yesus karena pengikutnya
semakin berkurang dan meninggalkan mereka. Ada yang merasa kekuasaan
terancam, ada yang merasa kehidupannya yang sudah mapan dan nyaman sebelum
kedatangan Yesus, akan terganggu dan mereka ingin mempertahankan keadaan
seperti itu
Di bawah ini kelompok yang menolak kehadiran Yesus adalah … . |
||
A.
|
Para
nelayan
|
||
B.
|
Para
pemungut cukai
|
||
C.
|
Kaum Farisi
|
||
D.
|
Murid
Yohanes Pembaptis
|
||
e.
|
0
|
||
14
|
Kerajaan Allah yang damai dan sejahtera hanya
mungkin tercapai bila Mesias tampil sebagai seorang tokoh yang dengan gagah
berani mampu memimpin bangsa Israel melawan penjajah Romawi dan para penindas
rakyat.
Paham Kerajaan Allah tersebut bersifat …. |
||
A.
|
Politis
|
||
B.
|
Apokaliptis
|
||
C.
|
Yuridis-religius
|
||
D.
|
Humanisme
|
||
e.
|
0
|
||
15
|
Perhatikan teks Matius 13:44-46.
"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu." Makna perumpamaan yang terdapat dalam teks Kitab Suci tersebut di atas adalah …. |
||
A.
|
Di surga terdapat harta yang berharga
|
||
B.
|
Allah sebagai harta yang berharga
|
||
C.
|
Harta duniawi menjadi harta yang berharga
|
||
D.
|
Memiliki harta banyak dapat mengangkat status
seseorang
|
||
e.
|
0
|
||
16
|
Perhatikan teks Kis 2: 38-39
Jawab Petrus kepada orang banyak: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." Berdasarkan kutipan teks Kitab Suci di atas, makna Sakramen Baptis adalah …. |
||
A.
|
pengampunan dosa
|
||
B.
|
menjadi anggota Gereja
|
||
C.
|
dewasa dalam iman
|
||
D.
|
menerima tubuh dan darah Kristus
|
||
e.
|
0
|
||
17
|
Perhatikan kutipan teks berikut!
Lukas 5:12-13.
Pada suatu kali Yesus
berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia
melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat
mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan
berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.”
Berdasarkan teks di atas perbuatan Yesus
menjadi tanda ...
|
||
A.
|
Yesus berkuasa atas pengampunan dosa
|
||
B.
|
Yesus berkuasa atas alam semesta
|
||
C.
|
Yesus berkuasa atas kematian
|
||
D.
|
Yesus orang yang hebat
|
||
e.
|
0
|
||
18
|
“ ….. mereka bertekun
dalam pelajaran para rasul dan dalam
persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berndoa.
Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu membuat banyak mujizat
dan tanda….Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang
diselamatkan”. (Kisah Para Rasul 2 :
41 – 47)
Nilai - nilai cara hidup jemaat perdana yang masih dihidupi oleh umat katolik sampai saat ini.
Salah satu contoh kebiasaan para rasul dapat
kita lihat dalam kegiatan umat ... .
|
||
A.
|
Hidup dalam persekutuan dan berbagi
|
||
B.
|
Bekerja sama dan saling membantu
|
||
C.
|
Saling melayani satu sama lain
|
||
D.
|
Gotong royong dalam kebersamaan
|
||
e.
|
0
|
||
19
|
Kisah Para Rasul 2 : 41 – 47:
“ ….. mereka bertekun dalam pelajaran para rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berndoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu membuat banyak mujizat dan tanda….Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan”. Cara hidup yang khas sekaligus menjadi perekat persekutuan sehingga banyak orang yang simpatik, menurut perikop ini adalah … . |
||
A.
|
Hidup dalam kebersamaan dan saling berbagi
|
||
B.
|
Rasul-rasul banyak membuat mujizat dan tanda
|
||
C.
|
Mereka semua ketakutan melihat cara hidup para
rasul
|
||
D.
|
Mereka semua menjadi percaya
|
||
e.
