I.          Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia!

1.        Bacalah teks berikut!
Peran lembaga pendidikan sangat menunjang sebagai wahana untuk sistem bekal ilmu pengetahuan.Lembaga pendidikan juga berperan sebagai lembaga yang dapat memberi bekal untuk hidup yang bermanfaat di dalammasyarakat.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A.    tujuan
B.     petunjuk
C.     sarana
D.    tempat

2.        Bacalah teks berikut!
Aryanti adalah nama samaran Prof. Dr. Hariyati Subandio. Dia telah menulis novel diantaranya Selembut Bunga (1978), Hidup Perlu Akar (1981), dan Dunia Berhenti Berputar (1982).Beliau juga menulis buku kumpulan cerpen Kaca Rias Cantik (1987).Penyajian cerita dalam Kaca Rias Cantik dianggap baru oleh para sastrawan pada tahun 1980-an. Beliau mampu menyajikan masalah irasional yang terkait makhluk halus secara unik dan menarik.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A.  seorang penulis wanita pertama
B.  sastrawati dan seorang ibu terbaik
C.  pendidik dan penulis modern
D.  pencetus cerita bersifat irasional

3.        Bacalah teks biografi berikut!
Affandi Koesoema seorang pelukis berbakat Indonesia.Ia dikenal sebagai maestro seni lukis dengan gaya abstrak dan romantisme. Selain berbakat, ia juga produktif dalam melukis sampai tua. Sepanjang hidupnya ia telah menciptakan kurang lebih 2.000 karya lukis. Karya-karya beliau telah dipamerkan diberbagai belahan dunia, seperti di Inggris, Amsterdam, dan India.

Hal yangpatut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A.  produktif melukis sampai tua
B.   pantang menyerah agar sukses
C.   teguh pada prinsip melukis
D.  maestro seni lukis Indonesia
4.        Bacalah paragraf laporan berikut!
1)Seseorang yang menderita penyakit jantung bukan berarti tidak boleh olahraga sama sekali. 2) Olahraga tetap dianjurkan bagi penderita penyakit jantung agar memiliki tubuh sehat dan bugar. 3) Namun, bagi penderita penyakit jantung tidak disarankan memilih olahraga yang terlalu berat. 4) Penderita penyakit jantung disarankan olahraga yang bersifat aerobik, seperti jalan kaki, yoga, lari, dan bersepeda santai       

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

5.        Bacalah bagian teks berikut!
Agus Noor lahir pada tanggal 26 Juni 1968 di Tegal Jawa Tengah. Setamat SMA, ia melanjutkan pendidikan di ASTI Yogyakarta. Di Kota Pelajar ia mulai aktif menulis cerpen dan esai. Selain itu, ia aktif di pers mahasiswa dan teater.

Kutipan teks biografi tersebut menyajikan bagian ....
A.    evaluasi
B.     orientasi
C.     peristiwa
D.    reorientasi

6.        Bacalah paragraf berikut!
Menanam anggrek bulan dapat dilakukan dengan dua cara. Kedua cara tersebut adalah menanamnya dengan media pot atau menempelkannya pada pohon. Kedua cara tersebut dapat dijadikan pilihan untuk memperoleh tanaman anggrek bulan hasil tanaman sendiri.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A.       Cara menanam anggrek bulan.
B.       Menanam anggrek bulan dengan media pot.
C.       Memperoleh bibit anggrek bulan unggulan.
D.       Cara cepat menanam anggrek bulan.
7.        Bacalah teks berikut!
Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, terutama dikalangan remaja. Fenomenanya adalah remaja lebih tertarik pada musik korea daripada musik asli Indonesia. Kita seharusnya bangga dengan musik kita sendiri seperti keroncong, dangdut, dan kasidah serta tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan tidak boleh menyukai musik negara lain, tetapi sebaiknya kita lebih mencintai dan menghargai musik dari negeri sendiri. Meskipun demikian kita tidak menutup mata bahwa musik mancanegara yang masuk ke Indonesia ada sisi positifnya. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa korea.

