Materi : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amânah
dan Istiqâmah,
Strategi : Inquiring Minds What To Know dan Role Playing
Materi ini membahas tentang kejujuran, amânah dan istiqâmah yang merupak bagian dari perilaku yang baik (akhlaq al-karîmah) dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu strategi
pembelajaran yang bisa diterapkan pada materi ini adalah Inquiring Minds What To Know (membangkitkan rasa ingin tahu).
Strategi ini digunakan untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik dengan mendorong spekulasi
mengenai topik atau persoalan. Para peserta didik lebih mungkin menyimpan
pengetahuan tentang materi pelajaran yang tidak tercakup sebelumnya jika mereka
sejak awal dalam sebuah pengalaman pengajaran kelas penuh. Teknik
sederhana ini dapat membangkitkan keingintahuan peserta didik dengan meminta
mereka membuat perkira-perkiraan tentang suatu topik atau suatu pertanyaan.
Langkah-langkah penerapannya:
- a. Buatlah
pertanyaan tentang materi pelajaran yang dapat membangkitkan minat peserta
didik untuk mengetahui lebih lanjut atau mendiskusikannya dengan teman.
Berikut beberapa contoh
pertanyaan:
·
Mengapa berperilaku jujur itu penting?
·
Bagaimana seharusnya orang Islam berperilaku?
·
Apa yang dimaksud dengan istiqâmah?
·
Menurut anda apa yang harus
dibahas dalam pelajaran ini?
·
Apa yang menyebabkan para
pejabat banyak yang ditangkap KPK?
·
Menurut anda apa manfaat belajar materi ini?
· Apa solusi agar umat Islam selamat dalam
pergaulan sehari-hari?
- b. Anjurkan
peserta didik menjawab apa saja sesuai dengan dugaan mereka. Gunakan kata-kata;
coba perkirakan, apa kira-kira, dan lain-lain.
- c.
Jangan memberi jawaban secara
langsung. Tampung semua dugaan-dugaan. Biarkan peserta didik bertanya- tanya
tentang jawaban yang benar.
Selanjutnya agar
materi ini benar-benar diserap oleh peserta didik bukan hanya dalam hal konsep
juga dalam hal prilaku, maka salah satu strategi pembelajaran aktif yang bisa
dipakai dengan materi ini adalah Role
Playing (bermain peran). Role Playing
salah satu strategi pembelajaran yang ampuh, di mana saja terdapat peran-
peran yang dapat didefensikan dengan jelas, yang memiliki interaksi yang
mungkin diekplorasi dalam keadaan nyata.
Langkah-langkah penerapannya:
- a. Mentapkan
topik sesuai dengan pembahasan, yaitu perlaku jujur, amânah dan istiqâmah.
- b. Bentuk tiga
kelompok sesuai dengan materi yang ada.
- c. Berikan
waktu kira-kira 15 menit kepada masing- masing kelompok untuk berdiskusi menulis cerita.
- d. Tugaskan
kelompok 1 menulis naskah cerita tentang contoh perilaku jujur.
- e. Kelompok 2
menulis naskah cerita contoh perilaku
- amânah.
- f. Kelompok 3 menulis naskah cerita tentang contoh perilaku istiqâmah.
- g. Selanjutnya
masing-masing kelompok memainkan peran di depan kelas dalam pragmen sesuai
dengan skenario dan naskah cerita yang telah
dibuatnya.
- h. Pada saat bermain peran, peserta didik yang lain diminta untuk mengamati dan menuliskan tanggapan mereka bersama kelompoknya.
- Masing-masing kelompok menyampaikan tanggapan kelompoknya di dalam kelas, menyimpulkan dan mengklarifikasi.
Demikian bagian satu dari 40 Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Materi PAI SMP - Kelas 7. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar