Materi : Lebih
Dekat dengan Allah SWT yang sangat Indah Nama-Nya
Strategi : Card Sort
Materi ini membahas
tentang Iman kepada Allah SWT melalui nama-nama-Nya yang indah (al-asmâu
al- husna). Peserta didik diharpakan manmpu menghapal al- asmâu al-husna,
memahami artinya dan makna yang terkandung dalamnya serta dapat menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi
pembelajaran aktif yang bisa diterapkan pada materi ini adalah Card Sort (kartu sortir). Strategi ini
merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep,
karakteristik, klasifikasi, fakta tentang objek atau mereview informasi.
Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamiskan
kelas yang jenuh atau bosan. Dengan gerakan fisik yang dominaan
membantu memberi energi kepada kelas yang telah letih. Penerapan
strategi ini bertujuan untuk mengaktikan setiap peserta didik sekaligus
kelompok dalam belajar.
Langkah-langkah penerapannya:
- a.
Guru menyiapkan beberapa kartu
masing-masing bertuliskan al-asmâu al-husna, arti dan makna yang
terkandung di dalamnya.
- b. Seluruh kartu
diacak/dikocok agar tercampur
- c.
Bagikan kartu kepada peserta
didik sesuai dengan jumlah al-asmâu al-husna yang dibuat.
- d.
Perintahkan setiap peserta
didik bergerak mencari kartu dengan mencocokkan al-asmâu al-husna dengan
artinya kepada kawan sekelasnya.
- e.
Setelah kartu yang bertuliskan
al-asmâu al-husna bertemu dengan artinya, perintahkan masing-masing
membentuk kelompok dan menempelkan hasilnya di papan secara urut.
- f.
Lakukan koreksi bersama
setelah semua kelompok menempelkan hasilnya.
- g.
Mintalah salah satu penanggung
jawab kelompok untuk menjelaskan hasil sortir kartunya, kemudian mintalah
komentar dari kelompok lain.
- h. Berikan
apresiasi setiap hasil kerja peserta didik.
- i. Selanjutnya peserta didik dapat menirukan lagu al- asmâu al-husna dan menghafalnya.
- j. Lakukan klarifikasi dan tindak lanjut.
Demikian bagian satu dari 40 Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Materi PAI SMP - Kelas 7. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar