Pilihlah salah satu jawaban yang paling
tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada
lembar jawaban yang tersedia!
1.
Bacalah teks berikut!
Kepala Dinas
Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, membenarkan ada wacana untuk membedakan
tarif parkir berdasarkan zonasi. Jika
wacana tersebut terlaksana, tarif parkir di tengah kota akan lebih mahal
daripada daerah penyangga. Kawasan tengah kota akan menjadi ring satu.
Makna kata yang bercetak miring dalam
teks tersebut adalah ....
A.
suatu
area yang telah mempunyai kewenangan sendiri
B.
jenis
kendaraan yang masuk ke area parkir umum
C.
peningkatan
tarif parkir berdasarkan jenis kendaraan
D.
pembagian
suatu areal menjadi beberapa bagian sesuai fungsinya
2.
Bacalah teks berikut!
Mohammad Mahfud
tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UII pertama yang meraih gelar
doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan
senior-seniornya di UII. Didukung oleh karya tulisnya yang sangat banyak, baik
dalam bentuk buku, jurnal, maupun makalah ilmiah, dari Lektor Madya, Mahfud
melompat lagi, langsung menjadi Guru Besar. Jika dihitung dari awal menjadi
dosen sampai meraih gelar guru besar, Mahfud hanya membutuhkan waktu 12 tahun.
Dengan rentang waktu tersebut, Mahfud memegang rektor tercepat dalam sejarah
pencapaian gelar Guru Besar. Padahal, umumnya seseorang bisa merengkuh gelar
Guru Besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A.
Mohammad
Mahfud meraih gelar doktor 1993.
B.
Mohammad
Mahfud menjadi dosen tetap Fakultas Hukum UII.
C.
Meraih
gelar Guru Besar sebagai rektor tercepat dalam sejarah.
D.
Karya
tulisnya sangat banyak, baik dalam bentuk buku maupun CD.
3.
Bacalah teks biografi berikut!
Seto
Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto lahir di Klaten, 28 Agustus
1951.Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak
bersama dengan Henny Purwonegoro.Ia juga menjabat ketua Komisi Nasional
Perlindungan Anak.Berawal dari kematian adiknya saat berumur tiga tahun akibat
penyakit campak membuat Seto mulai menekuni dunia anak.Berbagai pengalaman
pernah dirasakan yaitu menjadi pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta.
Hal yangpatut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. penyayang terhadap
sesama
B. bekerja keras dalam
kehidupannya
C. siap prihatin dalam
membawakan acara
D. menjadi ketua
Komite Perlindungan Anak
4.
Bacalah paragraf laporan berikut!
1)Kota Jambi hingga
kini masih sering mengalami krisis air bersih. 2) Krisis air bersih tersebut
terutama memuncak ketika debit air Sungai Batanghari menurun pada musim
kemarau. 3) Penurunan debit air Sungai Batanghari menurun berpengaruh terhadap
produksi air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. 4) Penurunan debit air Sungai
Batanghari pada musim kemarau bisa saja diatasi dengan memanfaatkan Danau Sipin
Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Mayang.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai
nomor ....
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
5.
Bacalah bagian teks berikut!
Materi yang terdapat dalam buku ini
mempunyai banyak manfaat bagi pembacanya. Materi tersebut disajikan dengan
bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, cara pembuatan dan pemanfaatan kompos
disajikan secara komplet.
Kutipan teks ulasan
tersebut menyajikan bagian ....
A.
identitas
buku
B.
tafsiran
buku
C.
kelebihan
buku
D.
kelemahan
buku
6.
Bacalah paragraf
berikut!
Mangga termasuk tanaman buah tropis, tetapi dia justru
tidak menyukai kelembaban dan curah hutan yang tinggi.Mangga tanaman buah
dengan tingkat ketergantungan tinggi pada agroklimat.Ada tanaman buah yang
tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, misalnya nangka dan
alpukat.Hampir tidak ada tanaman yang dapat seratus persen bebas dari faktor
agroklimat, kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah ….
A.
tidak ada tanaman yang tergantung pada agroklimat
B.
tanaman mangga sangat tergantung pada agroklimat
C.
nangka dan alpukat tidak begitu tergantung pada agroklimat
D.
mangga tidak menyukai kelembaban dan curah hujan yang tinggi
7.
Bacalah teks
berikut!
Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung
saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini
kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud
gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan
sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di
antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh
bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena
matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi
bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta.
Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari
total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.
|
Simpulan isi teks tersebut
adalah ...
A. Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan.
B. Gerhana matahari merupakan fenomena alam
tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.
C. Ketika fase total gerhana, kemana matahari
terlihat menjulur pada bagian tertentu.
D. Melihat langsung matahari saat gerhana
matahari tidak menyebabkan kebutaan.
8.
Baca kutipan teks berikut!
1)Pada
mulanya, senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan, seperti
hiperaktif, kerusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi. 2) Namun dalam
perkembangannya, setiap orang memanfaatkan brain
gym untuk beragam kegunaan, terutama membuat gelombang otak menjadi alfa.
3) Saat ini, hampir di sekolah-sekolah terbaik di seluruh dunia, brain gym sedang digemari. 4) Brain gym dimanfaatkan di
sekolah-sekolah karena banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stres, menjernihkan pikiran, dan
meningkatkan daya ingat.
Pernyataan yang menunjukkan
persetujuan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
9.
Bacalah teks
berikut!
Banyak
orang meyakini bahwa jus buah memiliki nutrisi yang sama dengan buah segar.
Cairan yang dihasilkan dari jus buah mengandung sebagian besar nutrisi, seperti
vitamin, serat, dan mineral yang ditemukan pada keseluruan buah. Namun,
kandungan nutrisi tersebut akan berkurang ketika pembuatan jus.
Buah
segar yang utuh dapat memberikan nutrisi lebih karena masih memiliki komponen
buah utuh, yaitu kulit dan daging buah. Kulit buah sendiri memiliki manfaat
untuk menurunkan risiko kanker dan membantu perlindungan terhadap sinar
ultraviolet. Ketika buah diolah menjadi jus, kulit buah akan dihilangkan
sehingga tidak memberikan manfaat penuh pada jus.
Ringkasan yang tepat teks
tersebut adalah ….
A.
Jus buah lebih segar dan sehat daripada
buah segar karena di dalam jus terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan
oleh tubuh.
B.
Jus buah mengandung nutrisi lengkap dan bermanfaat mencegah kanker serta
melindungi kulit dari ultraviolet.
C.
Jus buah dan buah segar sama-sama bermanfaat membantu meindungi tubuh
dari sinr ultraviolet dan memiliki jumlah nutrisi yang sama.
D.
Beberapa nutrisi pada buah yang dijus dapat berkurangketika proses
pembuatan jus, sedangkan buah segar mengandung nutrisi lebih karena komponen
buah masih utuh.
10.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Sabtu, 9 September 2017 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam
Nahrawi, memberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa
Barat, Yudha M. Saputra, mewakili Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).
Aher mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Olahraga Daerah Berprestasi tahun
2017.Penghargaan tersebut diberikan pada puncak acara Haornas yang digelar di
Stadion Moch. Soebroto, Magelang Jawa Tengah.
Teks 2
Alun-alun kota Magelang, Jawa Tengah menjadi tempat prosesi acara malam
tirakatan jelang acara puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas). Menteri Pemuda
dam Olahraga (Menpora). Imam Nahrawi, memimpin acara tersebut. Acara tersebut
dimulai pukul 21.00 WIB dibalut penyatuan tanah dan air tersebut berasal dari sembilan
puluh kabupaten dan kota di Indonesia yang dilewati oleh peserta Gowes Pesona
Nusantara.
Perbedaan pola
penyajian kedua teks tersebut adalah ….
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
diawali unsur di
mana
diakhiri unsur apa
|
diawali unsur di
mana
diakhiri unsur bagaimana
|
B
|
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di
mana
|
diawali unsur di
mana
diakhiri unsur bagaimana
|
C
|
diawali unsur kapan
diakhiri unsur bagaimana
|
diawali unsur di
mana
diakhiri unsur mengapa
|
D
|
diawali unsur kapan
diakhiri unsur di
mana
|
diawali unsur apa
diakhiri unsur mengapa
|
11.
Perhatikan teks berikut!
Setelah memilih beberapa buku yang akan
dibeli: Tiara segera menuju kasir. Akan tetapi; dompet yang ada di dalam tasnya
tidak ada. Tiara kaget bercampur marah karena ia telah kehilangan dompet.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda
baca dalam teks tersebut adalah…
A. tanda titik (.) setelah kata dibeli dan
tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
B. tanda titik dua (:) setelah kata dibeli
dan tanda titik (.) setelah kata akan tetapi
C. tanda koma (,) setelah kata dibeli dan
tanda koma(,) setelah kata akan tetapi
D. tanda hubung (-) setelah kata dibeli dan
tanda koma (,) setelah kata akan tetapi
12.
Bacalah kutipan teks berikut!
1)
Buku Budi Daya Tanaman Bawang
Merah ditulis oleh Sugiarto. 2) Buku setebal 51 halaman ini diterbitkan
oleh Aneka Ilmu pada tahun 2002. 3) Isi buku ini dibahas dengan cukup jelas. 4)
Namun, terdapat beberapa ilustrasi yang kurang jelas sehingga kurang menarik
untuk dilihat.
Kalimat yang menyatakan
kelebihan buku pada teks tersebut ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
13. Bacalah
kedua teks berikut!
Teks
1
Andi
rajin belajar. Setiap hari ia tidak lupa meyijihkan dua jam waktunya untuk
belajar. Andi rajin belajar karena ingin pintar sehingga dapat meraih
cita-citanya. Cita-cita Andi adalah menjadi seorang guru.
Teks
2
Andi
anak yang rajin. Tak lupa dia selalu belajar tiap harinya. Belajarnya enggak
lama sih, paling satu jam setiap harinya. Andi belajar untuk meraih
cita-citanya sebagai seorang guru.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua
teks tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
mudah dipahami
|
berbelit-belit
|
B
|
efektif
|
berbelit-belit
|
C
|
resmi
|
santai
|
D
|
baku
|
tidak baku
|
14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
1)Dia
mengendarai sepeda motornya dengan perasaan tidak nyaman. 2) Cicilan bulan ini
sebentar lagi jatuhtempo dan sudah
pasti tidak akan dibayar. 3) Dia hanya punya waktu dua bulan lagi untuk
mengumpulkan pelunasannya kalau tidak ingin sepeda motor itu ditarik oleh
perusahaan pembiayaan. 4) Sakim mulai menimbang-nimbang kemungkinan untuk
mengojek saja. 5) Tetapi dari mana uang pembayaran iuran pangkalan ojek itu?
6)
Sepanjang pagi dihabiskannya berkeliling ke rumah teman-temannya, bertanya
kalau-kalau ada lowongan pekerjaan. 7) Tetapi dari empat rumah yang
dikunjunginya, dia dijawab dengan “tidak” atau gelengan kepala. 8) Sakim maklum
bagi tamatan SMEA berumur empat puluh tahun tidak banyak lagi lowongan kerja
formal tersisa.
Makna kata yang bercetak miring dalam
kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. pelunasan
B. proses pembayaran
C. batas waktu pembayaran
D. pembayaran resmi
15.
Bacalah kutipancerpen
berikut!
Kedua putranya yang sudah duduk di bangku SMP dan
kelas enam SD tampaknya tidak berani mengajukan protes.Tetapi di meja makan
mereka tidak ada yang bicara, kecuali melirik bergantian pada wajah mama dan
papanya.Amran tetap bertahan dengan kebohongannya, sampai Ana putrid bungsunya
menangis.Ia hanya berjanji pada putrinya bahwa besok akan segera membeli mobil
lagi. Untuk itu ia minta Ana mau diantar pakai mikrolet ke sekolah, hanya untuk
sekali saja.
Latar
tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di ....
- dalam sekolah
- ruang makan
- toko mobil
- dalam mikrolet
Perhatikan
kutipan fabel di bawah ini untuk soal nomor 16 dan 17!
Dua ekor kambing berjalan dengan gagahnya
dari arah yang berlawanan di sebuah pegunungan yang curam, saat itu secara kebetulan
mereka secara bersamaan masing-masing tiba di tepi jurang yang dibawahnya
mengalir air sungai yang sangat deras. Sebuah pohon yang jatuh, telah dijadikan
jembatan untuk menyeberangi jurang tersebut. Pohon yang dijadikan jembatan
tersebut sangatlah kecil sehingga tidak dapat dilalui secara bersamaan oleh dua
ekor tupai dengan selamat, apalagi oleh dua ekor kambing. Jembatan yang sangat
kecil itu akan membuat orang yang paling berani pun akan menjadi ketakutan.
Tetapi kedua kambing tersebut tidak merasa ketakutan. Rasa sombong dan harga
diri mereka tidak membiarkan mereka untuk mengalah dan memberikan jalan
terlebih dahulu kepada kambing lainnya.
