Pilihan Ganda :

1.        Perhatikan kutipan Kejadian 1:26-28 berikut ini!

 

Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranak cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Berdasarkan kutipan di atas, kekhasan manusia sebagai citra Allah adalah … .

A.     manusia diberi akal budi agar dapat mencari dan mengenal Penciptanya

B.      menceritakan kebaikan-kebaikan Allah kepada sesamanya

C.      sungguh dikasihi Allah karena diciptakan atas kehendak-Nya sendiri

D.     diberi kuasa atas alam dan ciptaan lainnya

 

2.        Manusia diciptakan Tuhan secitra dengan diri-Nya. Sebagai citra Allah, kita dipanggil untuk mewujudnyatakan tugas yang diberikan Allah kepada kita.

 

Salah satu contoh tindakan perilaku yang sesuai dengan hati nurani sebagai citra Allah di dalam kehidupan di lingkungan sekolah adalah ….

A.    menjaga lingkungan rumah agar selalu bersih

B.     ikut kerja bakti dalam kegiatan RT-RW

C.     jujur dalam mengerjakan tugas

D.    taat pada perintah orang tua

 

3.        Perhatikan kutipan Matius 25:16-21 berikut ini!

 

“Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lubang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuhan, lima talenta tuan percayakan padaku ; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. Maka kata tuan itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

 

Sikap yang tepat dalam menanggapi kutipan di atas adalah … .

A.     Yustina membuat daftar kemampuannya

B.      Markus selalu tersenyum dalam situasi apa pun

C.      Frans suka membandingkan kemampuan temannya

D.     Maria melatih dirigen beberapa kelompok paduan suara di Gereja

 

4.        Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan seksualitas bagi laki-laki atau perempuan sebagai anugerah Allah adalah … .

A.     Milea menyemir rambut seperti artis

B.      Dylan rajin membaca buku

C.      Jenni sepulang sekolah belajar memasak

D.     Lissa mengikuti perkembangan zaman agar terkenal

 

5.        Perhatikan kutipan 1 Samuel 18:1-4 berikut ini!

 

“Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya.Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya, dan ikat pinggangnya.

Contoh tindakan yang baik sebagai teman sejati berdasarkan kutipan di atas adalah … .

A.    menasihati teman di depan orang banyak

B.     membagikan bekal makanan kepada teman yang tidak membawa uang saku

C.     memuji temannya agar merasa senang

D.    mengingatkan teman agar selalu berbuat baik

 


6.        Peran kepala sekolah dalam perkembangan diri siswa berdasarkan dokumen Gereja Gravissimum Educationis artikel 5 tentang pentingnya sekolah adalah… .

A.    melibatkan keluarga, guru dan perserikatan untuk perkembangan siswa

B.     membantu memberikan penilaian pengetahuan

C.     membangun persahabatan antara siswa

D.    menyiapkan siswa dalam memilih jurusan

 

7.        Bacalah penggalan Dokumen Konsili Vatikan II pernyataan tentang pendidikan Kristen Art. 3 berikut ini!

 

“ … merupakan kewajiban orang tua: menciptakan ligkungan keluarga, yang diliputi semangat bakti kepada Allah dan kasih sayang terhadap sesama sedemikian rupa, sehingga menunjang keutuhan pendidikan pribadi dan sosial anak-anak mereka”.

Peran keluarga yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah ….

A.       keluarga berkewajiban memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi anak-anak sehingga dapat menunjang pendidikan mereka

B.        keluarga berkewajiban memberikan pendidikan iman dan kasih sayang sedemikian rupa kepada  anak-anaknya

C.        keluarga harus menyediakan fasilitas sedemikian rupa untuk pendidikan pribadi dan sosial

D.       keluarga menjadi rumah yang indah bagi anak –anaknya untuk berkembang secara sempurna baik iman maupun sosial

 

 

8.        Tindakan Yesus selalu menunjukkan belas kasih. Salah satunya tertulis dalam injil Yohanes 11:11, Demikianlah perkataan-Nya, dan sesudah itu Ia berkata kepada mereka: “Lazarus, saudara kita, telah tertidur, tetapi Aku pergi ke sana untuk membangunkan dia dari tidurnya.”