Simpulan isi teks tanggapan kritis tersebut adalah ...
A. Kehadiran K-pop telah mewarnai industri musik Indonesia, terutama dikalangan remaja.
B. Suatu negara akan menjadi kuat jika remajanya tetap mencintai negerinya sendiri terutama dalam hal musik.
C. Kita bebas memilih musik sepanjang musik tersebut membuat kita tidak kehilangan jati diri.
D. Kita boleh menyukai musik mancanegara, tetapi hendaknya lebih mencintai musik Indonesia.

8.        Bacalah kutipan teks berikut!
1)Pemerintah berencana menghadirkan pelayanan publik kepada masyarakat Indonesia selama 24 jam tanpa henti. 2) Indonesia harus mencontoh Jepang dalam menghadirkan pelayanan kepada masyarakat. 3) Pelayanan itu harus menekankan unsur keramahan dan kesiagaan dalam memberikan pelayanan publik. 4) Namun, dengan pelayanan 24 jam ini, pasti akan terjadi pembengkakan anggaran negara.

Pernyataan yang menunjukkan ketidaksetujuan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)
9.        Bacalah teks berikut!
Olahraga secara teratur mampu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan berolahraga, jumlah HDL atau kolesterol baik akan meningkat. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam tubuh akan normal.
Selain sebagai pengendali kadar kolesterol, olahraga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan. Saat berolahraga, kalori akan dibakar. Pembakaran kalori tersebut akan mengubah lemak menjadi energi. Dengan demikian, berat badan akan tetap ideal dan tubuh semakin sehat.

Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah ….
A.    Olahraga teratur dapat digunakan untuk menjaga berat badan  seseorang tetap ideal.
B.     Dengan olahraga yang teratur, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap normal dan stabil.
C.     Olahraga bermanfaat bagi kesehatan, terutana mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang.
D.    Olahraga secara teratur mampu mengendalikan kadar kolesterol dan mengontrol berat badan seseorang.

10.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Para peternak sapi di Kabupaten Semarang terpaksa mengurangi jumlah garam pada komboran sapinya.Pengurangan jumlah garam ini dilakukan karena harga garam semakin mahal.Selain itu, pemasok garam yang biasa datang dari daerah Pantura berkurang sehingga persediaan garam di Kabupaten Semarang menjadi langka.

Teks 2
Harga garam saat ini mengalami banyak kenaikan.Harga garam yang sebelumnya hanya Rp 100.000,00 per sak, kini melonjak hingga Rp 200.000,00 per sak.Mahalnya harga garam dipasaran membuat sebagian besar perajin ikan asin di Desa Kubu Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berhenti berproduksi.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….

Teks 1
Teks 2
A
diawali unsur siapa
diakhiri unsur di mana
diawali unsur mengapa
diakhiri unsur bagaimana
B
diawali unsur siapa
diakhiri unsur di mana
diawali unsur apa
diakhiri unsur bagaimana
C
diawali unsur kapan
diakhiri unsur bagaimana
diawali unsur apa
diakhiri unsur di mana
D
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di mana
diawali unsur apa
diakhiri unsur mengapa



11.    Perhatikan teks berikut!
Setelah memilih beberapa buku yang akan dibeli: Tiara segera menuju kasir. Akan tetapi; dompet yang ada di dalam tasnya tidak ada. Tiara kaget bercampur marah karena ia telah kehilangan dompet.

Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks tersebut adalah…
A.  tanda titik (.) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
B.   tanda titik dua (:) setelah kata dibeli dan tanda titik (.) setelah kata akan tetapi
C.   tanda koma (,) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
D.  tanda hubung (-) setelah kata dibeli dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi

12.    Bacalah kutipan teks berikut!
1)         Novel Berjalan di Atas Cahaya  karya Hanum Salsabiela Rais disampaikan secara lugas. 2) Novel setebal 210 halaman ini berisi informasi perkembangan Islam di Eropa. 3) Novel Berjalan di Atas Cahaya  menggunakan bahasa yang sederhana, tetapi sarat akan makna. 4) Akan tetapi, beberapa bagian cerita sulit dipahami karena alurnya yang tidak runtut.

