Pengantar
Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.
Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.
Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456,
Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.
PAUD dan sederajat
Sebelum tayangan
Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua dapat melakukan hal ini:
Mengajak anak duduk bersama
dengan sikap rileks.
Menjelaskan sekilas tentang tayangan mengenai apa yang akan ditonton dan tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan dalam Jalan Sesama.
Menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.
Saat tayangan
Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut:
Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama.
Berdialog dengan Anak Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama. Selain itu, orang tua juga dapat mengajak anak bermain peran mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan.
Sesudah tayangan
Orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut:
Membacakan Buku Cerita ke Anak. Selesai membacakan cerita, orang tua dapat berdialog dengan dengan anak tentang
tokoh-tokoh yang ada dalam buku cerita yang dibacakan.
Menggambar. Setelah menggambar, tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bagian atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.
Membuat Kolase atau Mozaik. Untuk kreasi, bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, atau gambar pemandangan alam.
Berkebun. Misalnya menyiram tanaman, menanam tanaman, dll.
SD Kelas 1-3 dan sederajat
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
1 (VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan
kompetensi berikut:
2 Pertanyaan:
Apa akibatnya jika Wayan dan Chandra tidak mau mengalah?
3 Pertanyaan:
Mengapa Wayan harus belajar bertanggung jawab?
Pertanyaan:
Apa manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-temannya?
Kerjakan soal berikut!
a) … = 3 puluhan + 4 satuan
b) 57 = ... puluhan + … satuan
Pertanyaan di akhir video (5):
Hitunglah dengan menggunakan bentuk panjang! a) 48 + 52 = ....
b) 56 + 31 = ....
Pertanyaan di akhir video (6):
Untuk kelas 3: Hitunglah hasil perkalian dan pembagian berikut! a) 30 X = 300
b) 40 X 10 = ....
c) 150 : 10 = ....
d) 10 = 20
Pertanyaan:
Mengapa Chandra harus membantu orang tuanya?
Pertanyaan:
Apa yang dapat kita lakukan jika teman mengalami kesulitan menemukan alamat seperti Chandra?
Pertanyaan:
Bagaimana cara menjaga amanah atau titipan yang diberikan kepada kita?
1 (VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan
kompetensi berikut:
3 Pertanyaan di akhir video (3):
a) Gambarkan penjumlahan yang hasilnya bilangan 5!
b) Tuliskan penjumlahan yang hasilnya bilangan 10!
Pertanyaan di akhir video (4):
Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat! a) 64 = ... + 35
b) 82 - ... = 46
c) 47 = ... - 23
Pertanyaan di akhir video (5):
Angka berapa saja yang hilang dari deret bilangan berikut?
100 101 103 106 107 109
112 113 115 118
Pertanyaan di akhir video (6):
Pertanyaan hanya untuk kelas 3: Lengkapi penjumlahan dan pengurangan berikut dengan bilangan yang tepat!
a) ... + 134 = 320
b) 134 + ... = 320
c) 320 - ... = 134
1 (VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan
kompetensi berikut:
2 3 Pertanyaan di akhir video (3):
Bolehkah katak, anjing, dan kera menghina kura-kura? Mengapa?
4 Pertanyaan di akhir video (4):
a) Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tadi!
b) Tirukan suara binatang yang ada dalam cerita tadi!
c) Ceritakan kembali cerita tadi!
Pertanyaan di akhir video (5):
Deskripsikan kupu-kupu!
SD Kelas 4-6 dan sederajat
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya,
bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.
Pertanyaan:
Pada awalnya, drum air yang ada di taman rumah hanya berisi air 1/4 bagian. Karena semalam turun hujan lebat, maka isinya sekarang menjadi hampir penuh, yaitu 4/5 bagian. Berapa bagian banyak air hujan yang menambah isi dalam drum tersebut?
Pertanyaan:
Jumlah siswa kelas V ada 49 orang. Lima per tujuh bagian sedang berolahraga di lapangan. Dari peserta olahraga itu, 3/5 bagian adalah siswa laki-laki. Berapa banyak siswa perempuan yang berolahraga?
Pertanyaan:
Caca mempunyai 3/4 liter air mineral. Ia memberikan kepada Indri 5/8 liter. Kemudian Caca mengambil air mineral dari botolnya sebanyak 5/6 liter. Berapa liter air mineral Caca sekarang?
