I. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang
paling tepat!
1. Perhatian
gambar berikut!
Makna yang terkandung dari peristiwa yang terdapat pada
gambar di samping jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari adalah ….
A.
tahu berterimakasih atas jasa yang diterima
B.
keteguhan hati diperlukan dalam kehidupan
C.
memiliki rasa simpati kepada makhluk-makhluk lain
D.
menerima bantuan orang lain
2. Khotbah Pertama
Buddha diberikan kepada ….
A. Tapusa dan Bhalika
B. Alara Kalama
C. lima petapa
D. Uddaka Ramaputra
3. Perhatikan tabel berikut!
No |
Pelaksanaan Pancasila Buddhis |
(1) |
melepas
ikan ke sungai |
(2) |
berdana
pada bulan Kathina |
(3) |
setia
pada pasangan |
(4) |
melaksanakan
donor darah |
(5) |
berdagang
sayur-sayuran |
Berdasarkan tabel di atas, perbuatan yang
sesuai dengan pelaksanaan pancasila Buddhis sila ke- 2 terdapat pada
nomor ....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
2 dan 5
4. Seorang petani hidup dengan penuh kesadaran dan
berpegang teguh pada ajaran Buddha. Salah satu yang terlihat dari kesehariannya
adalah petani itu tidak pernah menyiksa makhluk lain. Sikap hidup petani mencerminkan
pelaksanaan ….
A. cinta kasih – welas asih (Metta Karuna)
B. mata pencaharian Benar (Samma Ajiva)
C. kejujuran (Sacca)
D. kewaspadaan (Satisampajanna)
5. Perhatikan tabel berikut.
No |
Pancasila |
|
No |
Pancadharma |
(1) |
panatipata
veramani |
|
(1) |
cinta
kasih dan belas kasih |
(2) |
adinnadana
veramani |
|
(2) |
penghidupan
benar |
(3) |
kamesumicchacara
veramani |
|
(3) |
sikap
puas |
(4) |
musavada
veramani |
|
(4) |
kejujuran |
(5) |
Suramerayamajjapamaddhatthana
veramani |
|
(5) |
sadar
setiap saat |
Hubungan
yang tepat antara Pancasila Buddhis dan Pancadharma dari tabel di atas
ditunjukkan nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(5) dan (5)
6. Andi berteman
baik dengan Bodhi yang cerdas. Sejak itu Andi prestasinya meningkat dan
perilakunya menjadi lebih baik. Ia pun semakin disayang orang tua dan para
guru. Makna yang dapat diambil yaitu dalam pergaulan hendaknya kita bergaul
dengan orang yang ….
A. bijaksana
B. terkenal
C. berwibawa
D. kharismatik
7. Retno adalah siswa
SMP yang menjabat sebagai ketua OSIS. Seringkali dia tidak mengikuti pelajaran karena banyak kegiatan yang
harus dielesaikan bersama
pengurus OSIS yang lain. Kegiatan tersebut dilakukan untuk kemajuan sekolah. Agar tidak tertinggal pelajaran Retno selalu belajar dengan
giat. Nilai positif yang dapat
ditiru dari Retno
adalah...
A.
akan mengalami kelelahan
B.
belajar untuk memiliki rasa tanggung jawab
C.
menjauhkan dari keluarganya
D.
mengurangi waktu untuk berisitirahat
8. Perhatikan tabel di
bawah ini!
NO |
Etika pergaulan |
1 |
tidak
bergaul dengan orang bodoh, bergaul dengan orang bijaksana |
2 |
menghormati
guru dan peserta didik, menghormati orang tua dan anak, |
3 |
menghormat
yang patut dihormat. |
4 |
dia yang tidak menghormati ayah dan ibunya |
5 |
menghormati
suami dan istri, menghormati antar sahabat, menghormati rohaniawan,
menghormati atasan dan bawahan |
6 |
suka
tidur, cerewet, lamban, malas dan mudah marah |
Berdasarkan
tabel di atas yang
menunjukkan etika pergaulan berdasarkan Sigalovada
Sutta ditunjukkan
pada nomor ....
A.
2 dan 5
B.
2 dan 3
C.
4 dan 6
D.
5 dan 6
9. Salah satu
peristiwa yang terjadi pada masa Vassa tahun kelima adalah ....
A. Buddha memenuhi
janjikepada Raja Bimbisara
B. Buddha menahbiskan
Pangeran Rahula dan Pangeran Nanda
C. Buddha menerima
Pancawagiya sebagai siswanya
D. Buddha mengijinkan
Ratu Mahamaya berserta Lima ratus orang wanita menjadi Bhikkhuni
10.
