I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Bacalah
teks berikut!
Peran
lembaga pendidikan sangat menunjang sebagai
wahana untuk sistem bekal ilmu pengetahuan.Lembaga pendidikan juga berperan
sebagai lembaga yang dapat memberi bekal untuk hidup yang bermanfaat di dalammasyarakat.
Makna kata yang bercetak miring dalam
teks tersebut adalah ....
A.
tujuan
B.
petunjuk
C.
sarana
D.
tempat
2.
Bacalah
teks berikut!
Aryanti
adalah nama samaran Prof. Dr. Hariyati Subandio. Dia telah menulis novel diantaranya
Selembut
Bunga (1978), Hidup Perlu Akar (1981), dan Dunia
Berhenti Berputar (1982).Beliau juga menulis buku kumpulan cerpen Kaca Rias Cantik (1987).Penyajian cerita
dalam Kaca Rias Cantik dianggap baru
oleh para sastrawan pada tahun 1980-an. Beliau mampu menyajikan masalah
irasional yang terkait makhluk halus secara unik dan menarik.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A.
seorang penulis
wanita pertama
B.
sastrawati dan
seorang ibu terbaik
C.
pendidik dan
penulis modern
D.
pencetus cerita
bersifat irasional
3.
Bacalah
teks biografi berikut!
Affandi
Koesoema seorang pelukis berbakat Indonesia.Ia dikenal sebagai maestro seni lukis dengan gaya abstrak dan
romantisme. Selain berbakat, ia juga produktif dalam melukis
sampai tua. Sepanjang hidupnya ia
telah menciptakan kurang lebih 2.000 karya lukis. Karya-karya beliau telah dipamerkan
diberbagai belahan dunia, seperti di Inggris, Amsterdam, dan India.
Hal yangpatut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. produktif melukis sampai tua
B. pantang menyerah agar sukses
C. teguh pada prinsip melukis
D. maestro seni lukis Indonesia
4.
Bacalah
paragraf laporan berikut!
1)Seseorang yang menderita penyakit jantung bukan
berarti tidak boleh olahraga sama sekali. 2) Olahraga tetap dianjurkan bagi
penderita penyakit jantung agar memiliki tubuh sehat dan bugar. 3) Namun, bagi
penderita penyakit jantung tidak disarankan memilih olahraga yang terlalu
berat. 4) Penderita penyakit jantung disarankan olahraga yang bersifat aerobik,
seperti jalan kaki, yoga, lari, dan bersepeda santai
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai
nomor ....
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
5.
Bacalah
bagian teks berikut!
Agus Noor lahir pada tanggal 26 Juni
1968 di Tegal Jawa Tengah. Setamat SMA, ia melanjutkan pendidikan di ASTI
Yogyakarta. Di Kota Pelajar ia mulai aktif menulis cerpen dan esai. Selain itu,
ia aktif di pers mahasiswa dan teater.
Kutipan teks biografi tersebut
menyajikan bagian ....
A.
evaluasi
B.
orientasi
C.
peristiwa
D.
reorientasi
6.
Bacalah
paragraf
berikut!
Menanam anggrek bulan dapat dilakukan dengan dua cara.
Kedua cara tersebut adalah menanamnya dengan media pot atau menempelkannya pada pohon. Kedua cara
tersebut dapat dijadikan pilihan untuk memperoleh tanaman anggrek bulan hasil
tanaman sendiri.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah ...
A.
Cara menanam
anggrek bulan.
B.
Menanam anggrek
bulan dengan media pot.
C.
Memperoleh bibit
anggrek bulan unggulan.
D.
Cara cepat menanam anggrek bulan.
7.
Bacalah
teks berikut!
Kehadiran K-pop merajai dunia
musik di Indonesia, terutama dikalangan remaja. Fenomenanya adalah remaja
lebih tertarik pada musik korea daripada musik asli Indonesia. Kita
seharusnya bangga dengan musik kita sendiri seperti keroncong, dangdut, dan
kasidah serta tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan tidak boleh
menyukai musik negara lain, tetapi sebaiknya kita lebih mencintai dan menghargai
musik dari negeri sendiri. Meskipun demikian kita tidak menutup mata bahwa
musik mancanegara yang masuk ke Indonesia ada sisi positifnya. Salah satu
sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang
budaya dan bahasa korea.
|
Simpulan isi teks tanggapan
kritis tersebut adalah ...
A. Kehadiran K-pop telah mewarnai industri musik
Indonesia, terutama dikalangan remaja.