|
0
|
||
20
|
Dalam sakramen baptis simbol yang digunakan
adalah air, lilin menyala, dan kain
putih. Makna simbol air dalam sakramen baptis adalah … .
|
||
A.
|
membersihkan dari segala dosa
|
||
B.
|
karunia Roh Kudus
|
||
C.
|
terang Kristus yang menerangi umat Nya
|
||
D.
|
hidup baru sebagai anak Allah
|
||
e.
|
0
|
||
21
|
Dalam
Kis 17: 22-23 :
“ Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal kamu sangat beribadah kepada dewa-dewa. Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.” Pandangan tentang sumber keselamatan dalam masyarakat yang ditemukan oleh Santo Paulus di Athena menjadi keprihatinan. Maka Paulus mengajarkan tentang sumber keselamatan yang benar adalah … . |
||
A.
|
kekuatan gaib
|
||
B.
|
harta benda duniawi
|
||
C.
|
kemajuan ilmu dan teknologi
|
||
D.
|
kekuatan
Allah
|
||
e.
|
0
|
||
22
|
Dalam perumpamaan orang farisi dan pemungut
cukai (Luk 18: 9 – 14) :
"Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai. Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku. Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.” Perumpamaan tentang orang Farisi dan Pemungut cukai memberikan pembelajaran pada kita tentang sikap beragama yang benar yaitu yang didasari sikap … . |
||
A.
|
rendah hati dihadapan Allah
|
||
B.
|
rendah diri dihadapan Allah
|
||
C.
|
menunjukkan kebaikan kita
|
||
D.
|
keinginan untuk dilihat dan dipuji orang
|
||
e.
|
0
|
||
23
|
Dalam hidup manusia kerap kali merasa tidak
berdaya, dan menyadari kekuatan yang jauh lebih hebat dari dirinya. Kekuatan
itu dapat berupa bencana, gejala alam, yang bisa menghancurkan. Itulah yang mendorong manusia untuk meminta
kekuatan yang hebat itu mengayomi hidupnya sehingga menemukan kenyamanan.
Hal tersebut di atas merupakan alasan yang benar manusia beragama, yaitu untuk .... |
||
A.
|
meneguhkan tata nilai
|
||
B.
|
memuaskan kerinduan akan masa depan
|
||
C.
|
mencari perlindungan
|
||
D.
|
menemukan jawaban
|
||
e.
|
0
|
||
24
|
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Mengikuti perayaan Ekaristi pada hari minggu dan hari-hari yang diwajibkan 2. Terlibat secara aktif dalam kegiatan ekonomi dan politik 3. Terlibat dalam karya sosial kemasyarakatan 4. Mengikuti kegiatan koor, misdinar dan lektor 5. Ikut aktif menangani permasalahan kemiskinan di masyarakat 6. membaca dan menghayati Kitab Suci 7. Menerima sakramen Tobat Kebiasaan-kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan iman kristiani antara lain ... . |
||
A.
|
1, 3,
4, dan 5
|
||
B.
|
1, 3,
5, dan 6
|
||
C.
|
1, 3,
5, dan 7
|
||
D.
|
1, 4,
6, dan 7
|
||
e.
|
0
|
||
25
|
Remaja harus terlibat dalam karya pelayanan
Gereja agar iman semakin berkembang lebih sempurna melalui berbagai kegiatan,
yaitu … .
|
||
A.
|
Aktif dalam kegiatan pendalaman iman, menjadi
lektor, misdinar dan merayakan Ekaristi.
|
||
B.
|
Aktif dalam kegiatan pendalaman iman, terlibat
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,membantu orang yang tertimpa bencana
alam
|
||
C.
|
Aktif melakukan ziarah ke gua maria setiap
tahun, terlibat kegiatan OMK, aktif dalam kegiatan belajar kelompok
|
||
D.
|
Rajin membaca buku-buku rohani, aktif dalam
kegiatan pendalaman iman dan pendalaman Kitab Suci
|
||
e.