Perhatikan
table di bawah ini!
No |
Peristiwa
yang terjadi |
1 |
Ratu
Khema dari Magadha menjdi Bhikkhuni kemudian ditunjuk sebagai salah satu dari
kedua siswi Bhikkhuni bersama dengan Uppallavana dari Savathi |
2 |
Buddha
melarang mempertunjukkan mukjizat demi keuntungan pribadi maupun harga diri
mereka sendiri |
3 |
Buddha
menunjukkan mukjizat ganda |
Peristiwa
pada tabel di atas terjadi pada tahun ke ...
masa vassa Buddha
A. 5
B. 4
C. 6
D. 2
11. Pada masa musim
hujan, Buddha berdiam di Bukit Mankula di dekat Kosambi Vamsa. Pada saat itu
Buddha melakukan mukjijat ganda untuk menyadarkan rakyat Kapilavastu yang
terkenal angkuh dan sombong Berdasarkan
narasi makna yang dapat diambil dalam kehidupan sehari – hari adalah
....
A. Mukjijat ganda
membuat kita lebih cepat mencapai tujuan hidup kita
B. Mukjijat bisa
membuat rakyat menjadi bangga
C. Dengan mukjijat
ganda Buddha bisa memperlihatkan kemampuannya
D. Dengan mukjijat
ganda rakyat Kapilavastu menyadari kesombongannya
12. Raja Asoka adalah
seorang raja dari kerajaan Maggadha yang bijaksana . pada awalnya beliau
seorang raja yang kejam, tetapi setelah bertemu dengan Bhikkhu Nigrodha ,
beliau berbalik seratus delapan puluh derajat dan menjadi orang yang sangat
baik. Dalam kehidupannya selalu menyokong kehidupan para bhikkhu. Bahkan
membangun vihara sebanyak 84.000 vihara. Beliau juga mempelopori adanya dharmayatra. Berdasarkan narasi
tersebut, nilai teladan yang bisa kita ambil dari sikap
Raja Asoka adalah ....
A.
mengutamakan kesejahteraan para bhikkhu
B.
ketekunan dan kewibawaan
C.
ketenaran dan kesetiaan pada Buddha
D. kesucian dan
ketekunan
13. Perhatikan tabel di bawah ini!
No |
Siswa
Utama Buddha |
Keunggulan |
1 |
Y.A Moggallana |
Peramal ulung |
2 |
Y. A Sariputta |
Kebjkasanaan |
3 |
Y.A Sivali |
Keyakinan yang kuat |
4 |
Y.A Anurudha |
Mata Dewa |
5 |
Y.A Upali |
Sila / moral yang
baik |
6 |
Y.A Ananda |
Usia Panjang |
Berdasarkan tabel di atas, Pasangan yang yang cocok Siswa Buddha
dengan keunggulannya terdapat pada
nomor ....
A.
1,2,6
B.
2,3,5
C.
4,5,6
D.
1,3,6
14. Raja Asoka adalah raja kerajaan Magadha yang memerintah dari
273 SM - 232 SM. Setelah
mengenal Dharma, beliau menjadi seorang raja yang baik, penuh cinta kasih, adil
dan bijaksana. Beliau menjalankan pemerintahan sesuai Dharma. beliau sangat
berjasa terhadap perkembangan agama Buddha, diantaranya ialah ....
A.
menaklukan
kerajaan-kerajaan disekitar India
B.
membangun 84 000
stupa
C.
menaklukan
kerajaan-kerajaan disekitar
D.
mengusulkan
diadakan pasamuan Agung Sangha
15. Perhatikan dengan baik tabel di bawah ini dengan baik!
No |
Cara
Melakukan Puja |
1. |
merawat
Buddha |
2. |
pengorbanan
hewan |
3. |
mempersembahkan
bunga dan lilin |
4. |
memuja
api |
Cara menghormat atau puja yang dilakukan pada jaman
Buddha ditunjukkan pada nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
16. Perhatikan gambar dibawah ini!
Berdasarkan gambar di samping, peristiwa penting yang terjadi di
tempat tersebut adalah Buddha ….
A.
membabarkan
Dharma yang pertama
B.
melaksanakan
Vasa
C.
mencapai penerangan
sempurna
D.
parinibbana
17. Buddha Parinibbana
di kusinara, sebelum Parinibbana Buddha memberikan nasehat terakhir kepada para
Bhikkhu. Nasihat
terakhirnya yaitu “segala sesuatu yang terbentuk pasti akan hancur, berjuanglah
dengan penuh kesadaran. Nilai dari nasehat terakhir Buddha tersebut adalah….
A. Terbukanya pintu
kebebasan
B. semua dalam keadaan
terbakar
C. ketidakkekalan pada
kehidupan
D. cara hidup yang
sederhana
18.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1.
Kedua kaki dalam
posisi bersila
2.
Badan tegak lurus
dan rileks
3.
Pejamkan mata
4.
Bayangkan bahwa
saat ini sedang duduk dihadapan Buddha
5.
Konsentrasi pikiran
tertuju pada wujud Buddha
Berdasarkan
pernyataan di atas urutan yang benar langkah-langkah melaksanakan meditasi
perenungan terhadap Buddha ditunjukkan pada nomor ....
A.
1, 2, 3, 5, 4
B.
1, 2, 3, 4, 5
C.
1, 2, 4, 3, 5
D.
1, 3, 2, 4, 5
19. Meditator
seringkali mendapatkan rintangan batin pada saat melaksanakan meditasi. Rintangan batin tersebut diantaranya
muncul kemauan jahat di dalam pikirannya. Cara mengatasi kemauan jahat yang muncul
pada saat meditasi
adalah ....
A. melaksanakan
meditasi dengan objek cinta kasih
B. meningkatkan
keyakinan pada Triratna
C. berusaha
melaksanakan sila dengan sempurna
D. melaksanakan
meditasi dengan objek menjijikkan
20. Perhatikan tabel
di bawah ini dengan baik!
No |
Pernyataan |
1. |
Percaya
diri, mengatasi rasa takut, dan tidak ragu |
2. |
Rendah
diri, menurunkan kesadaran, dan menjadi jujur |
3. |
Pikiran
tenang, batin menjadi puas, dan tidak bimbang |
4. |
Menjadi
puas, penuh iri hati, dan pemalu |
Manfaat meditasi ketenangan batin yang benar, ditunjukkan pada nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
21. Suku Malla memberi perintah kepada orang-orang untuk
mengumpulkan kain wol katun yang ada di Suku Malla dan mereka memperlakukan
jenazah Buddha sesuai petunjuk Bhikkhu Ananda. Ketika jenazah Buddha disiapkan
untuk perabuan, empat orang dari Suku Malla menyalakan api untuk perabuan
jenazah Buddha. Keajaiban yang terjadi saat api dinyalakan yang merupakan
kelanjutan peristiwa di atas adalah …
A. api tidak menyala karena dewa menghendaki dan menunggu
kedatangan Maha Kassapa
B. api tidak menyala karena pada saat itu kayu untuk
perabuan masih basah
C. para dewa tidak menghendaki Suku Malla yang menyalakan
api perabuan
D. Maha Kassapa dengan kemampuan batinnya tidak
menghendaki api perabuan menyala
22. Buddha dan para siswa-Nya berdiam di hutan Mangga
milik Cunda setelah tiba di Pava. Keesokan harinya Cunda mempersiapkan makanan
yang mewah termasuk masakan khusus yang disebut Sukaramaddava. Sukaramaddava merupakan makanan yang terbuat
dari ....
A. tepung maizena
dicampur jamur
B. daging lunak
dicampur dengan jamur
C. tepung terigu
dicampur jamur
D. daging lunak
dicampur tepung terigu
23. Buddha bersabda: “Semua bentuk perpaduan di dunia ini
adalah tidak kekal. Berjuanglah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai kebebasan
sejati”. Makna syair tersebut adalah….
A. setiap pekerjaan diselesaikan tepat waktu
B. setiap pekerjaan diselesaikan bila ada imbalan
C. setiap pekerjaan diselesaikan bila ada atasan
D. setiap pekerjaan diselesaikan dengan dan penuh
tanggung jawab
24. Bunga-bunga surgawi berjatuhan dari langit, musik, dan
lagu surgawi bergaung dari angkasa. Dua peristiwa tersebut terjadi pada saat
Buddha Parinibbana. Peristiwa tersebut di atas memiliki makna bahwa para dewa
….
A. turut bersuka cita
B. menyambut Sang Buddha
C. memberi penghormatan
D. memberikan persembahan
25. Umat Buddha
seharusnya menghormati relik Buddha. Cara menghormati relik Buddha antara lain
dengan merangkapkan atau merapatkan kedua telapak tangan didepan dada yang
berbentuk seperti kuncup bunga teratai. Bentuk penghormatan ini sering kita
sebut dengan ....