 

Sebagai pengikut Yesus, kita dapat menunjukkan tindakan belas kasih dengan cara … .

A.  Veronika mendoakan temannya supaya cepat sembuh

B.   Anton berdoa untuk ketentraman keluarga

C.   Retno membawa temannya yang jatuh dari sepeda motor ke rumah sakit

D.  Andreas merasa kesal saat melihat orang miskin diperlakukan secara tidak adil oleh masyarakat

 

9.        Sabda bahagia dari Tuhan sungguh relevan sepanjang masa. Salah satu bunyi dari Sabda Bahagia tertulis dalam injil Matius 5:3, Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.”

 

Pada zaman ini, miskin di hadapan Allah dapat kita wujudkan dengan cara … .

A.    menjual dagangan dengan harga murah

B.     berdoa terlebih dahulu sebelum bertindak 

C.     hidup dengan gaya hidup seperti orang miskin

D.    memberi dengan penuh sukacita kepada semua yang miskin

 

10.    Bacalah teks Kitab Suci Berikut ini!

 

“Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya” (Lukas 2:12-13).

 

Pernyataan yang menunjukkan kemanusiaan Yesus menurut teks Luk 2:12-13  adalah ….

A.    hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud

B.     kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan

C.     para malaikat dan bala tentara Sorga yang memuji Allah

D.    Yesus menyembuhkan anak perwira yang percaya.

 

11.    Perhatikan gambar berikut!

 

Contoh tindakan yang sesuai dengan teladan Yesus seperti tampak dalam gambar di atas  adalah … .

A.     Pada saat pelajaran, spidol sudah tidak dapat untuk menulis,  Marta mengambilkan spidol baru dari ruang Tata Usaha.

B.      Anton menghidangkan minuman bagi Andreas yang singgah dirumahnya untuk mengerjakan tugas kelompok karena diminta oleh ibunya.

C.      Maria membantu ibunya mencuci piring setiap hari karena merasa kasihan pada ibunya yang terkena penyakit sejak keluarganya bangkrut.

D.     Bernard meluangkan waktu untuk menemani Alexander yang sedang berbaring sakit setelah pulang sekolah, karena mereka bersahabat sejati.

 

 

12.    Perhatikan kutipan  Kis 2:46 berikut ini!

 

Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati. sambil memuji Allah.

 

Cara hidup jemaat perdana yang masih tetap dihayati pada jaman sekarang adalah … .

A.     Joko makan bersama dalam keluarga

B.      Toni bernyanyi bersama temannya

C.      Margareta rajin mengikuti perayaaan ekaristi          

D.   Yosep menghadiri pesta ulang tahun paroki

 

13.    Dalam peristiwa Pentakosta, Roh Kudus turun atas para Rasul.  Roh Kudus itulah yang dijanjikan Yesus sebelum Ia diangkat ke surga dan tetap berkarya hingga saat ini.

 

Peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini adalah ... .

A.   karya Roh Kudus memberi kekuatan dalam karya liturgi

B.   mendampingi pelayanan pendidikan melalui sekolah-sekolah

C.   mendampingi pengajaran pengajaran dalam pelayanan inisiasi

D.   menjiwai anggota Gereja untuk berperan aktif dalam kehidupan beriman

 

14.    Perhatikan kutipan Kisah Para Rasul 2:14-17 berikut ini!

 

Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan, tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoël: Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.

 

Pengaruh Roh Kudus dalam diri Para Rasul berdasarkan kutipan di atas adalah … .