Kalimat yang menyatakan kelemahan buku pada teks tersebut ditandai nomor ….
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

13.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
     Andi rajin belajar. Setiap hari ia tidak lupa meyijihkan dua jam waktunya untuk belajar. Andi rajin belajar karena ingin pintar sehingga dapat meraih cita-citanya. Cita-cita Andi adalah menjadi seorang guru.
Teks 2
     Andi anak yang rajin. Tak lupa dia selalu belajar tiap harinya. Belajarnya enggak lama sih, paling satu jam setiap harinya. Andi belajar untuk meraih cita-citanya sebagai seorang guru.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A
mudah dipahami
berbelit-belit
B
efektif
berbelit-belit
C
resmi
santai
D
baku
tidak baku




14.    Bacalah kutipan teks berikut!
1)Seekor burung hitam sulang beterbangan di atas bubungan rumah kami. Berputar-putar.Berkoak-koak.Uak bilang, itu burung gagak. Terdengar jelas dari suaranya yang kaak kaak kaak …. Soal burung gagak, Uak pernah menceritakan, barang siapa yang rumahnya dikitariburung hitam itu, pertanda salah seorang dari anggota rumah tersebut akan meninggal. Menurut Uak, itu bukan cerita belaka, melainkan sebuah filsafat. Sebuah pertanda.
2) “Orang-orang terdahulu menandai kabar kematian seseorang dengan burung gagak,” ujar Uak suatu kali, sambil menggulung kulit jagung yang berisi rajangan tembakau.
3) “Mengapa harus burung gagak?” aku menyoal.
4) “Karena gagak adalah burung bangkai,” jawabnya yang bibirnya nyaris rapat.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A.    diputari
B.     didatangi
C.     disambangi
D.    dihinggapi

15.    Bacalah kutipan teks berikut!
Angin terus-menerus berkesiur susul-menyusul, menerabas, dan mengayun ranting-ranting pohon mahoni dan sonokeling yang berjejer di sepanjang jalan desa hingga menimbulkan suara kemerosak di mana-mana. Air makin lama makin deras tumpah ke bumi.Orang-orang yang berdesakan di teras warungku sebagian ada yang masuk ke dalam. Tetapi, mereka tidak memesan apa-apa. Ini bulan Ramadan dan biasanya warungku mulai buka pukul 04.30 sore. Kalau pun mereka membeli, biasanya minta dibungkus untuk dibawa pulang atau memesan makanan ketika azan maghrib berkumandang untuk berbuka puasa.

Latar tempat pada kutipan teks tersebut adalah di ....
  1. jalan desa
  2. masjid
  3. meja makan
  4. warung makan
Perhatikan kutipan fabel di bawah ini untuk soal nomor 16 dan 17!
Suatu hari ada seekor kucing tinggal di hutan bersama binatang-binatang lain. Ia sangat bangga dan suka menyombongkan diri. Ia akan mengarang cerita dan membual bahwa ia pernah ke beberapa tempat di mana ia menjadi raja.
Semua binatang menyembahnya karena mengira kucing itu hebat.Semua binatang percaya bahwa kucing itu ialah kucing kramat. Tikus meminta binatang-binatang lain tidak mempercayai kucing, tetapi tak ada yang mendengarkan tikus.
Suatu hari, kucing terjatuh dari pohon dan terluka. Ia menyeringai kesakitan. Binatang-binatang lain lalu menyadari bahwa kucing itu adalah binatang biasa. Mereka marah-marah karena kucing telah membohongi mereka.Semua binatang di hutan berkumpul dan mengusir si kucing.

16.    Paragraf  kedua pada kutipan fabel di atas merupakan bagian alur....
A.    perkenalan
B.     konflik
C.     klimaks
D.    selesaian

17.    Amanat dari kutipan fabel di atas adalah....
A.    Kita harus menolong teman yang mendapat musibah.
B.     Kita jangan menjadi pembual karena akan dijauhi teman.
C.     Kita jangan menjadi pengecut untuk mengakui kesalahan.
D.    Kita harus menghormati orang lain yang memiliki jabatan.