1 (VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan
kompetensi berikut:
2 Pertanyaan:
Ali berdiri di sebuah ruang besar dan Budi berdiri di tengah sawah jauh dari kampung. Mereka sama-sama berteriak. Apa yang terjadi? Jelaskan!
3 Pertanyaan:
Apa sifat-sifat cahaya? Berikan masing-masing contohnya!
4 Pertanyaan:
Rina bercermin di depan kaca cermin rias di kamarnya. Bagaimana bentuk dan sifat bayangan Rina pada cermin tersebut? Jelaskan!
(VO sebelum video (3): Wah jauh sekali yah orang-orang Bugis Makassar berlayar menyeberangi laut. Memang, pelaut Bugis sangat terkenal dalam mengarungi lautan. Mereka bahkan sampai ke Afrika! Seperti apa ya kapal orang Bugis ini? Mari kita lihat tayangan berikut mengenai perahu Pinisi, perahu orang Bugis!
Pertanyaan setelah video (4):
1. Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu!
2. Apa yang bisa kita teladani dari Bapak Muhammad Djafar, pembuat perahu Pinisi? Mengapa?
2 Pertanyaan:
1. Apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman?
2. Bagaimana strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda?
3. Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!
1 (VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan
kompetensi berikut:
2 Pertanyaan:
Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm. Di dalam bak masih terdapat air ⅓ bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh?
3 Pertanyaan:
Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut?
Pertanyaan:
Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm. Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya.
Berapa volume susu dalam kaleng tersebut?
SMP dan sederajat
SMP | Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi Literasi
Panduan untuk Orang Tua
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikan tayangan program dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
3. Pandulah anak mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Berikanlah semangat dan bantuan kepada anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program.
5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan inspirasi dari kehidupan yang dapat menguatkan karakter anak.
Panduan untuk Siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat.
2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan.
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan.
4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar.
5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan.
6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta perhatikan norma kesopanan.
SMP | Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi Numerasi
Panduan untuk Orang Tua
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.
Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.
Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menyelesaikan tugas.
Panduan untuk Siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan.
3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
4. Catatlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan/atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai.
5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan.
(VO sebelum video): Tidak semua sungai bisa menjadi tempat wisata. Banyak sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah, sehingga warna airnya menjadi cokelat bahkan kehitaman. Itulah yang kemudian menimbulkan polusi air. Mari kita tonton apa yang menyebabkan terjadinya polusi air.
1. Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-6:52):
Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!
2. Pertanyaan di akhir Segmen 2 (8:11-15:30):
Usaha apa yang kamu lakukan jika di lingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?
3. Pertanyaan di akhir Segmen 3 (16:58-24:57):
Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
2 Pertanyaan:
Perhatikan gambar berikut!
Rendi membantu ibunya untuk memasukkan tahu yang sudah dibeli ke dalam tiga kotak dengan ukuran yang berbeda.
● Kotak biru memiliki ukuran panjang 24 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 8 cm
● Kotak ungu memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 8 cm
● Kotak hijau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm
Ukuran tahu yang dibeli memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm. Rendi mengatakan bahwa lebih dari 100 tahu dapat dimasukkan ke dalam tiga wadah tersebut.
Setujukah kamu dengan pernyataan Rendi? Berikan alasanmu!
3 Pertanyaan:
Andri memiliki kawat sepanjang 15 meter. Dia akan membuat lima buah kubus dengan menjadikan kawat sebagai kerangka kubus tersebut. Andri ingin meminimalkan sisa dari kawat yang dimilikinya.
Andri mengatakan bahwa luas maksimal daerah permukaan masing-masing kubus tersebut adalah 4.704 cm2. Benarkah itu? Jelaskan alasanmu!
Pertanyaan:
Gambar berikut merupakan penampang sebuah limas pejal terbuat dari besi dengan alas berbentuk persegi diletakkan di dalam sebuah prisma.
Panjang sisi alas limas adalah 14 m dan tinggi limas adalah 24 m. Kakak mengatakan ia membutuhkan air
3.000 m3 untuk mengisi prisma. Benarkan itu? Jelaskan alasanmu!
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
2 (VO sebelum video): Teman-teman, membaca buku adalah salah satu cara mengetahui isi dunia. Melalui tayangan ini kalian bisa menyaksikan bagaimana kecintaan proklamator
kita Mohammad Hatta pada buku.
Pertanyaan setelah video (2): Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?
3 4 Pertanyaan setelah video (4): Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai!
5 Pertanyaan setelah video (5): Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?
5 Pertanyaan:
Perhatikan gambar berikut.