A.     berkumpul, memecahkan roti dan berdoa

B.      berani bersaksi tentang Yesus dihadapan orang banyak

C.      saling berbagi dan disukai banyak orang

D.     menyertai para rasul dengan memberikan pendampingan

 

15.     Perhatikan pernyataan berikut ini!

 

1)      Menanggapi panggilan hidup bakti

2)      Berkarya di bidang kesehatan

3)      Berkarya di bidang Pendidikan

4)      Berkarya di rumah doa

 

Dari pernyataan tersebut diatas menunjukkan peran anggota Gereja sebagai ….

A.    kaum klerus

B.     kaum biarawan/wati

C.     kaum religius

D.    kaum awam

 

 

 

16.     Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!

     

(1)                                  (2)                               (3)                                  (4)

 

Peran remaja dalam gambar di atas secara berturut-turut mewujudkan tugas Gereja pada bidang    .

A. liturgia, kerygma, diakonia, koinonia

B. kerygma, diakonia, koinonia, liturgia

C. diakonia, koinonia, liturgia, kerygma

D. koinonia, liturgia, kerygma, diakonia

 

17.    Tujuh sakramen dalam Gereja Katolik adalah:

1. Tobat

2. Pembaptisan

3. Ekaristi

4. Penguatan

5. Pengurapan orang sakit

6. Imamat

7. Perkawinan

Sakramen-sakramen yang termasuk sakramen inisiasi ditunjukkan oleh nomor ... .

A.  1, 2, 3

B.  2, 3, 4

C.  3, 4, 5

D.  5, 6, 7

 

18.    Perhatikan kutipan injil Lukas 15:17-19 berikut ini!

 

“Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.”

Sikap positif yang ditunjukkan oleh tokoh anak bungsu dalam kutipan di atas terwujud dalam tindakan … .

A.    menyatakan bahwa dirinya layak menjadi orang upahan bapanya

B.     menyadari kelimpahan harta bapanya dan berniat untuk pulang

C.     sadar akan kesalahannya kemudian pergi kepada bapanya untuk bertobat

D.    menyatakan rasa penyesalannya karena merasa malu pada upahan bapanya

 

19.     Bacalah cerita berikut ini!

Pulang

 

Di dalam kehidupan yang penuh kemewahan dan kenikmatan, Maria Magdalena jadi lupa sama sekali dengan kedua orang tuanya, petani miskin di desa itu. Ia pernah mendapat surat dari mereka, yang menyesalkan jalan hidupnya, tetapi sama sekali tidak dihiraukannya. Pada suatu hari secara kebetulan ia melihat sebuah gereja, yang mengingatkan dia pada gereja di desanya. (Waktu kecil ia sangat rajin ke gereja, mengikuti kebiasaan kedua orang tuanya). Ada semacam kerinduan yang sulit dia pahami mendorongnya untuk memasuki gereja itu. Ketika ia memasuki Gereja itu, ia agak tersentak, sebab hiasan dalam gereja itu mengingatkan akan suasana Pesta Paskah. Masa dan hari-hari kebangkitan Tuhan! Sudah sekian banyak tahun ia tidak merayakan dan mengalami Paskah lagi! Tiba-tiba Mary merasa sangat terguncang hatinya. Air matanya deras mengalir.  Hari itu juga ia mengambil keputusan: Pulang! Tiba-tiba ia teringat gereja parokinya. Teman-temannya semasa kecil. Rumahnya, ladang, jalan setapak di atas pematang ... semuanya. Terlebih ia teringat akan kedua orang tuanya. Ia naik kereta api ke desanya dan tiba larut malam. Waktu ia mendekati pintu halaman rumah, tiba-tiba hatinya menjadi kecut dan ragu. Apakah orang tuanya masih mau menerima dia, yang telah begitu tega mencemarkan nama baik keluarga? Ia heran bahwa pada larut malam seperti itu pintu pagar dan pintu rumah masih tetap terbuka. Biasanya selalu terkunci rapat. Ia berjalan melewati halaman dan melihat bahwa kamar kedua orang tuanya masih terang. Lampunya masih menyala. Ketika ia tiba di ambang pintu, gemersik langkah kakinya memecah kesunyian. Terdengar suara ibunya dari dalam: “Magda, kaukah itu?”