Saat salah satu kambing menapakkan kakinya
ke jembatan itu, kambing yang lainnya pun tidak mau mengalah dan juga
menapakkan kakinya ke jembatan tersebut. Akhirnya, keduanya bertemu di
tengah-tengah jembatan. Keduanya masih tidak mau mengalah dan malahan saling
mendorong dengan tanduk mereka.Akhirnya, kedua kambing tersebut jatuh ke dalam
jurang dan tersapu oleh aliran air yang sangat deras di bawahnya.
16.
Paragraf
kedua pada kutipan fabel di atas merupakan bagian alur....
A. perkenalan
B. klimaks
C. peleraian
D. selesaian
17.
Amanat dari kutipan fabel di atas adalah....
A. jangan suka meremehkan orang lain
B. lebih baik mengalah daripada mengalami nasib sial
C. jangan suka memerebutkan sesuatu yang
tidak jelas
D. rasa sombong bisa mencelakakan diri
sendiri dan orang lain
18.
Bacalah kutipan berikut ini!
Sang macan
tutul menunjuk sang keledai untuk membagi hewan-hewan itu “Keledai silahkan kau
bagi makanan-makanan itu” Perintah sang macan tutul lalu keledai itu menghitung
dengan cermat hewan tangkapan itu, setelah sang keledai menghitung dia
membagikan hewan-hewan itu secara adil dengan membagi tiga bagian yang sama
banyak. Melihat pembagian itu sang macan tutul sangat marah kemudian dia
menerkam sang keledai hingga keledai itu mati dan kini tumpukan makanan telah
bertambah. Kemudian sang macan tutul menoleh ke arah anjing gunung “Sekarang
kamu bagikan hewan-hewan itu”. Perintahnya dengan marah, kini sang anjing
gunung mendekati makanan itu dia menumpukkan kembali hewan-hewan yang telah
dibagikan oleh sang kedelai menjadi tumpukan yang besar kemudian dia menggigit
seekor kelinci di mulutnya untuk dirinya sendiri, itupun hanya seekor kelinci
yang dagingnya sangat kecil dan tidak begitu berarti untuk sang macan tutul.
Penyebab
konflik dalam kutipan fabel di atas adalah....
A.
Macan
tutul menginginkan hasil buruan yang lebih banyak.
B.
Keledai
tidak menjalankan perintah macan tutul
dengan baik.
C.
Hasil
buruan kurang banyak sehingga keledai dijadikan tambahannya
D.
Menurut
macan tutul, keledai membagi hasil buruan secara tidak adil.
19.
Bacalah teks berikut!
“Nis,
maafin aku kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya.
Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah?
Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman
lainnya.
“Yola
baru belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah membuat Nisa sama
teman-teman benci Yola,” suara parau Yola mengiang di telinga Nisa, jelas
sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.
Dalam
hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah
lama ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia,
Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk tubuh Yola. Siapa yang tidak
rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?
Lia
dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga.
Apalagi Fajar bisa membuat Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,”
desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat
dengan baik kembali.
(Fitrah
karya Zhilan Zhalila)
|
Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Memberi maaf merupakan perbuatan
mulia.
B. Fitrah dapat
memecah belah persahabatan.
C. Setiap orang
merindukan persahabatan sejati.
D. Hubungan persahabatan dapat dipulihkan kembali.
20.
Bacalah kutipan fabel berikut ini!
Semua hewan kesal dengan
kesombongan si kelinci.Ia selalu membanggakan kecepatan larinya. Untuk menyadarkan
kesombongannya, Karu, si kura-kura menantang kelinci lomba lari melewati empat
bukit. Tanpa sepengetahuan kelinci, Karu menyuruh teman-temannya untuk bersiap
di bukit pertama, kedua, dan ketiga, sedangkan ia bersiap di bukit keempat.
Pada saat lomba berlangsung,
kelinci berlari sangat kencang. Namun, saat melewati bukit pertama ia heran,
kenapa si Karu sudah berada di sana. Begitu pula di bukit kedua dan bukit
ketiga.Si kelinci tidak
tahu kalau ketiga kura-kura itu teman si Karu.Si kelinci semakin kaget karena
si Karu sudah berada di bukit keempat dari tadi.Kelinci bingung dan malu kenapa
si Karu yang lambat bisa
mengalahkannya.
Makna simbol dari tokoh kelinci dalam fabel tersebut adalah....
A.
kekuatan
B.
kesombongan
C.
permusuhan
D. keserakahan
21.
Bacalah kutipanfabel
berikut!
Pada suatu musim yang sangat kering, burung-burung
sangat sulit mendapatkan air untuk diminum.Seekor burung gagak menemukan sebuah
kendi yang berisikan sedikit air.Kendi tersebut tinggi dengan leher kendi
sempit.Bagaimanapun burung gagak berusaha untuk mencoba meminum air yang berada
di dalam kendi. Namun, ia tetap tidak dapat mencapainya. Burung gagak hampir
putus asa.Ia hampir mati karena kehausan.
Tiba-tiba sebuah ide muncul dalam benaknya.Dia lalu
mengambil kerikil yang berada disamping kendi. Kemudian, ia menjatuhkan kerikil
itu ke dalam kendi satu per satu. Setiap kali burung gagak itu memasukkan
kerikil ke dalam kendi, permukaan air dalam kendi berangsur-angsur naik dan
bertambah tinggi.Akhirnya air di dalam kendi tersebut dapat dicapai oleh burung
gagak.
Komentar yang
sesuai isi kutipan fabel tersebut adalah ….
A.
Burung gagak malas untuk mencari air di sumber air.
B.
Burung gagak akan mendapatkan air jika kendi itu dijatuhkan.
C.
Seharusnya burung gagak pergi ke sungai atau danau untuk mendapatkan
air.
D.
Burung gagak punya akal yang cerdik untuk mendapatkan air dari dalam kendi.
22.
Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen I
|
“Wah, tinggi
sekali ya, Kak?” Dayat tercengang. Tiba-tiba Dayat melihat burung besar
berwarna kuning kecoklatan sedang terbang melayang di atas mereka.
“Kak lihat!
Burung itu besar dan gagah ya?” Dayat yang suka dengan burung langsung
bersemangat.
“Bentuknya
seperti burung garuda, lambang negara kita.”
“Itu burung
elang jawa yang langka. Burung itu senang bersarang di pohon puspa karena
tingginya,” Kak Wira lalu menjelaskan.
Dayat pun
terkagum-kagum menyaksikan burung elang jawa itu. Ia kini paham, mungkin inilah
yang dimaksud kegiatan mengasyikkan oleh kakaknya.
(Menanam
Pohon Puspa karya Tyas K.W.)
|
Cerpen II
|
“Kamu nanti
berangkat jam berapa, Ami?” tanya nenek.
“Jam delapan,
Nek. Setelah beres semuanya, aku mau bersiap-siap,” jawabku yang tengah menyiapkan
obat pagi untuk nenek.
“Kalau libur
hati-hati ya. Apalagi di tengah kerumunan orang banyak, harus selalu jeli dan
teliti. Jangan hanya bermain ponsel, hingga tidak tahu apa yang terjadi.”
“Iya, Nek. Aku
pasti berhati-hati. Terima kasih atas peringatannya.”
Akhir-akhir
ini memang marak terjadi tindak kriminalitas justru di tempat-tempat umum.
Mulai dari pembunuhan terhadap anak balita, penyerangan membabi buta terhadap
petugas stasiun, hingga banyak tertangkapnya orang yang membawa senjata tajam
saat bepergian.
(Impianku
karya Etih Nurhalimah)
|
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....
Cerpen I
|
Cerpen II
|
|
A.
|
terdapat kata ganti orang ketiga
|
terdapat kata ganti orang pertama
|
B.
|
kata-kata yang digunakan lugas
|
banyak menggunakan kata kias
|
C.
|
menggunakan majas hiperbola
|
menggunakan majas metafora
|
D.
|
banyak menggunakan kalimat
langsung
|
tidak menggunakan kalimat
langsung
|
23.
Bacalah kutipan kedua teks cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
|
Kutipan Cerpen2
|
Bagian
yang ditempuh dengan kereta api dari daerah New Mexico akhirnya membosankan
juga: gurun-gurun dan tanah-tanah tandus belaka, sesekali rumah-rumah yang
jauh terpencil-pencil serba miskin. Hanya pohon-pohon kaktus yang menjulang
di atas tanah datar itu serta kincir-kincir angin yang berserak di sana-sini
untuk memompa air dari bawah tanah yang kering itu, merupakan selingan
jelita.
|
Seperti
bunga kecepiring, muka dan kulitnya kemerah-merahan dankalau ketawa cekung
pipinya. O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zainab yang egoistis. Bedanya
dengan Zainab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang terasa sekali
merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah
anak Haji Ma’ruf itu.
|
Perbandingan pola
pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut
adalah ….
Kutipan Cerpen 1
|
Kutipan Cerpen2
|
|
A
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
B
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
diawali
dengan perkenalan latar suasana
|
C
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
diawali
dengan perkenalan latar tempat
|
D
|
diawali
dengan perkenalan tokoh
|
diawali
dengan perkenalan latar suasana
|
24.
Perhatikan kalimat berikut!
Untuk membunuh rasa bosan dalam
perjalanan saya- berselancar di media sosial: Instagram, whatsapp, atau twitter.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda
baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. titik dua(:) tidak dipakai pada
perincian langsung
B. koma (,) tidak dipakai untuk pemerincian
C. titik (.) tidak dipakai untuk mengakhiri
kalimat pemerincian.
D. tanda hubung (-) tidak dipakai untuk
memisahkan subjek dan perdikat
25. Cermati kalimat
berikut!
Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar karena telah disuntik anticacar.
|
Istilah kesehatan
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. erupsi
B. infeksi
C. imun
D. steril
26. Perhatikan kalimat berikut!
Barmin memperdalam ajaran agamanya [...] imannya meningkat.
|
Konjungsi yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dan
B. untuk
C. agar
D. kemudian
27.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Tutup semua program atau aplikasi yang
sedang aktif.
(2) Klik menu “Turn Off Computer”.
(3) Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Desktop.
(4) Diamkan beberapa saat hingga kompoter
padam.
(5) Pada kotak dialog “Turn Off Computer”., klik tombol “Turn Off”.
(6) Cabut kabel listrik dari jala-jala
listrik.
(7) Tekan tombol OFF pada monitor untuk
memadamkan monitor.
(8) Tutup dengan penutup.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun
menjadi teks prosedur yang padu dengan urutan nomor ….
A. 1 – 2
– 3 – 4 – 5 – 7 – 6 – 8
B. 1 – 2
– 4 – 3 – 6 – 5 – 7 – 8
C. 1 - 3 – 2 –
4 – 5 – 7 – 6 – 8
D. 1 – 3
– 2 – 5 – 4 – 7 – 6 – 8
28. Cermatilah paragraf berikut!
Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama
antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan memiliki kewajiban
mentaati peraturan lalu lintas. Pengguna jalan tidak boleh menerobos lampu
merah dan rambu lalu lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban
memberi teguran atau sanksi kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
...
A. Hal ini dapat
mencelakakan pengguna jalan yang lain.
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka.
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib
berlalu lintas.
D. Polisi mengawasi pelaku yang melanggar
peraturan lalu lintas.
29.
Bacalah kalimat berikut!
Buku pendidikan karakter di sekolah
diterbitkan oleh pt jepe press media utama.
Perbaikan yang tepat penggunaan ejaan
pada kalimat tersebut adalah ....
A. Buku “pendidikan karakter di sekolah”
diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.
B. Buku PendidikanKarakterdiSekolah
diterbitkan oleh PT JePe Press Media
Utama.
C. Buku PendidikanKarakterDiSekolah
diterbitkan oleh PT JePe Press Media
Utama.
D. BukuPendidikanKarakterdiSekolah
diterbitkan oleh PT JePe Press media
utama.
30.
Cermati data laporan berikut!
· Kegiatan memancing
· Waktu pelaksanaan : Sabtu, 27 Januari 2018
· Tempat kegiatan : Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang
· Peserta lomba : Perorangan
· Pemenang :
Juara I diraih Rendi, juara II Irfan, juara III diraih Rangga
Laporan yang sesuai
dengan data tersebut adalah …
A. Sabtu, 27 Januari 2018 telah
dilaksanakan lomba memancing bagi masyarakat umum. Lomba tersebut diadakan di
Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Para pemenang selain mendapat ikan yang
diperoleh juga mendapatkan hadiah uang.
B. Sabtu, 27 Januari 2018 telah
dilaksanakan lomba memancing bagi masyarakat umum. Lomba tersebut diikuti
oleh masyarakat di sekitar Parung
panjang. Pelaksanaan sampai menjelang
sore. Para pemenang selain mendapat ikan yang diperoleh juga mendapatkan hadiah
uang.