Lima siswa berpendapat tentang kedudukan garis.
a) Arman: Garis KL dan LM adalah pasangan dua garis sejajar
b) Cahyo: Garis KL dan LQ adalah pasangan dua garis berpotongan
c) Dodi: Garis PK dan MR kedua-duanya merupakan garis horizontal
d) Edi: Garis PQ dan KL kedua-duanya merupakan garis vertikal
e) Gunawan: Garis PQ dan SR adalah pasangan dua garis tegak lurus Menurut kalian, pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!
8 Pertanyaan:
Perhatikan gambar berikut. Garis AB berpotongan tegak lurus garis CD dan berpotongan di titik O. Kemudian garis EF memotong kedua garis tersebut pada titik O.
Beberapa siswa memberikan pendapat sebagai berikut:
1. Anita: Sudut DOF adalah sudut lancip
2. Budi: Sudut DOB adalah sudut siku-siku
3. Feri: Sudut AOE adalah sudut tumpul
4. Beni: Sudut AOB adalah sudut lurus
5. Fani: Sudut EOC adalah sudut refleks
Pendapat siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
2 (VO sebelum video): Teman-teman, tahukah kamu, tanaman pengganggu dan dipandang sebelah mata dapat dibuat menjadi benda kerajinan yang bernilai tinggi? Mari kita simak tayangan berikut agar pengetahuanmu tentang kerajinan dari bahan alam semakin banyak!
Pertanyaan di akhir video 2: Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?
Pertanyaan di akhir video 3:
Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!
Pertanyaan di akhir video 4:
Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?
SMA/SMK dan sederajat
SMA/SMK | Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi Literasi
Panduan untuk Orang Tua
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikan tayangan program dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
3. Pandulah anak mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Berikanlah semangat dan bantuan kepada anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program.
5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan inspirasi dari kehidupan yang dapat menguatkan karakter anak.
Panduan untuk Siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simak tayangan dengan baik agar kamu dapat memahami informasi secara akurat yang disampaikan dalam tayangan.
2. Ajaklah orang tua atau saudaramu untuk berdiskusi tentang informasi tayangan. Sampaikan pendapat, tanggapan, gagasan, kekaguman, bahkan kritikanmu terhadap seseorang, sesuatu, atau data yang ditayangkan.
3. Analisislah setiap informasi yang ada dalam tayangan, misalnya manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan untuk masa depanmu.
4. Catatlah kata-kata yang baru, baik dari bahasa daerah atau bahasa asing, dari tayangan. Tanyalah artinya kepada orang di sekitarmu atau cari di kamus atau Internet agar perbendaharaan kosakatamu bertambah.
5. Apabila kamu ingin mengembangkan bakat dan minatmu dalam menulis ilmiah, lakukanlah penelitian sederhana. Topiknya bisa dari hasil menyimak tayangan program atau sesuatu yang menarik perhatianmu. Identifikasi masalahnya, susun kerangka pemikiran, rumuskan hipotesis, uji hipotesis, lakukan pembahasan, dan tarik kesimpulan dari penelitian ini. Cari informasi
dari buku, Internet, dan orang-orang di sekitarmu.
SMA/SMK | Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi Numerasi
Panduan untuk Orang Tua
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik.
Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.
Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.
Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menyelesaikan tugas.
Panduan untuk Siswa
Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan:
1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan.
2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan.
3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas.
4. Catatlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan/atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai.
5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan.
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
2 (VO sebelum video) Adakah teman-teman yang ingin menjadi penulis skenario atau sekadar ingin meningkatkan kemampuan sebagai penulis? Edy Cahyono, sutradara sekaligus penulis skenario film “Siti”, berbagi pengetahuan tentang cara menulis sebuah skenario film.
Pertanyaan di akhir Segmen 1 (0:00-10:37):
1. Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!
2. Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!
Pertanyaan di akhir Segmen 2 (10:38-selesai):
1. Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut?
2. Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan!
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
(VO setelah video (2)): Wah teman-teman, ternyata banyak bangunan megah di dunia ini menggunakan transformasi geometri! Kalau mengerti transformasi geometri, kita bisa juga lho membuat gambar-gambar arsitektur yang indah seperti bangunan-bangunan itu. Nah, sekarang, mari kita belajar bagaimana melakukan transformasi geometri!