B. Suatu negara akan menjadi kuat jika remajanya
tetap mencintai negerinya sendiri terutama dalam hal musik.
C. Kita bebas memilih musik sepanjang musik
tersebut membuat kita tidak kehilangan jati diri.
D. Kita boleh menyukai musik mancanegara, tetapi
hendaknya lebih mencintai musik Indonesia.
8.
Bacalah kutipan teks berikut!
1)Pemerintah
berencana menghadirkan pelayanan publik kepada masyarakat Indonesia selama 24
jam tanpa henti. 2) Indonesia harus mencontoh Jepang dalam menghadirkan
pelayanan kepada masyarakat. 3) Pelayanan itu harus menekankan unsur keramahan
dan kesiagaan dalam memberikan pelayanan publik. 4) Namun, dengan pelayanan 24
jam ini, pasti akan terjadi pembengkakan anggaran negara.
Pernyataan yang menunjukkan
ketidaksetujuan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
9.
Bacalah
teks berikut!
Olahraga
secara teratur mampu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan
berolahraga, jumlah HDL atau kolesterol baik akan meningkat. Dengan demikian,
kadar kolesterol dalam tubuh akan normal.
Selain
sebagai pengendali kadar kolesterol, olahraga dapat digunakan untuk mengontrol
berat badan. Saat berolahraga, kalori akan dibakar. Pembakaran kalori tersebut
akan mengubah lemak menjadi energi. Dengan demikian, berat badan akan tetap ideal dan
tubuh semakin sehat.
Ringkasan yang tepat teks
tersebut adalah ….
A.
Olahraga teratur
dapat digunakan untuk menjaga berat badan
seseorang tetap ideal.
B.
Dengan olahraga
yang teratur, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap normal dan stabil.
C.
Olahraga
bermanfaat bagi kesehatan, terutana mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh
seseorang.
D. Olahraga secara teratur mampu mengendalikan kadar
kolesterol dan mengontrol berat badan seseorang.
10.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Para
peternak sapi di Kabupaten Semarang terpaksa mengurangi jumlah garam pada
komboran sapinya.Pengurangan jumlah garam ini dilakukan karena harga garam
semakin mahal.Selain itu, pemasok garam yang biasa datang dari daerah Pantura berkurang sehingga persediaan
garam di Kabupaten Semarang menjadi langka.
Teks 2
Harga
garam saat ini mengalami banyak kenaikan.Harga garam yang sebelumnya hanya Rp
100.000,00 per sak, kini melonjak hingga Rp 200.000,00 per sak.Mahalnya harga
garam dipasaran membuat sebagian besar perajin ikan asin di Desa Kubu Kecamatan
Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berhenti berproduksi.
Perbedaan pola penyajian
kedua teks tersebut adalah ….
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
diawali unsur siapa
diakhiri unsur di
mana
|
diawali unsur mengapa
diakhiri unsur bagaimana
|
B
|
diawali unsur siapa
diakhiri unsur di
mana
|
diawali unsur apa
diakhiri unsur bagaimana
|
C
|
diawali unsur kapan
diakhiri unsur bagaimana
|
diawali unsur apa
diakhiri unsur di
mana
|
D
|
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di
mana
|
diawali unsur apa
diakhiri unsur mengapa
|
11.
Perhatikan
teks berikut!
Setelah memilih beberapa buku yang akan
dibeli: Tiara segera menuju kasir. Akan tetapi; dompet yang ada di dalam tasnya
tidak ada. Tiara kaget bercampur marah karena ia telah kehilangan dompet.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda
baca dalam teks tersebut adalah…
A. tanda
titik (.) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
B. tanda
titik dua (:) setelah kata dibeli dan tanda titik (.) setelah kata akan tetapi
C. tanda
koma (,) setelah kata dibeli dan tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
D. tanda
hubung (-) setelah kata dibeli dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi
12.
Bacalah kutipan teks berikut!
1)
Novel Berjalan di Atas Cahaya karya Hanum Salsabiela Rais disampaikan
secara lugas. 2) Novel setebal 210 halaman ini berisi informasi perkembangan
Islam di Eropa. 3) Novel Berjalan di Atas
Cahaya menggunakan bahasa yang
sederhana, tetapi sarat akan makna. 4) Akan tetapi, beberapa bagian cerita sulit dipahami
karena alurnya
yang tidak runtut.
Kalimat yang menyatakan
kelemahan buku pada teks tersebut
ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
13. Bacalah kedua teks
berikut!
Teks
1
Andi
rajin belajar. Setiap hari ia tidak lupa meyijihkan dua jam waktunya untuk
belajar. Andi rajin belajar karena ingin pintar sehingga dapat meraih
cita-citanya. Cita-cita Andi adalah menjadi seorang guru.
Teks
2
Andi
anak yang rajin. Tak lupa dia selalu belajar tiap harinya. Belajarnya enggak
lama sih, paling satu jam setiap harinya. Andi belajar untuk meraih
cita-citanya sebagai seorang guru.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua
teks tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
mudah dipahami
|
berbelit-belit
|
B
|
efektif
|
berbelit-belit
|
C
|
resmi
|
santai
|
D
|
baku
|
tidak baku
|
14. Bacalah kutipan teks
berikut!
1)Seekor
burung hitam sulang beterbangan di atas bubungan rumah kami. Berputar-putar.Berkoak-koak.Uak
bilang, itu burung
gagak. Terdengar jelas dari suaranya yang kaak kaak kaak …. Soal burung gagak,
Uak pernah menceritakan, barang siapa yang rumahnya dikitariburung hitam itu, pertanda salah seorang dari anggota rumah
tersebut akan meninggal. Menurut Uak, itu bukan cerita belaka, melainkan sebuah
filsafat. Sebuah pertanda.
2)
“Orang-orang terdahulu menandai kabar kematian seseorang dengan burung gagak,”
ujar Uak suatu kali, sambil menggulung kulit jagung yang berisi rajangan tembakau.
3)
“Mengapa harus burung gagak?” aku menyoal.
4)
“Karena gagak adalah burung bangkai,” jawabnya yang bibirnya nyaris rapat.
Makna kata yang bercetak miring dalam
teks tersebut adalah ....
A. diputari
B. didatangi
C. disambangi
D. dihinggapi
15.
Bacalah
kutipan teks
berikut!
Angin terus-menerus berkesiur susul-menyusul,
menerabas, dan mengayun ranting-ranting pohon mahoni dan sonokeling yang
berjejer di sepanjang jalan desa hingga menimbulkan suara kemerosak di
mana-mana. Air makin
lama makin deras tumpah ke bumi.Orang-orang yang berdesakan di teras warungku
sebagian ada yang masuk ke dalam. Tetapi, mereka tidak memesan apa-apa.
Ini bulan Ramadan dan biasanya warungku mulai buka
pukul 04.30 sore. Kalau pun mereka membeli, biasanya minta dibungkus untuk
dibawa pulang atau memesan makanan ketika azan maghrib berkumandang untuk
berbuka puasa.
Latar
tempat pada kutipan teks
tersebut adalah di ....
- jalan desa
- masjid
- meja makan
- warung makan
Suatu hari ada seekor kucing tinggal di hutan bersama
binatang-binatang lain. Ia sangat bangga dan suka menyombongkan diri. Ia akan
mengarang cerita dan membual bahwa ia pernah ke beberapa tempat di mana ia
menjadi raja.
Semua binatang menyembahnya karena mengira kucing itu
hebat.Semua binatang percaya bahwa kucing itu ialah kucing kramat. Tikus
meminta binatang-binatang lain tidak mempercayai kucing, tetapi tak
ada yang mendengarkan tikus.
Suatu hari, kucing terjatuh dari
pohon dan terluka. Ia menyeringai kesakitan. Binatang-binatang lain lalu
menyadari bahwa kucing itu adalah binatang biasa. Mereka marah-marah
karena kucing telah membohongi mereka.Semua binatang di hutan berkumpul dan
mengusir si kucing.
16. Paragraf kedua pada kutipan fabel di atas merupakan
bagian alur....
A. perkenalan
B. konflik
C. klimaks
D. selesaian
17. Amanat
dari kutipan fabel di atas adalah....
A. Kita harus menolong teman yang mendapat musibah.
B. Kita jangan menjadi pembual karena akan dijauhi teman.
C. Kita jangan menjadi pengecut untuk mengakui kesalahan.
D. Kita harus menghormati orang lain yang memiliki
jabatan.
18.
Bacalah
kutipan fabel berikut ini!
Semua hewan kesal dengan
kesombongan si kelinci.Ia selalu membanggakan kecepatan larinya.Untuk menyadarkan
kesombongannya, Karu, si kura-kura menantang kelinci lomba lari melewati empat
bukit. Tanpa sepengetahuan kelinci, Karu menyuruh teman-temannya untuk bersiap
di bukit pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan ia bersiap di bukit keempat.