|
0
|
||
26
|
Lukas 1: 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah
padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Sikap Maria yang dapat kita teladani berdasarkan kutipan Kitab Suci di atas yaitu .... |
||
A.
|
Patuh pada perkataan dan kehendak Malaikat
|
||
B.
|
Hidup bertekun dalam doa dan pelayanan
|
||
C.
|
Taat pada rencana dan karya Allah
|
||
D.
|
Menyimpan dan memendam semua perkara dalam
hati
|
||
e.
|
0
|
||
27
|
Kanon 209 art.1
Kaum beriman Kristiani terikat kewajiban untuk selalu memelihara persatuan dengan Gereja, juga dengan cara hidup masing-masing. Kewajiban anggota Gereja berdasarkan teks tersebut adalah …. |
||
A.
|
setiap umat beriman Kristiani harus bersatu
|
||
B.
|
setiap anggota Gereja harus berperan dalam
karya-karya Gereja
|
||
C.
|
setiap anggota Gereja harus aktif dalam Gereja
|
||
D.
|
setiap umat beriman Kristiani diminta untuk
selalu terlibat dalam kegiatan Gereja
|
||
e.
|
0
|
||
28
|
Dalam Injil Mat 22:20-21 tertulis : Maka Ia bertanya kepada mereka:
"Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan
tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada
Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang
wajib kamu berikan kepada Allah."
Sesuai dengan bacaan Injil tersebut di atas Yesus mengajarkan tentang kewajiban umat beriman di tengah masyarakat untuk ... . |
||
A.
|
melaporkan harta kekayaannya kepada negara
|
||
B.
|
mengisi surat pajak tahunan
|
||
C.
|
membayar pajak kepada negara
|
||
D.
|
membayar hutang kepada negara
|
||
e.
|
0
|
||
29
|
Dokumen Gereja dalam Gaudium et Spes art.1 :
“Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga”. Sesuai teks di atas contoh perwujudan kewajiban sebagai anggota masyarakat adalah ... . |
||
A.
|
Ikut serta secara aktif dalam keprihatinan
masyarakat dengan berpihak pada yang kekurangan dan menderita
|
||
B.
|
Ikut menjaga keamanan lingkungan masyarakat
dan telibat aktif dalam kegiatan gereja
|
||
C.
|
Menaati hukum yang berlaku dan terlibat aktif
dalam kegiatan paguyuban di gereja
|
||
D.
|
Mengupayakan terwujudnya kesejahteraan
masyarakat dan terlibat dalam paguyuban di gereja
|
||
e.
|
0
|
||
30
|
Luk
19:4-5 “ Maka berlarilah ia mendahului
orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di
situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata,”
Zakeus segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” Lalu Zakeus segara turun dan menerima Yesus
dengan suka cita.”
Tindakan
menjunjung tinggi martabat manusia dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai teks di atas adalah … .
|
||
A.
|
Menerima sesama apa adanya dan tidak
menghakimi dengan prasangka buruk
|
||
B.
|
Menghormati dan menghagai orang lain yang
telah berbuat kasih kepada kita
|
||
C.
|
Menghormati seseorang karena kedudukan dan
jabatannya
|
||
D.
|
Menghargai orang lain karena telah berjasa
kepada kita
|
||
e.
|
0
|
||
31
|
Dasa firman kelima menegaskan “jangan membunuh“ mengandung tuntutan
untuk membela kehidupan. Makna perintah kelima tersebut dalam kehidupan
sehari – hari adalah … .
|
||
A.
|
tidak saling membenci dan melecehkan
|
||
B.
|
mengusahakan tindakan kasih dan hormat terhadap
hidup
|
||
C.
|
mengusahakan berbagai cara agar berumur
panjang
|
||
D.
|
bertindak sesuai dengan norma yang berlaku
|
||
e.
|
0
|
||
32
|
Mira seorang anak kecil yang miskin. Menemukan
uang dijalan sebanyak Rp.200.000. Tidak berapa lama Mira tahu ternyata uang
itu milik seorang nenek penjual pisang yang jatuh di jalan itu. Hati nurani
Mira bergetar dan bergejolak, antara mengembalikan dan tidak.