18.    Bacalah kutipan fabel berikut ini!
Semua hewan kesal dengan kesombongan si kelinci.Ia selalu membanggakan kecepatan larinya.Untuk menyadarkan kesombongannya, Karu, si kura-kura menantang kelinci lomba lari melewati empat bukit. Tanpa sepengetahuan kelinci, Karu menyuruh teman-temannya untuk bersiap di bukit pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan ia bersiap di bukit keempat.
Pada saat lomba berlangsung, kelinci berlari sangat kencang. Namun, saat melewati bukit pertama ia heran, kenapa si Karu sudah berada di sana. Begitu pula di bukit kedua dan bukit ketiga.Si kelinci tidak tahu kalau ketiga kura-kura itu teman si Karu.Si kelinci semakin kaget karena si Karu sudah berada di bukit keempat dari tadi.Kelinci bingung dan malu kenapa si Karu yang lambat bisa mengalahkannya.

Penyebab konflik dalam kutipan fabel di atas adalah....
A.       Si Karu menantang kelinci lomba lari
B.       Si Karu dibantu teman-temannya saat lomba lari
C.       Kelinci yang selalu membanggakan kecepatan larinya.
D.       Kelinci menyesal karena kalah dari lomba lari dengan si Karu
19.    Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kimpul masih dengan tekun mendengarkan penjelasan orang bernama Dasuki itu.
“Lima tahun saya terganggu karena belum membayar ongkos pangkas rambut itu. Karena itu, hari ini saya sempatkan ke sini, pada saat saya sedang bertugas ke kota ini. Saya ingin membayar utang saya itu.”
Begitu selesai mengucapkan kalimat itu, ia mengambil uang dari sakunya dan menyerahkan Rp100.000 kepada Kimpul. Karena Kimpul masih tidak memahami cerita laki-laki itu, ia diam saja dan tidak berani menerima uang yang diulurkan kepadanya. Dasuki memberikan uang itu ke tangan Kimpul dan menggenggamkannya.
“Permisi, Pak Kimpul, saya harus pergi sekarang untuk rapat. Kalau sempat saya akan datang lagi,” kata orang yang bernama Dasuki itu sambil melangkah pergi.
Kimpul merasa uang yang tergenggam di tangannya itu bukan miliknya. Ia pasti salah alamat, pikir Kimpul. Karena itu, Kimpul buru-buru berjalan ke arah laki-laki itu. Ia berlari-lari kecil di keempat sisi lapangan, namun laki-laki tidak ditemukannya. Ia kembali ke tempatnya bekerja dengan napas tersengal-sengal. Kimpul benar-benar tidak tahu apa yang akan dilakukannya dengan uang Rp100.000 di tangannya itu.

(Kimpul karya Sari Siregar)

Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Puas karena jasa cukurnya dibayar.
B. Bingung karena memegang uang bukan haknya.
C. Gembira karena bisa bertemu pelanggannya lagi.
D. Sedih karena harus mengembalikan bukan miliknya.

20.    Bacalah kutipan berikut ini!
Sang macan tutul menunjuk sang keledai untuk membagi hewan-hewan itu “Keledai silahkan kau bagi makanan-makanan itu” Perintah sang macan tutul lalu keledai itu menghitung dengan cermat hewan tangkapan itu, setelah sang keledai menghitung dia membagikan hewan-hewan itu secara adil dengan membagi tiga bagian yang sama banyak. Melihat pembagian itu sang macan tutul sangat marah kemudian dia menerkam sang keledai hingga keledai itu mati dan kini tumpukan makanan telah bertambah. Kemudian sang macan tutul menoleh ke arah anjing gunung “Sekarang kamu bagikan hewan-hewan itu”. Perintahnya dengan marah, kini sang anjing gunung mendekati makanan itu dia menumpukkan kembali hewan-hewan yang telah dibagikan oleh sang kedelai menjadi tumpukan yang besar kemudian dia menggigit seekor kelinci di mulutnya untuk dirinya sendiri, itupun hanya seekor kelinci yang dagingnya sangat kecil dan tidak begitu berarti untuk sang macan tutul.