Pada saat lomba berlangsung,
kelinci berlari sangat kencang. Namun, saat melewati bukit pertama ia heran,
kenapa si Karu sudah berada di sana. Begitu pula di bukit kedua dan bukit
ketiga.Si kelinci tidak
tahu kalau ketiga kura-kura itu teman si Karu.Si kelinci semakin kaget karena
si Karu sudah berada di bukit keempat dari tadi.Kelinci bingung dan malu kenapa
si Karu yang lambat bisa
mengalahkannya.
Penyebab konflik dalam kutipan fabel di
atas adalah....
A.
Si Karu
menantang kelinci lomba lari
B.
Si Karu dibantu
teman-temannya saat lomba lari
C.
Kelinci yang
selalu membanggakan kecepatan larinya.
D.
Kelinci menyesal
karena kalah dari lomba lari dengan si Karu
19.
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Kimpul
masih dengan tekun mendengarkan penjelasan orang bernama Dasuki itu.
“Lima
tahun saya terganggu karena belum membayar ongkos pangkas rambut itu. Karena
itu, hari ini saya sempatkan ke sini, pada saat saya sedang bertugas ke kota
ini. Saya ingin membayar utang saya itu.”
Begitu
selesai mengucapkan kalimat itu, ia mengambil uang dari sakunya dan
menyerahkan Rp100.000 kepada Kimpul. Karena Kimpul masih tidak memahami
cerita laki-laki itu, ia diam saja dan tidak berani menerima uang yang
diulurkan kepadanya. Dasuki memberikan uang itu ke tangan Kimpul dan
menggenggamkannya.
“Permisi,
Pak Kimpul, saya harus pergi sekarang untuk rapat. Kalau sempat saya akan
datang lagi,” kata orang yang bernama Dasuki itu sambil melangkah pergi.
Kimpul
merasa uang yang tergenggam di tangannya itu bukan miliknya. Ia pasti salah
alamat, pikir Kimpul. Karena itu, Kimpul buru-buru berjalan ke arah laki-laki
itu. Ia berlari-lari kecil di keempat sisi lapangan, namun laki-laki tidak
ditemukannya. Ia kembali ke tempatnya bekerja dengan napas tersengal-sengal.
Kimpul benar-benar tidak tahu apa yang akan dilakukannya dengan uang
Rp100.000 di tangannya itu.
(Kimpul
karya Sari Siregar)
|
Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Puas karena jasa
cukurnya dibayar.
B. Bingung karena
memegang uang bukan haknya.
C. Gembira karena
bisa bertemu pelanggannya lagi.
D. Sedih karena
harus mengembalikan bukan miliknya.
20.
Bacalah
kutipan berikut ini!
Sang macan
tutul menunjuk sang keledai untuk membagi hewan-hewan itu “Keledai silahkan kau
bagi makanan-makanan itu” Perintah sang macan tutul lalu keledai itu menghitung
dengan cermat hewan tangkapan itu, setelah sang keledai menghitung dia
membagikan hewan-hewan itu secara adil dengan membagi tiga bagian yang sama
banyak. Melihat pembagian itu sang macan tutul sangat marah kemudian dia
menerkam sang keledai hingga keledai itu mati dan kini tumpukan makanan telah
bertambah. Kemudian sang macan tutul menoleh ke arah anjing gunung “Sekarang
kamu bagikan hewan-hewan itu”. Perintahnya dengan marah, kini sang anjing
gunung mendekati makanan itu dia menumpukkan kembali hewan-hewan yang telah
dibagikan oleh sang kedelai menjadi tumpukan yang besar kemudian dia menggigit
seekor kelinci di mulutnya untuk dirinya sendiri, itupun hanya seekor kelinci
yang dagingnya sangat kecil dan tidak begitu berarti untuk sang macan tutul.
Makna simbol dari tokoh macan tutul
adalah....
A.
kepemimpinan
B.
keserakahan
C.
kekuasaan
D.
kekejaman
21.
Bacalah kutipanfabel berikut!
Dengan napas yang hampir habis, sampailah si Tokek di
sarang si Nyamuk.Si Tokek membaringkan tubuh si Nyamuk di sebuah selimut tipis.
Di sana ia melihat anak si Nyamuk terlihat sakit dan butuh pertolongan.
“Terima kasih Tokek karena kamu tidak memakanku,” ujar
si Nyamuk.
