URAIAN TUGAS
POKOK DAN FUNGSI
STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
SMP NEGERI 2 JAMBU
1.
Kepala
Sekolah
Kepala
Sekolah berfungsi sebagai Educator, Pimpinan, Administrator dan
Supervisor.
a.
Kepala
Sekolah selaku Educator mempunyai tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran
secara efektif dan efisien.
b.
Kepala
Sekolah selaku Pimpinan mempunyai tugas :
1)
Menyusun
perencanaan
2)
Mengordinasikan
kegiatan
3)
Mengarahkan
kegiatan
4)
Mengkoordinasikan
kegiatan
5)
Melaksanakan
pengawasan
6)
Melaksanakan
evaluasi terhadap kegiatan
7)
Menentukan
kebijakan
8)
Mengadakan
rapat
9)
Mengambil
keputusan
10)
Mengatur
proses belajar mengajar
11)
Mengatur
administrasi :
a) Kantor
b) Siswa
c) Pegawai
d) Perlengkapan
e) Keuangan / RAPBS
12)
Mengatur
Organisasi Siswa Intra Sekolah
13)
Mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat
c.
Kepala
Sekolah selaku Administrator mempunyai tugas :
1)
Perencana
2)
Pengorganisasian
3)
Pengarahan
4)
Pengkoordinasian
5)
Pengawasan
6)
Kurikulum
7)
Kesiswaan
8)
Kantor
9)
Kepegawaian
10)
Keuangan
11)
Perpustakaan
12)
Laboratorium
13)
Ruang
ketrampilan / kesenian
d.
Kepala
Sekolah selaku Supervisor mempunyai tugas :
1)
Kegiatan
belajar mengajar
2)
Kegiatan
bimbingan dan penyuluhan / bimbingan karir
3)
Kegiatan
ekstrakurikuler
4)
Kegiatan
ketatausahaan
5)
Kegiatan
kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha
Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Sekolah dapat mendelegasikan
kepada para Wakil Kepala Sekolah.
2.
Wakil Kepala
Sekolah
Wakil Kepala Sekolah terdiri dari 4 orang yang
bertugas membantu Kepala Sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut :
a.
Menyusun
perencanaan, membuat program kegiatan dan program pelaksanaan
b.
Pengorganisasian
c.
Pengarahan
d.
Ketenagaan
e.
Pengkoordinasian
f.
Pengawasan
g.
Penilaian
h.
Identifikasi
dan pengumpulan
i.
Penyusunan
program
3.
Wakil Kepala
Sekolah Urusan Kurikulum :
Wakil Kepala Sekolah Urusan
Kurikulum mempunyai tugas membantu Kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
a.
Menyusun
program pengajaran
b.
Menyusun
pembagian tugas
c.
Menyusun
pelajaran
d.
Menyusun
jadwal evaluasi belajar
e.
Menyusun
pelaksanaan US / UN
f.
Menerapkan
criteria persyaratan naik kelas/ tidak naik kelas
g.
Menerapkan jadwal
penerimaan buku laporan pendidikan ( Rapor ) dan penerimaan ijazah.
h.
Mengkoordinasikan
dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
i.
Menyediakan
buku kemajuan kelas
j.
Menyusun
laporan pelaksanaan pelajaran
k.
Pembuatan
karya tulis
l.
Pengelolaan
Laboratorium
m.
Koordinasi
Wali Kelas
4.
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kesiswaan
Wakil Kepala
Sekolah Urusan Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Menyusun
program pembinaan kesiswaan / OSIS
b.
Melaksanakan
bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka
menegakkan disiplin dan tertib sekolah
c.
Membina dan
melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan,
kerindangan dan kekeluargaan ( 6 K )
d.
Memberikan
pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
e.
Melakukan
pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f.
Menyusun
program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil
g.
Melaksanakan
pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa
h.
Mengadakan
pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
i.
Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
j.
Mengatur
mutasi siswa
k.
Penerimaan
Peserta Didik ( PPD )
l.
Masa
Orientasi Siswa ( MOS )
m.
Studi
banding
n.
Mengurusi
kegiatan ekstrakurikuler
o.
Mengadakan koordinasi
dengan Bimbingan Konseling ( BK )
p.
Pembagian
Kelas
5.
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Humas
Wakil Kepala
Sekolah Urusan Humas mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Mengatur dan
menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/ wali siswa
b.
Membina
hubungan antara sekolah dengan POMG / BP3
c.
Menyusun
laporan pelaksanaan hubungan dengan masuyarakat secara berkala
d.
Membina
hubungan dengan komite sekolah
e.
Mengikuti
kegiatan hari Besar nasional / Keagamaan
f.
Mengikuti
lomba-lomba
6.
Wakil Kepala
Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana
Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana
dan Prasarana mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
a.