Akibat dari perbuatan tidak jujur adalah… . |
||
A.
|
bahagia, nyaman dan tenang
|
||
B.
|
biasa saja asal tidak ketahuan
|
||
C.
|
gelisah cemas dan tidak tenang
|
||
D.
|
puas karena banyak uang
|
||
e.
|
0
|
||
33
|
Manusia sebagai citra Allah mempunyai tugas
panggilan menjaga memelihara melestarikan alam ciptaan untuk kehidupan
sekarang dan generasi yang akan datang. Usaha paling tepat yang dapat dilakukan
siswa dalam melestarikan alam adalah… .
|
||
A.
|
Reklamasi pantai
|
||
B.
|
Peningkatan mutu tempat tinggal
|
||
C.
|
Menanam pohon untuk hutan mangrove
|
||
D.
|
Memanfaatkan teknologi canggih pembersih udara
|
||
e.
|
0
|
||
34
|
Perhatikan teks Nostra Aetate art 2 alinea 3.
Maka Gereja mendorong para puteranya, supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui dialog dan kerja sama dengan para penganut agama-agama lain, sambil memberi kesaksian tentang iman serta perihidup kristiani, mengakui, memelihara dan mengembangkan harta-kekayaan rohani dan moral serta nilai-nilai sosio-budaya, yang terdapat pada mereka. Menurut teks tersebut, salah satu contoh Gereja Katolik menghargai agama lain yaitu …. |
||
A.
|
membina
persahabatan dengan umat agama tertentu
|
||
B.
|
bekerjasama dengan pemeluk agama tertentu
|
||
C.
|
melaksanakan dialog antar umat beragama
|
||
D.
|
mengikuti ibadat pemeluk agama lain
|
||
e.
|
0
|
||
35
|
“Gereja katolik tidak menolak apapun ,
yang dalam agama –agama itu serba benar dan suci. Dengan sikap hormat yang
tulus gereja merenungkan cara bertindak dan hidup kaidah –kaidah serta
ajaran-ajaran yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diajarkannya
sendiri.Tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar kebenaran,yang menerangi
semua orang” Nostra Aetate art. 2
Alinea 3.
Sikap umat Katolik terhadap agama lain yang sesuai dengan dukumen tersebut di atas adalah… |
||
A.
|
Mengakui nilai-nilai moral agama lain
|
||
B.
|
Menghormati dan berdialog dengan agama lain
|
||
C.
|
Mendalami ajaran agama lain sebagai pedoman
ajaran Gereja
|
||
D.
|
Mengikuti ajaran agama yang lain
|
||
e.
|
0
|
||
36
|
Untuk meraih cita-cita dibutuhkan berbagai
faktor pendukung, sebagai berikut :
1. bakat yang menunjang 2. dukungan financial 3. rencana yang matang 4. ketekunan 5. kedisiplinan 6. kerja keras 7. lapangan kerja yang tersedia 8. daya saing Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor eksternal ditunjukkan pada nomor …. |
||
A.
|
1, 2, dan
3
|
||
B.
|
1, 2, dan
6
|
||
C.
|
1, 4, dan
6
|
||
D.
|
2, 7, dan
8
|
||
e.
|
0
|
||
37
|
Setiap manusia sesuai
dengan panggilan hidupnya memiliki cita-cita. Faktor yang menentukan
munculnya daya juang dalam mewujudkan cita-cita adalah … .
|
||
A.
|
disiplin
|
||
B.
|
daya saing
|
||
C.
|
dana
|
||
D.
|
minat
|
||
e.
|
0
|
||
38
|
Markus 10 : 9 “Karena itu, apa yang
telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”
Berdasarkan kutipan teks tersebut, ciri perkawinan Katolik adalah … . |
||
A.
|
Monogam dan tak terceraikan
|
||
B.
|
Poligami dan tak terceraikan
|
||
C.
|
Perjanjian seorang pria dan wanita
|
||
D.
|
Allah tidak menghendaki perceraian
|
||
e.
|
0
|
||
39
|
Efesus 5:22-24. Hai istri tunduklah kepada suamimu seperti
kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah
kepala jemaat. Dialah yang menyelematkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat
tunduk kepada Kristus demikianlah juga istri kepada suami dalam segala
sesuatu.