Pertanyaan di akhir video (3):
Tentukan bayangan segitiga ABC dengan koordinat titik-titik A(2,3), B (8,3) dan C (8,-2) jika ditranslasikan oleh vektor translasi
Perhatikan hasil bayangan segitiga yang kalian peroleh:
a) Bagaimana bentuk segitiga bayangan tersebut jika dibandingkan dengan segitiga ABC?
b) Apakah luas kedua segitiga tersebut sama? Jelaskan dengan perhitungan matematika!
Pertanyaan di akhir video (4):
Budi menggambar bangun jajargenjang dengan koordinat titik-titik A(2,3), B(1,1), C(5,1), D(6,3). Kemudian ia refleksikan bangun tersebut terhadap sumbu-Y dan dilanjutkan terhadap sumbu-X.
a) Apakah bayangan jajargenjang hasil refleksi akan membentuk bangun yang berbeda? Jelaskan jawabanmu!
b) Apakah ukuran bayangan jajargenjang hasil refleksi lebih besar dibandingkan dengan bangun jajargenjang mula-mula? Jelaskan jawabanmu!
c) Budi menyatakan bahwa ketika dilakukan refleksi terhadap suatu bangun, maka pada bayangannya, semua posisi titik sudut bangun tersebut akan berubah. Apakah kalian setuju dengan pernyataan Budi tersebut? Jelaskan jawabanmu!
1 (VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang-
kan kompetensi berikut:
(VO sebelum video): Katanya, matematika itu susah, karena kita harus banyak menghitung dan menghafalkan rumus-rumus. Namun jika sejak SD berpikir seperti itu, artinya apa yang kita lakukan selama ini salah. Untuk mengubah cara pandang kita tentang matematika, yuk kita tonton tayangan berikut ini!
Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (0:00-6:00): Berikanlah 2 contoh pengaplikasian konsep matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari!
Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (6:01-12:53): Menurutmu, mengapa mempelajari matematika bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan menjadikan kita mengerti tentang dunia?
(VO setelah video (2)): Wah teman-teman, ternyata ketika kita mengedit foto kita di hape, kita sedang menerapkan transformasi geometri!
Pertanyaan 1: Jelaskan satu contoh bagaimana sebuah transformasi geometri diaplikasikan ketika kamu mengedit foto di telepon genggam!
Pertanyaan 2 setelah video (3):
Ani menggambar sebuah bangun datar. Kemudian ia merotasikan bangun tersebut dengan pusat O sejauh sudut tertentu. Ani menyatakan hasil bayangan yang ia peroleh persis sama dengan bangun yang ia gambar, baik bentuk, ukuran, dan posisi bangun. Apakah hal tersebut mungkin terjadi?Jelaskan jawabanmu!
Pertanyaan 3:
Tentukan bayangan segitiga ABC dengan koordinat titik-titik A(3,4), B (7,4) dan C (7,1) jika dipetakan oleh rotasi dengan pusat O sejauh 90°
Perhatikan bayangan segitiga hasil rotasi yang diperoleh!
a) Bagaimana bentuk segitiga bayangan tersebut jika dibandingkan dengan segitiga ABC?
b) Apakah segitiga mula-mula dan bayangan segitiga hasil rotasi memiliki ukuran dan luas yang sama? Jelaskan jawabanmu!
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembang- kan kompetensi berikut:
(VO sebelum video): Teknik tie dye, atau biasa disebut teknik ikat celup atau jumputan, digemari anak muda karena mirip motif kaum hippies yang dinamis dan penuh warna. Selain bisa menjadi kegiatan pengisi waktu luang, membuat kaus dengan teknik pewarnaan tie dye juga bisa menjadi peluang bisnis dengan modal kecil.
Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (awal-7:20): Kaus tie dye atau jumputan merupakan usaha rumahan yang akan memberikan keuntungan besar. Setujukah kamu dengan informasi tersebut? Jelaskan alasannya!
Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (7:21-akhir): Jika teman-teman membangun usaha kaus tie dye, bagaimana metode pemasarannya? Jelaskan ide kamu!