Menyusun
rencana kebutuhan sarana dan prasarana
b.
Mengadministrasikan
pendayagunaan sarana prasarana
c.
Pengelolaan
pembiayaan alat-alat pengajaran
d.
Menyusun
laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala
e.
Inventarisasi
barang
f.
Pengelolaan
pembiayaan alat-alat pengajaran :
1)
Pengkoordinasian
penilaian kelas ( 7 K )
2)
Pengkoordinasian
kebersihan dan keindahan sekolah
g.
Pengadaan
barang, buku, bahan dan lat pelajaran dan perpustakaan
h.
Urusan
Administrasi perlengkapan/ penertiban inventaris barang :
1)
Kantor
2)
Olahraga dan
kesehatan
3)
Ketrampilan
IPA, Bahasa dan Komputer
4)
Alat-lat
pelajaran lain
7.
Guru
Guru
bertanggung jawab kepada Sekolah dan mempunyai tugas sebagai berikut :
a.
Membuat
program pengajaran/ rencana kegiatan belajar mengajar persemester tahunan
b.
Membuat
satuan pelajaran ( persiapan mengajar )
c.
Melaksanakan
kegiatan belajar mengajar
d.
Melaksanakan
kegiatan penilaian belajar semester / tahunan
e.
Mengisi
daftar nilai siswa
f.
Melaksanakan
analisis hasil evaluasi belajar
g.
Menyusun dan
melaksanakan program perbaikan dan pengajaran
h.
Melaksanakan
kegiatan membimbing dalam kegiatan proses belajar mengajar
i.
Membuat alat
pelajaran / alat program
j.
Membuat alat
pelajaran / alat peraga
k.
Menciptakan
karya seni
l.
Menikuti
kegiatan pengembangan kurikulum
m.
Melaksanakan
tugas tertentu di sekolah
n.
Mengadakan
pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabya
o.
Membuat
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
p.
Membuat
catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa
q.
Mengatur
kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum
r.
Menumpulkan
dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
8.
Bimbingan
Konseling ( BK )
BK bertugas
membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan berikut :
a.
Penyusunan
program dan pelaksanaan Bimbingan Konseling
b.
Koordinasi
dengan Wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh
siswa tentang kesulitan belajar
c.
Memberikan
layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d.
Memberikan
saran dan pertimbangan karir kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang
lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
e.
Mengadakan
penilaian pelaksanaan Bimbingan Konseling
f.
Menyusun
statistic hasil penilaian Bimbingan Konseling
g.
Melaksanakan
kegiatan analisis hasil evaluasi belajar praktik atau pelaksanaan Bimbingan
Konseling
h.
Menyusun dan
melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan Konseling
i.
Menyusun
laporan pelaksanaan Bimbingan Konseling
9.
Wali Kelas
Wali Kelas bertugas
membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a.
Pengelolaan
kelas
b.
Penyelenggaraan
administrasi kelas yang meliputi :
1)
Denah tempat
duduk siswa
2)
Papan
absensi siswa
3)
Daftar piket
kelas
4)
Nuku absensi
siswa
5)
Buku
kegiatan belajar mengajar
6)
Tata tertib
kelas
c.
Penyusunan /
pembuatan statistic bulanan siswa
d.
Pengisian
daftar kumpulan nilai siswa ( legger )
e.
Pembuatan
catatan khusus tentang siswa
f.
Pencatatan
mutasi siswa
g.
Pengisian
buku laporan siswa
h.
Pembagian
buku laporan pendidikan ( rapor )
i.
Memahami dan
melaksanakan 12 langkah wali kelas
Dua belas (
12 ) langkah wali kelas :
1)
Mengetahui
tugas pokoknya yaitu :
a) Mewakili orang tua dan Kepala Sekolah dalam
lingkungan kelasnya
b) Membina kepribadian dan budi pekerti
c) Membantu perkembangan kecerdasan
d) Membantu pengembangan ketrampilan
2)
Mengetahui
jumlah anak didik
3)
Mengetahui
nama-nama anak didik
4)
Mengetahui
identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil seorang demi seorang
anak didiknya untuk menyelesaikan
5)
Mengetahui
kehadiran setiap hari dikelas
6)
Mengetahui
masalah-masalah anak didik ( pelajaran, ekonomi, sosial dll )
7)
Mengetahui
penilaian : kelakuan dan kerajinan
8)
Mengambil
tindakan – tindakan untuk mengatasi masalah
9)
Memperhatikan
buku rapor, kenaikan kelas dan tamatan/ kelulusan
10)
Memperhatikan
kesehatan dan kesejahteraan
11)
Membina
suasana kekeluargaan
12)
Melaporkan
kepada Kepala Sekolah
10. Kepala Laboratorium IPA ( Fisika, Biologi, Kimia)
Kepala
Laboratorium IPA bertugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
a.
Perencanaan
pengadaan alat dan bahan laboratorium
b.
Penyusunan
tata tertib dan jadwal penggunaan laboratorium
c.
Penyusunan
program tugas-tugas laboran/ petugas laboratorium
d.
Mengatur
penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
e.
Pemeliharaan
dan perbaikan alat-alat laboratorium
f.
Menginventarisasi
dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium
g.
Penyusunan
laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala
h.
Bertanggung
jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium IPA
i.
Mengusulkan
kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat/bahan laboratorium
j.
Bertanggung
jawab tentang kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan
k.
Mengkoordinasikan
guru mata pelajaran (fisika, kimia, biologi)
11. Kepala Laboratorium Komputer
Kepala
Laboratorium Komputer bertugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
a.
Perencanaan
pengadaan alat dan bahan laboratorium
b.
Penyusunan
tata tertib dann jadwal penggunaan laboratorium
c.
Penyusunan
program tugas-tugas laboran/ petugas laboratorium
d.
Mengatur
penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
e.
Pemeliharaan
dan perbaikan alat-alat laboratorium
f.
Menginventarisasi
dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium penyusunan laporan pelaksanaan
kegiatan laboratorium secara berkala
12. Penanggungjawab Perpustakaan
Koordinator
/ Penanggungjawab Perpustakaan bertugas membantu Kepala sekolah dalam kegiatan
– kegiatan sebagai berikut :
a.
Perencanaan
pengadaan buku/ bahan perpustakaan
b.
Pengurusanb pelayanan
perpustakaan
c.
Perencanaan
pengembangan perpustakaan
d.
pemeliharaan
dan perbaikan buku perpustakaan
e.
Inventarisasi
dan mengadministrasi buku-buku/ bahan / alat perpustakaan
f.
Menyimpan
buku-buku perpustakaan
g.
Menyusun
tata tertib perpustakaan
h.
Menyusun laporan
pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
13. Kepala Tata Usaha
Kepala Tata
Usaha mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan dan bertanggungjawab kepada
Kepala Sekolah yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Penyusunan
program kerja tata usaha sekolah
b.
Pengelolaan
Keuangan sekolah
c.
Pengurusan
administrasi pegawai, guru dan siswa
d.
Pembinaan
dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e.
Penyusunan
administrasi perlengkapan sekolah
f.
Penyusunan
dan penyajian data/ statistic sekolah
g.
Mengkoordinasikan
dan melaksanakan 9K
h.
Penyusunan
laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
14.
Laboran
Tugas laboran adalah:
a.
Mengerjakan
administrasi laboratorium IPA
b.
Mempersiapkan
dan menyiapkan alat/bahan yang digunakan dalam praktek belajar mengajar (PBM)
c.
Bertanggung
jawab atas kebersihan alat dan ruang laboratorium beserta perlengkapannya
Permendiknas No. 26 tahun 2008 juga menetapkan
kompetensi yang hasus dipunyai oleh seorang Kepala Laboratorium. Kesemuanya
dibagi ke dalam empat dimensi kompetensi:
1.
Dimensi
kompetensi kepribadian,
a. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
dewasa, mantap, dan berakhlak mulia
b. Menunjukkan komitmen terhadap tugas
2.
Dimensi
Kompetensi Sosial
a. Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas
b. Berkomunikasi secara lisan dan tulisan
3.
Dimensi
Kompetensi Manajerial
a. Merencanakan kegiatan dan pengembangan
laboratorium sekolah/madrasah
b. Mengelola kegiatan laboratorium
sekolah/madrasah
c. Membagi tugas teknisi dan laboran
laboratorium sekolah/ madrasah
d. Memantau sarana dan prasarana
laboratorium sekolah/madrasah
e. Mengevaluasi kinerja teknisi dan laboran
serta kegiatan laboratorium sekolah/madrasah
4.
Dimensi
Kompetensi Profesional.
a. Menerapkan gagasan, teori, dan prinsip
kegiatan laboratorium sekolah/madrasah
b. Memanfaatkan laboratorium untuk
kepentingan pendidikan dan penelitian di sekolah/madrasah
c. Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja
di laboratorium sekolah/madrasah
Fasilitas,
sarana / prasarana laboratorium yang dimiliki sekolah harus disyukuri, dijaga,
dan dimanfaatkan dengan baik melalui manajemen laboratorium yang baik dan
benar. Pemangku jabatan hendaknya benar-benar memahami tugas pokok dan fungsi
jabatannya. Pengkajian mengenai manajemen laboratorium harus ditingkatkan, baik
dengan cara belajar dari referensi-referensi, maupun mengikuti diklat atau
workshop. Peningkatan efektivitas laboratorium secara tidak langsung memberi
kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.
sangat membantu...
BalasHapusterima kasih....
Posting Komentar