Materi : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amânah dan Istiqâmah
Strategi : Inquiring Minds What To Know dan Role Playing
Materi ini membahas tentang kejujuran, amânah dan istiqâmah yang merupak bagian dari perilaku yang baik (akhlaq al-karîmah) dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu strategi pembelajaran yang bisa diterapkan pada materi ini adalah Inquiring Minds What To Know (membangkitkan rasa ingin tahu). Strategi ini digunakan untuk merangsang rasa ingin tahu  peserta didik dengan mendorong spekulasi mengenai topik atau persoalan. Para peserta didik lebih mungkin menyimpan pengetahuan tentang materi pelajaran yang tidak tercakup sebelumnya jika mereka sejak awal dalam sebuah pengalaman pengajaran kelas penuh. Teknik sederhana ini dapat membangkitkan keingintahuan peserta didik dengan meminta mereka membuat perkira-perkiraan tentang suatu topik atau suatu pertanyaan.

Langkah-langkah penerapannya:
  • a.  Buatlah pertanyaan tentang materi pelajaran yang dapat membangkitkan minat peserta didik untuk mengetahui lebih lanjut atau mendiskusikannya dengan teman.

Berikut beberapa contoh pertanyaan:
·       Mengapa berperilaku jujur itu penting?
·       Bagaimana seharusnya orang Islam berperilaku?
·       Apa yang dimaksud dengan istiqâmah?
·     Menurut anda apa yang harus dibahas dalam pelajaran ini?
·     Apa yang menyebabkan para pejabat banyak yang ditangkap KPK?
·       Menurut anda apa manfaat belajar materi ini?



·  Apa solusi agar umat Islam selamat dalam pergaulan sehari-hari?
  • b.   Anjurkan peserta didik menjawab apa saja sesuai dengan dugaan mereka. Gunakan kata-kata; coba perkirakan, apa kira-kira, dan lain-lain.
  • c.   Jangan memberi jawaban secara langsung. Tampung semua dugaan-dugaan. Biarkan peserta didik bertanya- tanya tentang jawaban yang benar.


Selanjutnya agar materi ini benar-benar diserap oleh peserta didik bukan hanya dalam hal konsep juga dalam hal prilaku, maka salah satu strategi pembelajaran aktif yang bisa dipakai dengan materi ini adalah Role Playing (bermain peran). Role Playing salah satu strategi pembelajaran yang ampuh, di mana saja terdapat peran- peran yang dapat didefensikan dengan jelas, yang memiliki interaksi yang mungkin diekplorasi dalam keadaan nyata.

Langkah-langkah penerapannya:
  • a.     Mentapkan topik sesuai dengan pembahasan, yaitu perlaku jujur, amânah dan istiqâmah.
  • b.     Bentuk tiga kelompok sesuai dengan materi yang ada.
  • c.     Berikan waktu kira-kira 15 menit kepada masing- masing kelompok untuk berdiskusi menulis cerita.
  • d.     Tugaskan kelompok 1 menulis naskah cerita tentang contoh perilaku jujur.
  • e.     Kelompok 2 menulis naskah cerita contoh perilaku
  • amânah.
  • f.      Kelompok 3 menulis naskah cerita tentang contoh perilaku istiqâmah.
  • g.     Selanjutnya masing-masing kelompok memainkan peran di depan kelas dalam pragmen sesuai dengan skenario dan naskah cerita yang telah dibuatnya.
  • h.     Pada saat bermain peran, peserta didik yang lain diminta untuk mengamati dan menuliskan tanggapan mereka bersama kelompoknya.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan tanggapan kelompoknya di dalam kelas, menyimpulkan dan mengklarifikasi.
Demikian bagian satu dari 40 Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Materi PAI SMP - Kelas 7. Semoga bermanfaat.

Post a Comment