Judul Video Tautan Video
Kenapa harus mendongeng? https://www.youtube.com/watch?v=k4lM3tKfOPM
Mendongeng lebih asyik dengan teknik read aloud https://www.youtube.com/watch?v=z24dOykgqI8
Membacakan cerita sebagai media belajar sejak dini https://www.youtube.com/watch?v=YYW3n73LSj8
3 Manfaat super penting membaca untuk anak https://www.youtube.com/watch?v=JGxOS3TV8p0
How to make reading fun https://www.youtube.com/watch?v=V-WvwUFeHfE
Cara mempersiapkan anak agar senang membaca https://www.youtube.com/watch?v=J8m-EqNDChc
Menstimulasi bahasa anak usia 1-2 tahun https://www.youtube.com/watch?v=gkhLtPp4qdc
Judul Video Tautan Video
1000 Hari pertama kehidupan https://www.youtube.com/watch?v=0IdgWsi1Dms
Milestone bayi usia 0-12 bulan https://www.youtube.com/watch?v=gP_4PEHs2MQ
1000 HPK - Awal mula proses tumbuh kembang seorang anak https://www.youtube.com/watch?v=4hXNtDDaBzk
Apa dan bagaimana stunting itu? https://www.youtube.com/watch?v=hD0NVMCrO6k
Makanan bernutrisi tidak cukup, ini pentingnya psikososial anak https://www.youtube.com/watch?v=SsKzVqRxnSw
Penyebab stunting https://www.youtube.com/watch?v=f-gEXsCBStQ
ASI Eksklusif cegah stunting https://www.youtube.com/watch?v=uTb_oKRlUSA
Gizi seimbang https://www.youtube.com/watch?v=5CqqN4fomxM
Sumber protein, karbohidrat, serat untuk MPASI https://www.youtube.com/watch?v=RK-ldqJzwg8
Mengapa sarapan penting untuk anak https://www.youtube.com/watch?v=DPRPyCjFATU
Jenis pangan jajan anak https://www.youtube.com/watch?v=ouc2L9EhtLY
Judul Video Tautan Video
Mindful Parenting - Melly Kiong https://www.youtube.com/watch?v=cjlEkTAyfYg
5 Langkah Mindful Parenting di era kids zaman now https://www.youtube.com/watch?v=7NsxPeRsf-0
Inspirasi mendidik anak 1 https://www.youtube.com/watch?v=2fjT-wGO77s
Inspirasi mendidik anak 2 https://www.youtube.com/watch?v=EfIbC0DzeTM
Inspirasi mendidik anak 3 https://www.youtube.com/watch?v=L4tPrJqpyDY
Orangtua kompak terapkan aturan, apa efeknya ke anak? https://www.youtube.com/watch?v=tptjkyt6DV4
Inspirasi mendidik anak 1 - Peran bersama ayah ibu https://www.youtube.com/watch?v=E6KLJhMWESA
Mendidik anak 6 - Ayah ibu harus menjadi figur imbang https://www.youtube.com/watch?v=4iAK4yua1mA
Inspirasi mendidik anak 8 - Suami istri harus sehati https://www.youtube.com/watch?v=OsTDCLwkqrI
Mendidik anak 4 - Masalah perilaku karena masalah emosi https://www.youtube.com/watch?v=UeirYpowHrA
Mendidik anak 5 - Anak butuh pendampingan https://www.youtube.com/watch?v=I5S_zVN2Wac
Judul Video Tautan Video
Menjadi orangtua hebat untuk anak usia SD https://www.youtube.com/watch?v=ibxA8WVkG-w
Komunikasi efektif dengan anak SD https://www.youtube.com/watch?v=hRpbEDPUWEw
Anak harus banyak gerak dan aktif https://www.youtube.com/watch?v=zEBNu5gd3-o
Tips agar anak lebih fokus belajar https://www.youtube.com/watch?v=6krTdoB3EFo
Judul Video Tautan Video
Ayah idola - Reza Indragiri https://www.youtube.com/watch?v=n17FUNsensU
Tips menjadi papa ideal bagi keluarga https://www.youtube.com/watch?v=P_p16P8J_dc
Bagaimana parenting jika ayah bekerja di luar pulau https://www.youtube.com/watch?v=htkx7H1Ipqc
Inspirasi Mendidik Anak 2 - Pentingnya figur ayah https://www.youtube.com/watch?v=hIvL_GcTf4g
Parent Talk: Dian Ayu bercerita soal suka duka jadi ibu pekerja https://www.youtube.com/watch?v=YoUg69wTpDs
Tips meyakinkan diri tetap bekerja atau tidak https://www.youtube.com/watch?v=DMcECd4s6QU
Bagaimana cara ibu mengendalikan emosi sepulang bekerja? https://www.youtube.com/watch?v=lAFmAPBdcZQ
Tips menjadi single parent ala Cathy Sharon https://www.youtube.com/watch?v=s8Q4eIc27MQ
Posting Komentar