Si Tokek hanya bisa menganggukkan kepala dan ekornya untuk menjawab.
“Apa kau tak bisa
berbicara?Pastinya kau juga tak bisa menjawabku,
bukan?” goda si Nyamuk.
Si Tokek hanya bisa tersenyum dan mengibaskan ekornya.Sejak saat itu mereka sering
bertemu.Si Tokek sering membantu si Nyamuk untuk menyembuhkan sayapnya yang
patah.
Komentar yang
sesuai isi fabel tersebut adalah...
A. Perbuatan si Tokek sungguh terpuji.
B. Perbuatan si Nyamuk harus dicontoh.
C. Tokek mendapatkan mangsa nyamuk.
D. Nyamuk mendapatkan mangsa tokek.
22.
Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen I
|
“Untuk itu, kita memang harus membudidayakan tanaman langka tersebut, Hilma.
Agar tidak punah,” jelas Nenek yang kali ini memberikan tanaman lidah buaya.
“Tapi, bentuk tanaman langka tidak menarik, Nek.” Hilma menggerakkan
bahu. “Tidak seperti tanaman bunga anggrek, bunga matahari, atau bunga mawar.
Tetapi, tanamannya berwarna-warni cerah.”
“Ya, memang seperti itu adanya,” senyum Nenek. “Tetapi, tanaman langka
mempunyai banyak manfaat untuk macam-macam keperluan.”
Hilma mulai tertarik. “Manfaatnya
untuk apa saja, Nek?”
“Lihat tanaman lidah buaya ini,” kata Nenek. “Nah! Tanaman ini memiliki
daun panjang dengan daging daunnya yang tebal ini bermanfaat untuk
menyuburkan rambut. Caranya daun tebalnya dibelah lalu dioleskan pada kulit
rambut.”
(Lihat Kebunku
karya Pupuy Harriyah)
|
Cerpen II
|
Jek mengemudi, Yodi membonceng, tak ada percakapan sepanjang jalan.
Angin merentang-rentangkan muka mereka seperti adonan roti. Rambutnya yang
panjang masai sesekali tercicip si pembonceng. Jarak dari rumah Yodi ke Danau
Limboto tak begitu jauh. Sepuluh menit di atas sepeda motor yang dikebut. Mereka
pun tiba.
Yodi pernah mendengar dari Meli, keponakannya, danau itu akan menghilang
tak sampai sepuluh tahun lagi. Meli yang kuliah di satu-satunya universitas
negeri di kota itu bilang bahwa pendangkalan terlalu cepat untuk dihentikan.
Hutan di hulu rusak. Orang-orang bikin ladang di tempat dangkal dan karamba
di tempat dalam. Eceng gondok subur karena pupuk dan pakan ikan di tebar
sembarangan.
Tiap kemarau, beberapa bagian danau mengering dan pecah-pecah seperti
lapangan sepak bola kelas kampung. Bahkan, benar-benar ada yang bermain sepak
bola di bagian yang mengering itu.
(Burung Merah karya
Jamil Massa)
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen berikut
adalah ....
Cerpen I
|
Cerpen II
|
|
A.
|
menggunakan kata ganti orang
ketiga
|
menggunakan kata ganti orang
pertama
|
B.
|
banyak terdapat kata lugas
|
banyak terdapat kata luas
|
C.
|
menggunakan kalimat tak langsung
|
menggunakan kalimat langsung
|
D.
|
banyak terdapat kata ganti
petunjuk
|
banyak terdapat kata ganti orang
|
23.
Bacalah
kutipan
kedua
teks cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
|
Kutipan Cerpen2
|
Bagian yang
ditempuh dengan kereta api dari daerah New Mexico akhirnya membosankan juga:
gurun-gurun dan tanah-tanah tandus belaka, sesekali rumah-rumah yang jauh
terpencil-pencil serba miskin. Hanya pohon-pohon kaktus yang menjulang di
atas tanah datar itu serta kincir-kincir angin yang berserak di sana-sini
untuk memompa air dari bawah tanah yang kering itu, merupakan selingan
jelita.
|
Seperti bunga
kecepiring, muka dan kulitnya kemerah-merahan dankalau ketawa cekung pipinya.
O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zainab yang egoistis. Bedanya dengan
Zainab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang terasa sekali
merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah
anak Haji Ma’ruf itu.
|
Perbandingan pola
pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut
adalah ….
Kutipan Cerpen 1
|
Kutipan Cerpen2
|
|
A
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
B
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
diawali
dengan perkenalan latar suasana
|
C
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
D
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
diawali
dengan perkenalan latar suasana
|
24.
Cermati
kalimat berikut!
Kita memerlukan: kertas, gunting, dan
lem untuk membuat tugas kerajinan tangan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda
baca pada kalimat tersebut karena ….
A. tanda
titik dua (:) tidak diperlukan
B. tanda
titik dua (:) diganti tanda seru
C. tambahkan
tanda koma (,) setelah kata untuk
D. tanda
koma (,) setelah tanda gunting tidak perlu
25.
Cermatilah kalimat berikut!
Karena penyakit berat, Saimun […]
dari orang-orang sehat di sekitarnya untuk menghindari penularan.
|
Istilah
kesehatan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diisolasi
B. dikarantina
C. diinkubasi
D. diimunisasi
26.
Cermati kalimat berikut!
Shinta menerima hadiah […] juara
dalam lomba menulis puisi.
|
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. karena
B. untuk
C. agar
D. sehingga
27.
Cermati
kalimat petunjuk berikut!
(1) Masukkan
daun pandan dan garam ke dalam rebusan santan, aduk terus sampai tercium aroma
harum.
(2) Masukkan
santan secukupnya ke dalam panci.
(3) Rebus
santan bersama gula merah, gula pasir, dan kopi hitam di atas api kecil.
(4) Tunggu
rebusan santan sampai mendidih sambil diaduk.
(5) Matikan
api, angkat rebusan wedang bajigur, lalu saringlah.
(6) Wedang
bajigur siap untuk dinikmati.
Urutan yang tepat
petunjuk membuat wedang bajigur adalah …
A. 2
– 1 – 4 – 5 – 6 – 3
B. 2
– 1 – 5 – 6 – 4 – 3
C. 2
– 3 – 1 – 4 – 6 – 5
D. 2
– 3 – 4 – 1 – 5 – 6
28.
Cermati
paragraf berikut!
Kebijakan transportasi darat
sering melupakan inti manajemen perjalanan. Manajemen perjalanan mengatur
mobilitas orang dan barang secara efisien. Membangun ruas jalan selebar dan
sepanjang mungkin tidak akan menyelesaikan masalah kemacetan. [….] Oleh
karena itu, sebaiknya penambahan kendaraan diatur sesuai kapasitas jalan.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
...
A. Hal ini karena banyak
penduduk yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadinya.
B. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jalan rusak
dan keinginan masyarakat berpergian dengan kendaraan.
C. Hal ini dikarenakan banyaknya pedagang asongan
yang sering berada di jalan raya.
D. Hal ini karena penambahan kendaraan lebih banyak
dibandingkan dengan pembangunan jalan raya.
29.
Bacalah
kalimat berikut!
Buku pendidikan karakter di sekolah
diterbitkan oleh pt jepe press media utama.
Perbaikan yang tepat penggunaan ejaan
pada kalimat tersebut adalah ....
A. Buku
“pendidikan karakter di sekolah” diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.
B. Buku
Pendidikan Karakter di Sekolah
diterbitkan oleh PT JePe Press Media
Utama.
C. Buku
Pendidikan Karakter Di Sekolah
diterbitkan oleh PT JePe Press Media
Utama.
D. Buku Pendidikan Karakter
di Sekolah diterbitkan oleh PT JePe Press media utama.
30.
Perhatikan
data laporan berikut!
· Mengamati
buah jeruk nipis.
· Tinggi
pohon 3,5 meter.
· Batangnya
bulat berduri.
· Bentuk
daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit.
· Panjang
daun 2,5 – 9 cm, lebar 2-5 cm.
· Pertulangan
daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2- 5 cm.
Penulisan
teks laporan sesuai data-data tersebut yang tepat adalah …
A. Buah
jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut
kita. Selain itu, sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah, seperti kulit
kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah
diatur. Caranya cukup sederhana yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang
telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.
B. Buah
jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang
berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran jika rutin mengonsumsi air hangat
yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan
terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan
campuran jeruk nipis.
C. Pohon
jeruk nipis dapat mencapai 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri. Daun
jeruk nipis, berbentuk elips atau bulat telor, pangkal membulat, ujung tumpul,
tepi beringgit. Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun
menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm.
D. Pohon
jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai obat, jeruk nipis
juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya
pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas
sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk
nipis.
31.
Bacalah
teks berikut!