C. Lomba memancing ikan diadakan pada
Sabtu, 27 Januari 2018 di Kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Peserta lomba
perorangan. Pemenang dalam lomba tersebut, juara I diraih oleh Rendi, juara II
Irfan, dan juara III diraih oleh Rangga.
D. Lomba memancing akan
dilakukan di kolam Ikan Sehat, Parung Panjang. Lomba ini diikuti oleh
masyarakat sekitar Parung Panjang. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah ikan
hasil pancingan dan uang.
31. Bacalah teks berikut!
(1) Proses perkembangan gawai di kalangan remaja meningkat pesat. (2)
Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3)
Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi
dijadikan sebagai ajang bergengsi untuk selalu mengikuti tren baru dari
maraknya gawai yang menjadikan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial
terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan
sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap
sesuatu, mudah putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu
perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama menggunakan gawai. (7) Gawai
merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan fitur terbaru yang
memiliki fungsi praktis dan lebih berguna.
|
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)
32.
Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah
Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang dapat memancing
kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk
pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan
sekan merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4) Pantai Gili Terawangan tempat
yang cocok untuk beternak penyu.
Kalimat yang tidak padu pada paragraf
tersebut ditandai nomor…
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
33.
Perhatikan kalimat berikut!
Terlalu sering mengonsumsi junk food atau makanan dengan [...]
lemak jenuh tinggi, berisiko memicu timbulnya batu empedu.
Kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.
dikandung
B.
kandungan
C.
terkandung
D.
mengandung
34.
Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah akan menggalakkan kembali
kegiatan … agar pembangunan dapat dilaksanakan secara merata di seluruh
Indonesia.
Istilah yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. imigrasi
B. emigrasi
C. urbanisasi
D. transmigrasi
35.
Cermati teks berikut!
(1)Peningkatan minat
baca daripada anak akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. (2) Untuk itu
orang tua juga memiliki peran penting
untuk menumbuh kembangkan minat baca anak. (3) Misalnya disediakan pojok
baca yang menarik di dalam kamar anak. (4) Dengan demikian akan tumbuh minat
baca anak tersebut.
Perbaikan kalimat pertama (1) supaya
menjadi efektif adalah menghilangkan kata ….
A. baca
B. minat
C. daripada
D. berpengaruh
36.
Cermati paragraf berikut!
Indonesia kini memiliki empat destinasi menarik; Danau Toba, kawasan
Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Keempat lokasi pelesir tersebut
patut menjadi fokus percepatan industri pariwisata. Oleh karena itu, setiap
warga Indonesia perlu mengkampanyekan empat lokasi tersebut.
|
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada
paragraf tersebut adalah .…
A. mengikuti kata yang merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu
dengan yang lain
C. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan bagian pada kalimat majemuk setara
37.
Cermati teks prosedur berikut!
Anda dapat menyaksikan gerhana
matahari dengan kacamata gerhana. Jika tidak memiliki kacamata gerhana, Anda
bisa membuatnya. Berikut cara membuat kacamata gerhana.
(1) Sediakan bahan dan
alat berupa kertas karton yang kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau
gunting, serta lem.
(2) Buatlah pola kacamata
dengan karton sesuai ukuran mata Anda lalu potonglah.
(3) Warnai pola dengan
cat air tepat di tengah yang ditandai dengan garis putus-putus.
(4) Lubangi karton yang
sudah dibuat pola pada bagian mata kiri dan kanan.
(5) Potong negatif film
sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dengan lem pada lubang
karton tersebut.
Selamat mencoba!
|
Alasan ketidakpaduan teks prosedur tersebut adalah ....
A. pernyataan umum tidak
berhubungan dengan langkah-langkah
B. penutup tidak menggambarkan topik tentang
kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dengan
kalimat sebelum dan sesudahnya
D. langkah kegiatan dan penutup tidak berhubungan
langsung
38.
Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Penyebaran Islam masuk ke keraton,
khususnya Kraton Yogyakarta dan Kraton Solo.
(2) Pantai-pantai di kepulauan Seribu sudah
berkurang keindahan dan keasriannya.
(3) Hadirin serentak berdiri setelah
mengetahui presiden masuk ruangan.
(4) Nenek menempati rumah yang berada di
Jalan Sunan Bonang 12, Jambi.
Penggunaan ejaan yang tidak tepat
ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
39.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Sebelum mengikuti ujian saya membeli
alat tulis, bolpoin, penggaris, dan pensil.
(2) Saya dapat menjawab soal-soal UN itu
karena saya belajar dengan rajin.