(sumber: buku guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas VIII)

Berdasarkan cerita di atas, yang merupakan bentuk pertobatan yang sesuai dengan ajaran Yesus Kristus adalah … .

A.  merubah sikap setelah mendapatkan banyak keuntungan dari perbuatan tidak baik yang selama ini dilakukan.

B.  mengambil keputusan untuk merubah kebiasaan yang tidak menguntungkan

C.  berani mengambil keputusan untuk kembali kepada jalan yang benar karena sadar akan kasih Tuhan

D.  meninggalkan perbuatan yang tidak baik, karena takut ancaman hukuman

 

20.     Perhatikan kutipan surat Yakobus 5:13-16 berikut ini!

 

Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau adaseorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatuajemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalamnama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akanmembangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Cara Gereja mendampingi orang sakit sesuai kutipan, di atas adalah .

A.    menyerahkan kepada Imam agar didoakan dan didampinginya

B.     meneguhkan iman si sakit dengan jalan mendoakan dan mengolesi minyak suci

C.     mendoakan dan mengurapi dengan minyak suci dengan tujuan sakitnya pasti sembuh

D.    mengunjungi dan mendoakan dengan tujuan supaya cepat sembuh

 

21.     “Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada juru selamat selain dari pada-Ku. ( Yes 43 :11)

 

Berdasarkan kutipan tersebut,  kita dapat menemukan sumber keselamatan dengan cara   .

A.    pasrah pada Tuhan

B.     memuji Tuhan

C.     berdoa

D.    dibaptis

 

22.     Perhatikan kutipan surat Yakobus 2:17-18 berikut ini!

 

Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan,dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.

 

Kutipan di atas memberi gambaran hubungan iman dengan perbuatan. Iman diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari dengan cara … .

A.    menolong teman saat ulangan

B.     membantu guru yang disukai

C.     membuang sampah pada tempatnya

D.    mendoakan teman yang kesulitan mengerjakan tugas

 

23.    Bacalah teks Kitab Suci berikut!

 

"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.” (Mat 7: 24)

Berdasarkan teks Kitab Suci di atas sebagai seorang remaja Kristiani sepantasnya kita juga dapat aktif dalam kegiatan gereja yaitu….

A.    Organisasi Siswa Intra Sekolah

B.     Organisasi OMK

C.     Karang Taruna

D.    Komunitas Basis

 

24.     “Seorang yang sudah dibaptis dipersatukan dengan umat Kristiani lainnya dalam komunitas Gerejani.

 

Pernyataan yang tepat sehubungan dengan peran komunitas Gerejani dalam upaya mengembangkan iman, yaitu … .

A.    sebagai tujuan dan pembuktian jati diri 

B.     sarana untuk berkumpul dan berbagi pengalaman

C.     wadah dan peneguh iman terhadap karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus

D.    mendapat sahabat dan menjaring silaturahmi supaya masa depan semakin cerah terjamin

 

25.     Perhatikan kutipan Kisah Para Rasul 2:41-47 berikut ini!

 

Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu bertambahlah jumlah mereka kira-kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pegajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati. sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

 

Bentuk perwujudan iman bersifat sosial berdasarkan kutipan di atas adalah … .

A.    jumlah mereka kira-kira tiga ribu jiwa

B.     menjual harta miliknya lalu membagi-bagikannya

C.     makan bersama-sama dengan gembira

D.    Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan

 

26.     Perhatikan tabel berikut ini!

 

I

II

III

IV

Kerja bakti

Berdoa bersama

Membaca Kitab Suci

Belajar dengan rajin

Berdoa bersama

Mengaku dosa

Berdoa bersama

Berdoa bersama

Mengaku dosa

Kerja bakti

Mengaku dosa

Kerja bakti

 

Kegiatan pengembangan iman dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan dalam tabel nomor … .

A.    I

B.     II

C.     III

D.    IV

 

27.     Perhatikan kutipan ajaran Gereja berikut ini!

 

Kaum beriman kristiani, yang karena baptis dipanggil untuk menjalani hidup yang selaras dengan ajaran injili, mempunyai hak atas pendidikan kristiani, agar dengan itu dibina sewajarnya untuk mencapai kedewasaan pribadi manusiawi dan sekaligus untuk mengenal dan menghayati misteri keselamatan.”  (Kitab Hukum Kanonik Kan.217)

 

Hak umat beriman Kristiani berdasarkan kutipan di atas adalah … .

A. mendapatkan pendidikan Kristiani

B.  mengadakan ibadat

C.  menyampaikan keperluannya pada imam

D.  menerima bantuan rohani

 

28.     Perhatikan contoh perilaku di bawah ini !

 

(1)     bersikap rendah hati

(2)     menghargai pendapat teman

(3)     mengamati keberhasilan teman

(4)     bekerja sama dengan orang kaya

(5)     menempatkan orang lain sesuai dengan kedudukannya

(6)     bekerja sama dengan siapapun tanpa membedakan

 

Perilaku yang menunjukkan penghargaan martabat manusia adalah ... .

A. (1), (2), (3), dan  (4)

B. (1), (2), (4), dan  (5)

C. (1), (2), (5), dan  (6)

D. (1), (2), (3), dan  (6)

 

29.        Bacalah teks Kitab Suci berikut!

 

“Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan.Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. (Mar 8:6-8)

Contoh sikap hormat terhadap kehidupan sesuai dengan teks di atas adalah ….

A. mengikuti perayaan Ekaristi

B.  berbagi dengan orang yang berkekurangan

C.  mengikuti Yesus berhari-hari tanpa makan dan minum

D. kagum terhadap mujizat Yesus yang menggandakan roti

 

30.     Bacalah teks Kitab Suci berikut!

 

“Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.“ (Yak 5:12)

Contoh tindakan kejujuran di masyarakat sesuai dengan teks di atas adalah ….

A.    mengembalikan dompet yang bukan milikinya

B.     membayar aparat untuk menghindari hukuman

C.     membayar iuran lebih sedikit dari yang seharusnya

D.    meminta izin ketika meminjam barang milik orang lain

 

31.    Keadilan adalah memberi kepada orang lain sesuai haknya.

 

Usaha  yang dilakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari adalah … .

A.     Anak menentukan kebutuhan uang sakunya

B.      Orang tua mengkomunikasikan kebutuhan uang saku dengan anaknya

C.      anak yang pandai mendapat uang saku lebih banyak dari yang lain

D.     orang tua yang menentukan uang saku, anak-anak mematuhinya

 

32.    Perhatikan gambar dan kutipan berikut ini!

 

(kebakaran hutan, dari cnntv.com)

Gambar di atas kurang sesuai bila dihubungkan dengan kutipan “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkannlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi (Kej 1:28) sebab manusia … .

A.    mengolah alam supaya bermanfaat

B.     menggunakan pohon untuk membuat api

C.     memanfaatkan kekayaan alam secara berlebihan

D.    menciptakan api dari bahan yang ada di alam itu

 

33.     Perhatikan kutipan kitab Kejadian 1:26-31 berikut ini!

 

Berfirmanlah Allah, Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka, “Beranak cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. “Berfirmanlah Allah, “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

 

 

 

Tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah, menurut kutipan di adalah … .

A.      Pemakaian obat-obatan kimia untuk membasmi hama tanaman yang sulit diberantas

B.      Manusia dipanggil oleh Allah untuk menguasai alam dengan mengolah, mempergunakan, serta melestarikan alam ciptaan ini

C.      Tuhan menciptakan bumi dengan segala isinya diperuntukkan bagi kehidupan manusia sehingga bebas untuk mempergunakannya

D.      Penebangan hutan untuk industri perkayuan, perluasan lahan pemukiman tanpa harus melakukan reboisasi

 

34.    Upaya membangun sikap toleransi antar umat beragama dalam hidup sehari –hari sesuai dengan dokumen Gereja Nostra Aetate Art. 2 adalah ….