Makna simbol dari tokoh macan tutul adalah....
A.       kepemimpinan          
B.       keserakahan 
C.       kekuasaan
D.       kekejaman
21.    Bacalah kutipanfabel berikut!
Dengan napas yang hampir habis, sampailah si Tokek di sarang si Nyamuk.Si Tokek membaringkan tubuh si Nyamuk di sebuah selimut tipis. Di sana ia melihat anak si Nyamuk terlihat sakit dan butuh pertolongan.
“Terima kasih Tokek karena kamu tidak memakanku,” ujar si Nyamuk.
Si Tokek hanya bisa menganggukkan kepala dan ekornya untuk menjawab.
“Apa kau tak bisa berbicara?Pastinya kau juga tak bisa menjawabku, bukan?” goda si Nyamuk.
Si Tokek hanya bisa tersenyum dan mengibaskan ekornya.Sejak saat itu mereka sering bertemu.Si Tokek sering membantu si Nyamuk untuk menyembuhkan sayapnya yang patah.
Komentar yang sesuai isi fabel tersebut adalah...
A.    Perbuatan si Tokek sungguh terpuji.
B.     Perbuatan si Nyamuk harus dicontoh.
C.     Tokek mendapatkan mangsa nyamuk.
D.    Nyamuk mendapatkan mangsa tokek.
22.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen I
“Untuk itu, kita memang harus membudidayakan tanaman langka tersebut, Hilma. Agar tidak punah,” jelas Nenek yang kali ini memberikan tanaman lidah buaya.
“Tapi, bentuk tanaman langka tidak menarik, Nek.” Hilma menggerakkan bahu. “Tidak seperti tanaman bunga anggrek, bunga matahari, atau bunga mawar. Tetapi, tanamannya berwarna-warni cerah.”
“Ya, memang seperti itu adanya,” senyum Nenek. “Tetapi, tanaman langka mempunyai banyak manfaat untuk macam-macam keperluan.”
Hilma mulai tertarik. “Manfaatnya untuk apa saja, Nek?”
“Lihat tanaman lidah buaya ini,” kata Nenek. “Nah! Tanaman ini memiliki daun panjang dengan daging daunnya yang tebal ini bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Caranya daun tebalnya dibelah lalu dioleskan pada kulit rambut.”
(Lihat Kebunku karya Pupuy Harriyah)
Cerpen II
Jek mengemudi, Yodi membonceng, tak ada percakapan sepanjang jalan. Angin merentang-rentangkan muka mereka seperti adonan roti. Rambutnya yang panjang masai sesekali tercicip si pembonceng. Jarak dari rumah Yodi ke Danau Limboto tak begitu jauh. Sepuluh menit di atas sepeda motor yang dikebut. Mereka pun tiba.
Yodi pernah mendengar dari Meli, keponakannya, danau itu akan menghilang tak sampai sepuluh tahun lagi. Meli yang kuliah di satu-satunya universitas negeri di kota itu bilang bahwa pendangkalan terlalu cepat untuk dihentikan. Hutan di hulu rusak. Orang-orang bikin ladang di tempat dangkal dan karamba di tempat dalam. Eceng gondok subur karena pupuk dan pakan ikan di tebar sembarangan.
Tiap kemarau, beberapa bagian danau mengering dan pecah-pecah seperti lapangan sepak bola kelas kampung. Bahkan, benar-benar ada yang bermain sepak bola di bagian yang mengering itu.
(Burung Merah karya Jamil Massa)
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen berikut adalah ....

Cerpen I
Cerpen II
A.
menggunakan kata ganti orang ketiga
menggunakan kata ganti orang pertama
B.   
banyak terdapat kata lugas
banyak terdapat kata luas
C.   
menggunakan kalimat tak langsung
menggunakan kalimat langsung
D.
banyak terdapat kata ganti petunjuk
banyak terdapat kata ganti orang
23.    Bacalah kutipan kedua teks cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
Kutipan Cerpen2
Bagian yang ditempuh dengan kereta api dari daerah New Mexico akhirnya membosankan juga: gurun-gurun dan tanah-tanah tandus belaka, sesekali rumah-rumah yang jauh terpencil-pencil serba miskin. Hanya pohon-pohon kaktus yang menjulang di atas tanah datar itu serta kincir-kincir angin yang berserak di sana-sini untuk memompa air dari bawah tanah yang kering itu, merupakan selingan jelita.
Seperti bunga kecepiring, muka dan kulitnya kemerah-merahan dankalau ketawa cekung pipinya. O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zainab yang egoistis. Bedanya dengan Zainab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang terasa sekali merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah anak Haji Ma’ruf itu.

Perbandingan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….

Kutipan Cerpen 1
Kutipan Cerpen2
A
diawali dengan perkenalan latar tempat
diawali dengan perkenalan tokoh
B
diawali dengan perkenalan latar tempat
diawali dengan perkenalan latar suasana
C
diawali dengan perkenalan tokoh
diawali dengan perkenalan latar tempat
D
diawali dengan perkenalan tokoh
diawali dengan perkenalan latar suasana

24.    Cermati kalimat berikut!
Kita memerlukan: kertas, gunting, dan lem untuk membuat tugas kerajinan tangan.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut karena ….
A.  tanda titik dua (:) tidak diperlukan
B.   tanda titik dua (:) diganti tanda seru
C.   tambahkan tanda koma (,) setelah kata untuk
D.  tanda koma (,) setelah tanda gunting tidak perlu

25.    Cermatilah kalimat berikut!
Karena penyakit berat, Saimun […] dari orang-orang sehat di sekitarnya untuk menghindari penularan.
Istilah kesehatan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diisolasi
B. dikarantina
C. diinkubasi
D. diimunisasi

26.    Cermati kalimat berikut!
Shinta menerima hadiah […] juara dalam lomba menulis puisi.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. karena
B. untuk
C. agar
D. sehingga
27.    Cermati kalimat petunjuk berikut!
(1)      Masukkan daun pandan dan garam ke dalam rebusan santan, aduk terus sampai tercium aroma harum.
(2)      Masukkan santan secukupnya ke dalam panci.
(3)      Rebus santan bersama gula merah, gula pasir, dan kopi hitam di atas api kecil.
(4)      Tunggu rebusan santan sampai mendidih sambil diaduk.
(5)      Matikan api, angkat rebusan wedang bajigur, lalu saringlah.
(6)      Wedang bajigur siap untuk dinikmati.

Urutan yang tepat petunjuk membuat wedang bajigur adalah …
A.  2 – 1 – 4 – 5 – 6 – 3
B.   2 – 1 – 5 – 6 – 4 – 3
C.   2 – 3 – 1 – 4 – 6 – 5
D.  2 – 3 – 4 – 1 – 5 – 6

28.    Cermati paragraf berikut!
Kebijakan transportasi darat sering melupakan inti manajemen perjalanan. Manajemen perjalanan mengatur mobilitas orang dan barang secara efisien. Membangun ruas jalan selebar dan sepanjang mungkin tidak akan menyelesaikan masalah kemacetan. [….] Oleh karena itu, sebaiknya penambahan kendaraan diatur sesuai kapasitas jalan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Hal ini karena banyak penduduk yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadinya.
B. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jalan rusak dan keinginan masyarakat berpergian dengan kendaraan.
C. Hal ini dikarenakan banyaknya pedagang asongan yang sering berada di jalan raya.
D. Hal ini karena penambahan kendaraan lebih banyak dibandingkan dengan pembangunan jalan raya.
       
29.    Bacalah kalimat berikut!
Buku pendidikan karakter di sekolah diterbitkan oleh pt jepe press media utama.

Perbaikan yang tepat penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A.    Buku “pendidikan karakter di sekolah” diterbitkan oleh PT  JePe Press Media Utama.
B.     Buku Pendidikan Karakter di Sekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press Media Utama.
C.     Buku Pendidikan Karakter Di Sekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press Media Utama.
D.    Buku Pendidikan Karakter di Sekolah diterbitkan oleh PT  JePe Press media utama.

30.    Perhatikan data laporan berikut!
·      Mengamati buah jeruk nipis.
·       Tinggi pohon 3,5 meter.
·       Batangnya bulat berduri.
·       Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit.
·       Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2-5 cm.
·       Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2- 5 cm.

Penulisan teks laporan sesuai data-data tersebut yang tepat adalah …
A.  Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah, seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.
B.  Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.
C.  Pohon jeruk nipis dapat mencapai 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri. Daun jeruk nipis, berbentuk elips atau bulat telor, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm.
D.  Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai obat, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.