(3) Jumlah soal mata pelajaran Bahasa
Indonesia adalah empat puluh pilihan ganda dan lima esai.
(4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia
nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan
tanda baca terdapat pada kalimat nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
40.
Cermati kalimat berikut!
Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.
|
Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ....
A. tehnologi
B. teknologi
C. tekhnologi
D. teknoloji
II.
URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan tepat!
41.
Bacalah kedua kutipan teks
laporan berikut!
Teks
I
|
SMP Insan Kamil
merupakan sekolah yang terletak di daerah Kembangan Jakarta Barat. Di sekolah
tersebut terdapat habitat benda hidup (biotik) dan tidak hidup (abiotik).
Benda hidup terdiri atas tanaman hias dan pepohonan. Tanaman hias itu sendiri
berada di semua kelas dan di depan kantor kepala sekolah. Jenis tanaman hias
yang ada di sana antara lain mawar, melati, anggrek, kembang sepatu, dan
Bougenville. Tak jauh dari ruang kepala sekolah di sepanjang pinggir halaman
terdapat pohon menjulang tinggi antara lain pohon mangga, pohon beringin, dan
bambu kuning.
|
Teks
II
|
SMPN 4 Tasikmalaya
mengadakan kunjungan wisata ke Jogja pada tanggal 25 Oktober 2016 selama dua
hari satu malam. Kunjungan tersebut kami tempuh dengan menggunakan bus
pariwisata. Dari Tasikmalaya ke Jogja memerlukan waktu 8 jam. Kami
dijadwalkan berangkat tanggal 25 Oktober pukul 09.00 WIB. Setelah semua siswa
berkumpul, kami baru berangkat pukul 09.15 karena pengecekan peserta dan doa
bersama demi keselamatan dalam perjalanan. Setelah melalui perjalanan yang
mengasyikan kami tiba di lokasi pukul 17.15. Setelah sampai di lokasi
penginapan, kami diizinkan untuk melakukan kegiatan pribadi sampai dengan
pukul 19.00. Selanjutnya, kami diajak jalan-jalan ke daerah Malioboro,
melihat pentas seni jalanan yang sudah biasa digelar setiap hari.
|
Tulislah perbedaan pola penyajian teks laporan tersebut
disertai alasan jawabanmu!
42.
Cermati
kutipan resensi buku berikut!
Novel Ayah, Menyayangimu Tanpa Akhir ini bertema sosial keluarga. Novel
ini menampilkan tokoh utama Juna sebagai orag tua tunggal bagi Mada, anak
laki-laki satu-satunya. Kepergian istri adalah kenyataan sehingga tokoh Juna
harus melanjutkan hidup dan membesarkan anaknya. Secara keseluruhan ceritanya
menarik, ada pesan moral yang bisa diambil. Novel ini juga mengajarkan kita
akan berharganya waktu. Dari segi ejaan dan bahasa, terdapat kata-kata yang
penulisan hurufnya kurang, ada dialog yang menggunakan bahasa daerah,
menggunakan kosa kata asing tanpa terjemahan, dan ada kata-kata yang sering
diulang. Selain itu,sampul novel ini terkesan kurang menarik karena
pewarnaannya kurang tajam.
Tuliskan keunggulan novel sesuai kutipan
resensi tersebut!
43.
Cermati teks wawancara berikut!
Pewawancara : Menurut Bapak mengapa menuntut ilmu itu
penting?
Pak
Andi : Ilmu dapat membuat
sesorang dari tidak tahu menjadi tahu.
Dengan ilmu dapat meningkatkan derajat
kita di mata
Tuhan dan manusia.
Ubahlah teks wawancara tersebut
menjadi teks eksposisi!
44.
Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Gunung Prau terletak di tiga
kabupaten yakni Wonosobo, Banjarnegara dan Kendal. (2) Gunung ini selalu
menjadi incaran pendaki saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.
(3) Selain menjadi puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng, banyak faktor
yang menjadikan gunung ini menjadi favorit para pendaki. (4) Siapa yang tidak
tahu Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.
|
Perbaiki kalimat nomor (4) menjadi
kalimat efektif!
45.
Cermatikalimatberikut!
sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan
alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan
pengetahuan katanya
|
Tuliskan
kembali kalimat di atas dengan menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat!
Menghendaki Contoh Soal USBN SMP Bahasa Indonesia lainnya? Kawan pakguru.id bisa lihat di sini
Posting Komentar