A.    menghargai ajaran dan peribadatan dari agama yang sama

B.     menghargai ajaran dan peribadatan dari agama yang lain

C.     menghargai teman yang berbeda status sosial

D.    menghargai teman yang berbeda suku

 

35.    Perhatikan kutipan dokumen Nostra Aetate artikel 2 berikut ini!

 

Gereja Katolik tidak menolak apapun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan suci. Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri. Tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar kebenaran, yang menerangi semua orang.

 

Sikap Gereja Katolik terhadap agama lain berdasarkan teks dokumen Gereja di atas adalah ... .

A.       memandang bahwa agama dan kepercayaan adalah jalan menuju Allah yang satu dan sama bagi semua manusia

B.       mengakui bahwa Allah sendiri menciptakan manusia dalam perbedaan untuk saling melengkapi dan menyempurnakan

C.       menciptakan persaudaraan sejati dalam kehidupan bersama, termasuk dengan mereka yang berbeda agama dan kepercayaan

D.       mendorong umatnya supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui dialog dan kerja sama dengan penganut agama dan kepercayaan lain

 

36.    Bacalah teks berikut!

 

Sikap toleransi antar umat beragamapun tak lepas dari kami. Jika hari raya Idul Fitri tiba, kami yang beragama Kristen menyambangi rumah teman yang beragama Muslim. Begitu pula saat Natal tiba, kawan-kawan yang beragama Muslim datang ke rumah sembari mengucapkan ucapan selamat.

Pernah suatu ketika salah seorang teman yang beragama  Muslim dilanda musibah dimana salah seorang kerabatnya meninggal dunia, kami sekelas datang  menyambangi rumahnya. Kami menganggap bahwa jika seorang kawan berduka, maka itu merupakan duka kami sekelas.

Menginjak  bangku SMA, rasa solidaritas pertemanan semakin menguat. Saat itu saya mendapat teman duduk yang beragama Muslim. Siti, nama panggilannya. Dia adalah sosok teman yang baik, periang dan suka membanyol. Belum lagi teman-temanku yang lain seperti Salmawati, Samuel, Sumardi, Vilya. Kami berenam pun menjadi sekelompok sahabat. Perbedaan agama diantara kami tak menghalangi untuk membina rasa persaudaraan. Adapun bentuk toleransi yang tercipta diantara kami seperti saat mengerjakan tugas sekolah dimana kami berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan kepada Salmawati dan Ance untuk menjalankan ibadah sholatnya. Begitu pula saat hari Minggu tiba, Salmawati dan Ance memberikan kesempatan kepada kami untuk beribadah ke gereja  sebelum melakukan tugas sekolah

 

https://www.kompasiana.com/heriyanto_rantelino/54f69ae3a33311cd218b4f6e/indahnya-solidaritas-pertemanan-beda-agama

 

Usaha untuk mewujudkan kebersamaan dengan pemeluk agama lain berdasarkan cerita di atas, diwujudkan dengan cara ... .

A.    tetap bersahabat meskipun berbeda agama

B.     merayakan hari raya keagamaan bersama-sama

C.     terlibat dalam peribadatan teman yang beragama lain

D.    menjadikan agama sebagai landasan persahabatan sejati

 

37.    Perhatikan kutipan berikut ini!

 

“Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau membangun sebuah menara tidak lebih dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? (Luk 14:28)

Ayat ini menunjukkan pentingnya perencanaan dalam meraih cita-cita yaitu agar … .

A.     keluarga mengetahui cita-citanya

B.      mengandalkan dukungan keuangan

C.      mengukur kemampuan dalam rangka mencapai tujuan

D.     meningkatkan rasa percaya diri

 

38.    Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Oleh sebab itu apa yang dipersatukan Allah tidak dapat diceraikan manusia. (Markus 10:9)

 

Perkawinan menurut ajaran Gereja Katolik berdasarkan kutipan di atas adalah … .