A.
utthana
B.
pradaksina
C.
anjali
D.
namaskhara
26. Perhatikan tabel di
bawah ini !
No |
Butir Sila |
Butir HAM |
1. |
Menghindari membunuh |
Melindungi hak untuk hidup |
2. |
Menghindari mencuri |
Melindungi hak untuk melindungi harta miliknya |
3. |
Menghindari berbuat asusila |
Melindungi hak untuk hidup damai dan tenang |
4. |
Menghindari berkata salah |
Melindungi hak tentang kebenaran |
5. |
Menghindari makanan/minuman yang memabukkan |
Melindungi hak untuk hidup harmonis |
Dari
tabel diatas, pasangan yang tepat antara Pancasila Budhis dengan pelaksanaan
Hak Asasi Manusia ditunjukkan pada nomor ....
A. 1,2,4
B. 1,2,5
C. 2,3,4
D. 3,4,5
27. Beni selalu
bersikap ramah dan sopan terhadap teman-temannya. Kata-katanya lemah lembut,
siapapun yang mendengarnya akan merasa senang. Dia juga selalu berkata jujur
terhadap siapapun. Dari pernyataan tersebut perbuatan Beni telah menerapkan Hak Asasi Manusia yaitu
melindungi hak
....
A. hidup
B. rasa aman
C. kebenaran
D. harta
kekayaan
28. Dalam Anguttara I: 51, Buddha
bersabda ”perasaan malu berbuat jahat (hiri) dan takut akibat perbuatan jahat
(ottapa) merupakan dua Dhamma sebagai pelindung dunia (Lokapala Dhamma)”. inti
sari dari nasehat Buddha dalam syair tersebut adalah....
A.
hendaknya berbuat
baik dan tidak berbuat jahat
B.
selalu mengutamakan
kebaikan
C.
menghindari
kejahatan
D.
selalu mendahulukan
kepentingan orang lain
29. Ketika pulang sekolah Karuna melihat seekor burung merpati yang sayapnya
terluka. Tindakan yang harus dilakukan Karuna sebagai murid Buddha sesuai
dengan Culasila Digha Nikaya adalah ....
A.
memanggil teman
untuk memberitahu
B.
hanya
memperhatikannya
C.
mengabaikannya
D.
menolong dan
mengobati
30. Sinta menjadi ketua osis di salah satu sekolah SMP, teman-temannya
memberikan dukungan kepada Sinta, karena ia seorang anak yang tidak membedakan
teman-temannya antara perempuan dan laki-laki dalam belajar. Makna dari cerita
diatas adalah....
A.
Hak untuk
mendapatkan pendidikan di sekolah sama antara laki-laki dan perempuan
B.
Pendidikan antara
laki-laki dan perempuan dibedakan
C.
Lebih diutamakan
pendidikan perempuaan
D. Pendidikan laki-laki diutamakan dalam semua bidang
31. Alasan Buddha
menerima perempuan menjalani kehidupan tanpa berumah tangga adalah
....
A.
ajaran Buddha
mengakui peran perempuan dalam kehidupan beragama
B.
Buddha ingin
membalas jasa kaum perempuan
C.
kedudukan
perempuan lebih mulia disbanding laki-laki
D.
perempuan tidak
akan menyerah kalah
32. Andi sering memukul dan mengganggu teman-temannya.
Perbuatan Andi sangat mengganggu proses pembelajaran. Sebagai teman yang baik,
sikap yang tepat terhadap perbuatan Andi yaitu ….
A. membiarkan tetap terjadi
B. menegur dan mengingatkan perbuatannya
C. mengikuti perbuatan Andi
D. memarahi Andi agar tidak mengulangi perbuatan
33. Seorang tokoh perdamaian dunia,yang senantiasa mempraktikkan welas
asih,serta mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain yang berasal dari
Tibet dan pernah mendapat hadiah Nobel Perdamaian adalah Dalai Lama.Sifat
keteladanan beliau yang perlu kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan
sehari-hari yakni sifat....
A.
Iklas membantu
meringankan penderitaan orang lain.
B.
Kecerdasannya yang
membuat beliau termasyur
C.
Kewibawaannya
hingga banyak orang yang takut padanya
D.
Kesederhananaanya
yang membuahkan nama harum
34. ’’Sungguh bahagia jika kita hidup tanpa membenci, di antara orang-orang
yang membenci; di antara orang-orang yang membenci kita hidup tanpa membenci’’.