31.    Bacalah teks berikut!
(1) Internet dapat memenuhi keinginan dan hobi para remaja. (2) Akan tetapi, terdapat pula dampak yang tidak baik dari internet. (3) Hal-hal yang dapat mempengaruhi remaja sekalian mencakup unsur kekejaman, porno, dan tindak lain. (4) Internet yang memiliki konten tidak baik untuk remaja dapat mempengaruhi pola pikirnya. (5) Dampak buruk lain internet adalah yaitu dapat membuat kecanduan atau tidak terlepas berasal dari dunia maya. (6) Oleh karena itu, banyak remaja yang acuh terhadap kehidupan nyata.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (6)

32.    Perhatikan paragraf berikut!
(1)Nilai sosial dalam novel karya Andrea Hirata ini sangat menonjol. (2) Salah satu tugasnya membantu orang yang kesusahan atau tertimpa musibah. (3) Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi antara Ikal, Arai, dan Jimbron. (4) Masing-masing memiliki impian yang berbeda dan hampir mencapai batas kemustahilan.

Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor …
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)

33.    Perhatikan kalimat berikut!
Indonesia memiliki beragam jenis buah, sayuran, dan bunga yang bermutu dan [...] mendatangkan devisa negara.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.    bersaing
B.     berpotensi
C.     berkualitas
D.    berstandar

34.    Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh kelainan atau kerusakan pada organ penglihatan dinamakan […].

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.  tunanetra
B.   tunadaksa
C.   tunagrahita
D.  tunawicara

35.    Cermati kalimat berikut!
Terlepas dari beberapa kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini layak digunakan untuk mengajari semua anak-anak tentang konsep matematika secara sangat menyenangkan sekali.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata….
A.  beberapa, kekurangan, dan anak
B.   beberapa, kekurangan, dan sekali
C.   kekurangan, semua, dan sekali
D.  kekurangan, anak, dan konsep


36.    Bacalah teks berikut!
Lembah Baliem merupakan tempat wisata di Papua yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya. Lembah Baliem dihuni oleh suku Yali; Lani; dan Dani. Lembah ini terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut. Hal ini menjadikan suku di lembah tersebut sangat sejuk.

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada teks tersebut adalah ....
A. pemerincian tidak menggunakan tanda titik koma (;)
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu dengan yang lain
C. mengikuti kata yang merupakan pernyataan disertai pemerincian
D. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan

37.    Cermatilah teks prosedur berikut!
Berenang harus dilakukan dengan cara yang benar agar mendapat hasil yang optimal. Beberapa cara berenang yang sehat dan benar adalah sebagai berikut:
1.  Pertama, perhatikan kondisi fisik, benar-benar sehat dan fit.
2.  Kedua, perhatikan air pada kolam renang, pastikan air kolam renang bersih.
3.  Ketiga, perhatikan kondisi para pengunjung kolam renang.
4.  Keempat, pemanasan yang cukup dan minum air.
5.  Kelima, perhatikan jam makan, perut jangan terlalu kenyang dan lapar sebelum      berenang.
6.  Keenam, bersihkan diri setelah berenang.
Begitulah cara berenang yang baik.

Alasan ketidakpaduan teks prosedur tersebut adalah ....
A. maksud kalimat pada pengantar petunjuk tidak logis
B. langkah berenang pada kalimat nomor 3 tidak logis
C. kalimat pada langkah-langkah melakukan berenang tidak berurutan
D. bagian penutup tidak logis bila dihubungkan dengan langkah kegiatan

38.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 
(1)      Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat tulis, bolpoin, penggaris, dan pensil.
(2)      Saya dapat menjawab soal-soal UN itu karena saya belajar dengan rajin.
(3)      Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah empat puluh pilihan ganda dan lima esai.
(4)      Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.

Kesalahan penggunaan tanda baca  terdapat pada kalimat nomor …
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)


39.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
Novel Negeri 5 Menara memberikan pelajaran (1) hidup bagi para remaja (2) kususnya. bahwa (3) sgala keinginan, harapan, dan cita-cita dapat diraih dengan kerja keras dan (4) kesungguhan serta restu dari (5) orangtua.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor ….
A.  (1), (2), (3)
B.   (1), (2), (5)
C.   (2), (3), (4)
D.  (2), (3), (5)

40.    Cermati kalimat berikut!
Sebelum bertindak, kita perlu melakukan [...] terhadap objek yang diujicobakan.
        
Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. analisa
B. analisys
C. analisis
D. analysis

  II.          Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan tepat!

41.    Bacalah kedua kutipan teks laporan berikut!
Teks I
Pada hari Kamis, 11 Juli 2013 pukul 07.00 aku melihat ibuku menyiapkan beberapa hal. Lalu, aku disuruh mengantarkan makanan ke panti asuhan di dekat rumah. Setelah itu, aku pun bergegas bersiap-siap karena diberi tahu ingin pergi. Aku dan keluargaku berangkat menuju sebuah restoran di salah satu mal di Jakarta. Kami berangkat menggunakan mobil pribadi. Di sepanjang perjalanan ada yang mendengarkan musik, bercanda, dan ada yang hanya sekadar ngobrol ringan. Di tengah perjalanan, kami terjebak macet. Setelah 3 jam berlalu, kami sampai juga di mal itu pukul 11.00.
Teks II
Kami sekeluarga 4 bersaudara. Kakakku yang pertama sudah kuliah. Sekarang kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Kakak keduaku wanita. Sekarang sudah kelas XII di salah satu SMA di Jakarta. Kakakku yang ketiga yang paling dekat denganku. Ia laki-laki tertampan dalam keluargaku. Saat ini sedang menempuh pendidikan di Jakarta. Ia baru SMA kelas X. Aku tergolong paling kecil dalam keluarga. Umurku 14 tahun. Dalam umurku ini mestinya aku sudah kelas IX SMP. Akan tetapi, karena sering sakit-sakitan aku sering ketinggalan pelajaran. Aku pernah tidak naik kelas. Oleh karena itu, aku baru kelas VII SMP. Meskipun kami sibuk dengan tugas masing-masing, tetapi setiap malem kami senantiasa berkumpul, kecuali kakak sulungku yang karena tempatnya memang tidak satu kota.

Tulislah perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut disertai alasan jawabanmu!
42.    Cermati kutipan resensi buku berikut!
Novel Ayah, Menyayangimu Tanpa Akhir ini bertema sosial keluarga. Novel ini menampilkan tokoh utama Juna sebagai orag tua tunggal bagi Mada, anak laki-laki satu-satunya. Kepergian istri adalah kenyataan sehingga tokoh Juna harus melanjutkan hidup dan membesarkan anaknya. Secara keseluruhan ceritanya menarik, ada pesan moral yang bisa diambil. Novel ini juga mengajarkan kita akan berharganya waktu. Dari segi ejaan dan bahasa, terdapat kata-kata yang penulisan hurufnya kurang, ada dialog yang menggunakan bahasa daerah, menggunakan kosa kata asing tanpa terjemahan, dan ada kata-kata yang sering diulang. Selain itu,sampul novel ini terkesan kurang menarik karena pewarnaannya kurang tajam.

Tuliskan kelemahan novel sesuai kutipan resensi tersebut!

43.    Cermati teks berikut!
Pewawancara           : “Bagaimana lingkungan sekolah yang Ibu bina bisa kelihatan rapi dan 
bersih?”
Kepala Sekolah        : “Saya memberikan pengarahan kepada siswa agar memiliki kesadaran
hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.”

Ubahlah teks wawancara tersebut menjadi teks eksposisi!

44.    Cermati teks berikut!
(1)Peningkatan minat baca daripada anak akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. (2) Untuk itu orang tua juga memiliki peran penting  untuk menumbuh kembangkan minat baca anak. (3) Misalnya disediakan pojok baca yang menarik di dalam kamar anak. (4) Dengan demikian akan tumbuh minat baca anak tersebut.

Perbaiki kalimat nomor (1) menjadi kalimat efektif!

45.    Cermati kalimat berikut!          
Ayah lihatlah apa yang aku tangkap aku sudah bisa berburu seru Rubah.

Tuliskan kembali kalimat di atas dengan menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat!



Menghendaki Contoh Soal USBN SMP Bahasa Indonesia lainnya? Kawan pakguru.id bisa lihat di sini

Post a Comment