Perkawinan menjadi
sarana dan tanda kehadiran Kristus yang menyelamatkan. Pengertian tersebut
merupakan makna perkawinan sebagai ... .
|
||
A.
|
Hukum gereja
|
||
B.
|
Sakramen
|
||
C.
|
Perjanjian pria dan wanita
|
||
D.
|
Panggilan hidup
|
||
e.
|
0
|
||
40
|
Perhatikan
Kitab Hukum Kanonik Kan. 1008 berikut ini !
“Dengan sakramen tahbisan menurut ketetapan ilahi sejumlah orang dari kaum beriman kristiani diangkat menjadi pelayan-pelayan suci, dengan ditandai oleh meterai yang tak terhapuskan, yakni dikuduskan dan ditugaskan untuk menggembalakan umat Allah, dengan melaksanakan dalam pribadi Kristus Kepala, masing-masing menurut tingkatannya, tugas-tugas mengajar, menguduskan dan memimpin.” Berdasarkan Kanon tersebut, kesimpulan dari tugas-tugas pokok seorang imam adalah ... . |
||
A.
|
melayani umat memimpin perayaan peribadatan
dalam gereja
|
||
B.
|
mewartakan Injil, memimpin perayaan
peribadatan serta menggembalakan umat beriman
|
||
C.
|
menjadi pelayan umat Allah dengan memberikan
sakramen-sakramen dalam gereja
|
||
D.
|
dipanggil untuk tugas khusus yang melebihi
dari tugas seorang uskup karena tinggal di paroki.
|
||
e.
|
0
|
||
41
|
Setiap orang katolik perlu mengembangkan
dirinya dalam kehidupan gereja, dengan keterlibatan tugas gereja yang meliputi: tugas liturgia
(pengudusan), kerygma (pewartaan), koinonia (persekutuan), dan diakonia (
pelayanan). Berikan contoh keterlibatan umat pada masing-masing tugas gereja
tersebut !
|
||
42
|
Perhatikan teks Kitab Suci Kis 4:12
“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Berikan 4 contoh cara menjadi tanda keselamatan bagi sesama di lingkungan sekolah! |
||
43
|
Dalam Kis 2 : 41-47 :
“Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati.”
Iman dapat berkembang melalui kegiatan dalam
kebersamaan dalam jemaat. Berdasarkan teks bacaan di atas, sebutkan 4 macam
kegiatan untuk mengembangkan iman yang dilakukan dalam kelompok !
|
||
44
|
Pada tahun 2015, kami berhasil mengamankan
sekitar 3 ton sabu yang berarti menyelamatkan banyak generasi muda.
Penggunaan narkoba, lanjutnya, banyak disebabkan karena kurangnya pemahaman
tentang narkotika serta kepedulian dari masyarakat serta hukum yang masih
belum mengikat secara maksimal. Harian Kompas.com (11/1/2016)
Memahami artikel tersebut diatas, sebagai remaja katolik perlu membentengi diri dari narkoba.
Sebutkan 2 contoh mengembangkan budaya
kehidupan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan teks di atas !
|
||
45
|
Bacalah kutipan berikut !
“Jika ya, hendaklah
kamu katakan ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan tidak. Apa yang lebih
dari pada itu berasal daripada si jahat”
(Mat 5:37).
Jelaskan 2 usaha yang harus dilakukan untuk menerapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kutipan di atas! |
terimakasi
BalasHapustrima kasih. soal hots masih ada di kirim lagi.
BalasHapusTerima kasih contoh soal hotsnya.
BalasHapusSoal hots y bagus, kunci jawabannya ada kh
BalasHapusTerima kasih byk contoh soal hotsnya🙏
BalasHapusPosting Komentar