Perilaku keseharian dalam masyarakat yang sesuai dengan syair Kitab Dhammapada
BAB XV Sukha Vagga adalah ... .
A.
banyak warga yang
hidup saling membenci, dan Anton bisa menyesuaikan diri dengan membenci orang
lain.
B.
banyak warga yang
hidup rukun, dan Anton, dapat menyesuaikan diri dengan membenci orang lain.
C.
banyak warga yang
hidup saling membenci, dan Anton, bisa
damai dengan hidup tanpa membenci.
D.
warga yang hidup
saling membenci, dan Anton membalas dengan kebencian.
35. Saat terjadi pertikaian antara suku
koliya dan suku Sakya,Buddha meleraikanya dengan bersabda:” Bukanlah hal yang
baik dan pantas apabila hanya karena air yang sedikit ini, kalian menghancurkan
negeri yang tidak ternilai ini.Akhirnya mereka menyadari kesalahan masing-masing.Metode
Buddha tersebut dapat kita terapkan dalam menyelesaikan masalah.Yakni kita
selesaikan dengan cara....
A.
metode hukum rimba
B.
membela yang
uangnya banyak
C.
membela yang
menguntungkan
D.
damai dan penuh
kasih
36. Perhatikan tabel berikut
1 |
Mempertahankan kemurnian ajaran Buddha |
2 |
Membentuk dharmaduta |
3 |
Menertibkan perbedaan pendapat dalam Sangh |
4 |
Menerjemahkan Tripitaka ke dalam bahasa asing |
5 |
Memahat isi Tripitaka pada lempengan marmer |
6 |
Untuk menghimpun semua ajaran Buddha |
Berdasarkan tabel di atas,yang
menunjukkan tujuan di adakannya Sidang Agung Sangha I di Goa Sattapanni
yakni....
A.
1 dan 6
B.
2 dan 4
C.
3 dan 5
D.
4 dan 6
37. Perhatikan tabel di bawah ini!
No. |
Upaya
melestarikan Tripitaka |
1. |
Mengadakan
pameran relik Buddha |
2. |
Menyimpan
buku-buku Dhamma |
3. |
Menterjemahkan
Kitab Suci Tripitaka |
4. |
Membuat
dan mempublikasikan komik Dhamma |
Berdasarkan tabel, sebagai pelajar upaya yang dapat dilakukan untuk
melestarikan Dhamma ditunjukkan pada nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
38. Perhatikan tabel di bawah ini !
NO |
Bagian Tipitaka |
1 |
Puggala pannati |
2 |
Datukata |
3 |
Yamaka |
4 |
Sutta Vibhanga |
5 |
Parivara |
6 |
Mahavagga |
Berdasarkan tabel di atas yang
termasuk bagian abhidhamma pitaka ditunjukkan pada nomor ....
A.
1,2,3
B.
2,3,4
C.
3,4,5
D.
4,5,6
39. Perhatikan tabel di bawah ini !
NO |
Keunggulan Ajaran Buddha antara lain mengajarkan : |
1 |
diri sendiri sebagai pelindung |
2 |
pembagian kasta |
3 |
hukum sebab akibat |
4 |
menyembah dewa-dewi |
5 |
kebahagiaan tertinggi |
Berdasarkan
tabel di atas keunggulan ajaran Buddha ditunjukkan pada nomor ....
A.
1,2,3
B.
1,3,5
C.
2,3,4
D.
2,4,5
40. Buddha dalam Vinaya
Pitaka mengajarkan untuk tidak berbuat jahat, menambah kebajikan, serta mensucikan hati dan pikiran.
Berdasarkan narasi tersebut penerapan makna intisari ajaran Buddha yang tepat
dalam kehidupan sehari-hari adalah….
A.
Rajin membaca paritta agar dipuji oleh kedua orang tua
B.
Memberi sumbangan kepada vihara agar mendapat sanjungan
C.
Melakukan meditasi demi mendapat kepandaian dan kesaktian
D.
Memberikan sumbangan kepada korban bencana alam tanpa
pamrih
II. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
41. Jelaskan hubungan
pelaksanaan Pancasila Buddhis sila Pertama dengan unsur pancadhamma !
42. Jelaskan manfaat meditasi dalam kehidupan sehari-hari!
43.
Jelaskan kesetaraan
gender pada masa Buddha dan pada masa
sekarang !
44. Jelaskan hubungan antara isi prasasti Raja Asoka
dengan perdamaian dunia!
45. Jelaskan manfaat memiliki sahabat baik!
Posting Komentar