A.     utuh dan tak terceraikan

B.      kuat dan tak terceraikan

C.      terbatas dan kekal

D.     terikat dan bahagia

 

39.    Perhatikan kutipan Lumen Gentium art. 28 berikut ini!

 

Mereka ikut serta dalam tugas Kristus Pengantara tunggal (lih 1Tim 2:5) pada tingkat pelayanan mereka, dan mewartakan sabda ilahi pada semua orang. Tetapi tugas suci mereka terutama mereka laksanakan dalam ibadat Ekaristi atau synaxys. Di situ mereka bertindak atas nama Kristus, dan dengan memaklumkan misteri-Nya mereka menggabungkan doa-doa Umat beriman dengan korban Kepala mereka.

 

Berdasarkan dokumen Gereja tersebut, imam mengambil bagian dalam tugas imamat Yesus untuk ... .

A.    mempersembahkan korban Kristus

B.     menguduskan umat melalui pelayanan sakramen

C.     mewartakan Sabda Allah

D.    mempersatukan umat dalam Yesus Kristus sebagai kepala

 

40.     Seorang imam dari anggota suatu ordo atau kongregasi biasanya mengucapkan dan menghayati tiga kaul, yaitu Kaul Ketaatan, Kaul Kemiskinan, dan Kaul Kemurnian.

 

Arti dari Kaul Kemiskinan adalah ... .

A.     hidup selibat, tidak menikah

B.      bersedia taat kepada atasannya

C.      siap untuk ditugaskan dimana saja

D.     bersedia melepas atau tidak terikat pada harta benda

 

 

 

 

Uraian :

1.         Dalam kisah “Penjala ikan menjadi penjala manusia” (bdk. Lukas 5:1-11) Simon yang telah sepanjang malam menjala ikan tetapi tidak mendapat apa-apa, tetapi setelah Yesus menyuruh bertolak ke tempat yang lebih dalam dan menebarkan jalanya ia mendapatkan ikan yang berlimpah.

 

Tuliskan 3 contoh sikap  dalam hidup sehari-hari yang dapat kita pelajari dari pengalaman Simon ketika mengalami keterbatasan!

 

2.         Yesus yang bangkit berkata pada para murid-Nya “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan disanalah mereka akan melihat Aku.” (Mat 28:10)

 

Berdasarkan kutipan tersebut, sebutkan 4 (empat) makna kebangkitan Yesus bagi remaja saat ini!

 

3.         Bacalah artikel Lumen  Gentium  art 1 berikut ini!

 

Terang para bangsalah Kristus itu. Maka Konsili suci ini, yang terhimpun dalam Roh Kudus, ingin sekali menerangi semua orang dalam cahaya Kristus, yang bersinar pada wajah Gereja, dengan mewartakan Injil kepada semua makhluk (Lih. Mrk 16:15). Namun Gereja itu dalam Kristus bagaikan sakramen, yakni tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. Maka dari itu menganut ajaran Konsili-konsili sebelum ini, Gereja bermaksud menyatakan dengan lebih cermat kepada umatnya yang beriman dan kepada seluruh dunia, manakah hakekat dan perutusannya bagi semua orang. Keadaan zaman sekarang lebih mendesak Gereja untuk menunaikan tugas secara lebih erat berkat pelbagai hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh kesatuan sepenuhnya dalam Kristus.”

 

Dari artikel diatas jelaskan arti Gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan!

 

4.         Perhatikan pernyataan mengenai kerusakan alam di Indonesia berikut ini!

 

Beberapa fakta terkait tingginya kerusakan lingkungan/alam di Indonesia akibat kegiatan manusia antara lain:

Tingginya pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran laut di Indonesia. Bahkan pada 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai Sungai Paling Tercemar di Dunia oleh situs huffingtonpost.com. World Bank juga menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polutan tertinggi ketiga setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.

 

Sebutkan 4 (empat) cara-cara mengatasi kerusakan lingkungan/alam!

 

5.         Sebutkan dua (2) pandangan masyarakat tentang perkawinan!

Post a Comment