(1) Internet dapat memenuhi
keinginan dan hobi para remaja. (2) Akan tetapi, terdapat pula dampak yang
tidak baik dari internet. (3) Hal-hal yang dapat mempengaruhi remaja sekalian
mencakup unsur kekejaman, porno, dan tindak lain. (4) Internet yang memiliki
konten tidak baik untuk remaja dapat mempengaruhi pola pikirnya. (5) Dampak
buruk lain internet adalah yaitu dapat membuat kecanduan atau tidak terlepas
berasal dari dunia maya. (6) Oleh karena itu, banyak remaja yang acuh
terhadap kehidupan nyata.
|
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (6)
32.
Perhatikan
paragraf berikut!
(1)Nilai sosial dalam
novel karya Andrea Hirata ini sangat menonjol. (2) Salah satu tugasnya membantu
orang yang kesusahan atau tertimpa musibah. (3) Hal itu dibuktikan rasa setia kawan
yang begitu tinggi antara Ikal, Arai, dan Jimbron. (4) Masing-masing memiliki
impian yang berbeda dan hampir mencapai batas kemustahilan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai
dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33.
Perhatikan
kalimat berikut!
Indonesia memiliki beragam jenis buah,
sayuran, dan bunga yang bermutu dan [...] mendatangkan devisa negara.
Kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.
bersaing
B.
berpotensi
C.
berkualitas
D.
berstandar
34.
Perhatikan
kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam
penglihatan diakibatkan oleh kelainan atau kerusakan pada organ penglihatan
dinamakan […].
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah ….
A. tunanetra
B. tunadaksa
C. tunagrahita
D. tunawicara
35.
Cermati
kalimat berikut!
Terlepas dari beberapa
kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini layak digunakan untuk mengajari semua
anak-anak tentang konsep matematika secara sangat menyenangkan sekali.
Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi
kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata….
A.
beberapa, kekurangan,
dan anak
B.
beberapa, kekurangan,
dan sekali
C.
kekurangan, semua, dan
sekali
D.
kekurangan, anak, dan
konsep
36.
Bacalah
teks berikut!
Lembah Baliem merupakan tempat
wisata di Papua yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya. Lembah Baliem dihuni
oleh suku Yali; Lani; dan Dani. Lembah ini terletak pada ketinggian sekitar
1000 meter di atas permukaan air laut. Hal ini menjadikan suku di lembah
tersebut sangat sejuk.
|
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada
teks tersebut adalah ....
A. pemerincian tidak menggunakan tanda titik koma
(;)
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu
dengan yang lain
C. mengikuti kata yang merupakan pernyataan
disertai pemerincian
D. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan
37.
Cermatilah
teks prosedur berikut!
Berenang harus dilakukan dengan
cara yang benar agar mendapat hasil yang optimal. Beberapa cara berenang yang
sehat dan benar adalah sebagai berikut:
1. Pertama, perhatikan kondisi fisik,
benar-benar sehat dan fit.
2. Kedua, perhatikan air pada kolam renang,
pastikan air kolam renang bersih.
3. Ketiga, perhatikan kondisi para pengunjung
kolam renang.
4. Keempat, pemanasan yang cukup dan minum air.
5. Kelima, perhatikan jam makan, perut jangan
terlalu kenyang dan lapar sebelum berenang.
6. Keenam, bersihkan diri setelah berenang.
Begitulah cara
berenang yang baik.
|
Alasan ketidakpaduan teks prosedur tersebut adalah ....
A. maksud kalimat pada pengantar petunjuk tidak
logis
B. langkah berenang pada kalimat nomor 3 tidak
logis
C. kalimat pada langkah-langkah melakukan berenang
tidak berurutan
D. bagian penutup tidak logis bila dihubungkan
dengan langkah kegiatan
38.
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Sebelum
mengikuti ujian saya membeli alat tulis, bolpoin, penggaris, dan pensil.
(2) Saya
dapat menjawab soal-soal UN itu karena saya belajar dengan rajin.
(3) Jumlah
soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah empat puluh pilihan ganda dan lima
esai.
(4) Soal
mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan
tanda baca terdapat pada kalimat nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
39.
Cermati
kalimat-kalimat berikut!
Novel Negeri 5 Menara memberikan
pelajaran (1) hidup bagi para remaja (2) kususnya. bahwa (3) sgala keinginan,
harapan, dan cita-cita dapat diraih dengan kerja keras dan (4) kesungguhan
serta restu dari (5) orangtua.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat
tersebut ditandai nomor ….
A. (1),
(2), (3)
B. (1),
(2), (5)
C. (2),
(3), (4)
D. (2),
(3), (5)
40.
Cermati
kalimat berikut!
Sebelum bertindak, kita perlu
melakukan [...] terhadap objek yang diujicobakan.
|
Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ....
A. analisa
B. analisys
C. analisis
D. analysis
II. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan ini dengan tepat!
41. Bacalah kedua kutipan teks laporan berikut!
Teks I
|
Pada hari Kamis, 11 Juli 2013
pukul 07.00 aku melihat ibuku menyiapkan beberapa hal. Lalu, aku disuruh mengantarkan makanan ke panti asuhan di dekat
rumah. Setelah itu, aku pun bergegas bersiap-siap karena diberi tahu ingin
pergi. Aku dan keluargaku berangkat menuju sebuah restoran di salah satu mal
di Jakarta. Kami berangkat menggunakan mobil pribadi. Di sepanjang perjalanan
ada yang mendengarkan musik, bercanda, dan ada yang hanya sekadar ngobrol ringan.
Di tengah perjalanan, kami terjebak macet. Setelah 3 jam berlalu, kami sampai
juga di mal itu pukul 11.00.
|
Teks II
|
Kami sekeluarga 4 bersaudara.
Kakakku yang pertama sudah kuliah. Sekarang kuliah di salah satu perguruan
tinggi negeri di Yogyakarta. Kakak keduaku wanita. Sekarang sudah kelas XII
di salah satu SMA di Jakarta. Kakakku yang ketiga yang paling dekat denganku.
Ia laki-laki tertampan dalam keluargaku. Saat ini sedang menempuh pendidikan
di Jakarta. Ia baru SMA
kelas X. Aku tergolong paling kecil dalam keluarga. Umurku 14 tahun. Dalam
umurku ini mestinya aku sudah kelas IX SMP. Akan tetapi, karena sering sakit-sakitan
aku sering ketinggalan pelajaran. Aku pernah tidak naik kelas. Oleh karena
itu, aku baru kelas VII SMP. Meskipun kami sibuk dengan tugas masing-masing,
tetapi setiap malem kami senantiasa berkumpul, kecuali kakak sulungku yang
karena tempatnya memang tidak satu kota.
|
Tulislah perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut disertai alasan
jawabanmu!
42.
Cermati
kutipan resensi
buku berikut!
Novel Ayah, Menyayangimu Tanpa Akhir ini
bertema sosial keluarga. Novel ini menampilkan tokoh utama Juna sebagai orag
tua tunggal bagi Mada, anak laki-laki satu-satunya. Kepergian istri adalah
kenyataan sehingga tokoh Juna harus melanjutkan hidup dan membesarkan anaknya.
Secara keseluruhan ceritanya menarik, ada pesan moral yang bisa diambil. Novel
ini juga mengajarkan kita akan berharganya waktu. Dari segi ejaan dan bahasa,
terdapat kata-kata yang penulisan hurufnya kurang, ada dialog yang menggunakan
bahasa daerah, menggunakan kosa kata asing tanpa terjemahan, dan ada kata-kata
yang sering diulang. Selain itu,sampul novel ini terkesan kurang menarik karena
pewarnaannya kurang tajam.
Tuliskan kelemahan
novel sesuai kutipan resensi tersebut!
43.
Cermati
teks berikut!
Pewawancara : “Bagaimana lingkungan sekolah yang
Ibu bina bisa kelihatan rapi dan
bersih?”
Kepala Sekolah : “Saya memberikan pengarahan kepada
siswa agar memiliki kesadaran
hidup sehat yang
dimulai dari diri sendiri.”
Ubahlah teks wawancara tersebut menjadi
teks eksposisi!
44.
Cermati
teks berikut!
(1)Peningkatan minat baca daripada anak
akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. (2) Untuk itu orang tua juga
memiliki peran penting untuk menumbuh
kembangkan minat baca anak. (3) Misalnya disediakan pojok baca yang menarik di
dalam kamar anak. (4) Dengan demikian akan tumbuh minat baca anak tersebut.
Perbaiki kalimat nomor (1) menjadi
kalimat efektif!
45. Cermati kalimat berikut!
Ayah lihatlah apa yang aku
tangkap aku sudah bisa berburu seru Rubah.
|
Tuliskan
kembali kalimat di atas dengan menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat!
Posting Komentar