Pilihan Ganda :
1.
Perhatikan
kutipan Kejadian 1:26-28 berikut ini!
Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia
menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala
binatang melata yang merayap di bumi.”
Maka
Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah
diciptakan-Nya dia laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati
mereka lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranak cuculah dan bertambah
banyak; penuhilah bumi
dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di
udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.
Berdasarkan
kutipan di atas, kekhasan manusia sebagai citra Allah adalah … .
A. manusia
diberi akal budi agar dapat mencari dan mengenal Penciptanya
B. menceritakan kebaikan-kebaikan Allah kepada sesamanya
C. sungguh dikasihi Allah karena diciptakan
atas kehendak-Nya sendiri
D. diberi kuasa atas alam dan ciptaan lainnya
2.
Manusia
diciptakan Tuhan secitra dengan diri-Nya. Sebagai citra Allah, kita dipanggil
untuk mewujudnyatakan tugas yang diberikan Allah kepada kita.
Salah
satu contoh tindakan perilaku yang sesuai dengan hati nurani sebagai citra
Allah di dalam kehidupan di lingkungan sekolah adalah ….
A.
menjaga
lingkungan rumah agar selalu bersih
B.
ikut
kerja bakti dalam kegiatan RT-RW
C.
jujur
dalam mengerjakan tugas
D.
taat
pada perintah orang tua
3.
Perhatikan
kutipan Matius 25:16-21 berikut ini!
“Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia
menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua
talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba
yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lubang di dalam tanah lalu
menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu
pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba
yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta,
katanya: Tuhan, lima talenta tuan percayakan padaku ; lihat, aku telah beroleh
laba lima talenta. Maka kata tuan itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu,
hai hambaku yang baik dan setia; engkau
telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab
dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”
Sikap yang tepat dalam menanggapi
kutipan di atas adalah … .
A. Yustina membuat daftar kemampuannya
B. Markus selalu tersenyum dalam situasi apa
pun
C. Frans suka membandingkan kemampuan
temannya
D. Maria melatih
dirigen beberapa kelompok paduan suara di Gereja
4.
Cara
yang dapat dilakukan untuk mengembangkan seksualitas bagi laki-laki atau
perempuan sebagai anugerah Allah adalah … .
A. Milea menyemir
rambut seperti artis
B. Dylan rajin membaca buku
C. Jenni sepulang sekolah belajar memasak
D. Lissa mengikuti perkembangan zaman agar
terkenal
5.
Perhatikan
kutipan 1 Samuel 18:1-4 berikut ini!
“Ketika Daud
habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan
Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri.
Pada
hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah
ayahnya.Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia
seperti dirinya sendiri. Yonatan
menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju
perangnya, sampai pedangnya, panahnya, dan ikat pinggangnya.”
Contoh tindakan yang baik
sebagai teman sejati berdasarkan kutipan di atas adalah … .
A.
menasihati
teman di depan orang banyak
B.
membagikan
bekal makanan kepada teman yang tidak membawa uang saku
C.
memuji
temannya agar merasa
senang
D.
mengingatkan
teman agar selalu berbuat baik
6.
Peran
kepala sekolah dalam perkembangan diri siswa berdasarkan dokumen Gereja Gravissimum Educationis artikel 5
tentang pentingnya sekolah adalah… .
A. melibatkan keluarga, guru dan perserikatan
untuk perkembangan siswa
B. membantu memberikan penilaian pengetahuan
C. membangun persahabatan antara siswa
D. menyiapkan siswa dalam memilih jurusan
7.
Bacalah
penggalan Dokumen Konsili Vatikan II pernyataan tentang pendidikan Kristen Art.
3 berikut ini!
“ … merupakan kewajiban
orang tua: menciptakan ligkungan keluarga, yang diliputi semangat bakti kepada
Allah dan kasih sayang terhadap sesama sedemikian rupa, sehingga menunjang
keutuhan pendidikan pribadi dan sosial anak-anak mereka”.
Peran
keluarga yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah ….
A. keluarga berkewajiban memberikan tempat
tinggal yang nyaman bagi anak-anak sehingga dapat menunjang pendidikan mereka
B.
keluarga
berkewajiban memberikan pendidikan iman dan kasih sayang sedemikian rupa
kepada anak-anaknya
C.
keluarga
harus menyediakan fasilitas sedemikian rupa untuk pendidikan pribadi dan sosial
D. keluarga menjadi rumah yang indah bagi
anak –anaknya untuk berkembang secara sempurna baik iman maupun sosial
8.
Tindakan
Yesus selalu menunjukkan belas kasih. Salah satunya tertulis dalam injil
Yohanes 11:11, “Demikianlah
perkataan-Nya, dan sesudah
itu Ia berkata kepada mereka: “Lazarus, saudara kita, telah tertidur, tetapi
Aku pergi ke sana untuk membangunkan dia dari tidurnya.”
Sebagai pengikut Yesus, kita dapat
menunjukkan tindakan belas kasih dengan cara … .
A.
Veronika mendoakan temannya supaya cepat sembuh
B.
Anton berdoa untuk ketentraman keluarga
C.
Retno membawa temannya yang
jatuh dari sepeda motor ke rumah sakit
D.
Andreas merasa kesal saat melihat orang miskin diperlakukan secara tidak
adil oleh masyarakat
9.
Sabda bahagia dari Tuhan sungguh relevan sepanjang masa.
Salah satu bunyi dari Sabda Bahagia tertulis dalam injil Matius 5:3, “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.”
Pada zaman ini, miskin di hadapan
Allah dapat kita wujudkan dengan cara … .
A.
menjual
dagangan dengan harga murah
B.
berdoa
terlebih dahulu sebelum bertindak
C.
hidup
dengan gaya hidup seperti orang miskin
D.
memberi
dengan penuh sukacita kepada semua yang miskin
10. Bacalah teks Kitab Suci Berikut ini!
“Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai
seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Dan
tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala
tentara sorga yang memuji Allah, katanya” (Lukas 2:12-13).
Pernyataan yang
menunjukkan kemanusiaan Yesus menurut teks Luk 2:12-13 adalah ….
A. hari ini telah lahir bagimu
Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud
B. kamu akan menjumpai seorang
bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan
C. para malaikat dan bala tentara
Sorga yang memuji Allah
D. Yesus menyembuhkan anak
perwira yang percaya.
11. Perhatikan gambar berikut!
Contoh
tindakan yang sesuai dengan teladan Yesus seperti tampak dalam gambar di atas adalah
… .
A.
B. Anton menghidangkan minuman bagi Andreas
yang singgah dirumahnya untuk mengerjakan tugas kelompok karena diminta oleh
ibunya.
C. Maria membantu ibunya mencuci piring
setiap hari karena merasa kasihan pada ibunya yang terkena penyakit sejak
keluarganya bangkrut.
D. Bernard meluangkan waktu untuk menemani
Alexander yang sedang berbaring sakit setelah pulang sekolah, karena mereka
bersahabat sejati.
12. Perhatikan
kutipan Kis
2:46 berikut ini!
“Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan
makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati. sambil memuji Allah.”
Cara hidup jemaat perdana yang masih
tetap dihayati pada jaman sekarang adalah … .
A. Joko makan bersama dalam keluarga
B. Toni bernyanyi bersama temannya
C. Margareta rajin mengikuti perayaaan
ekaristi
D. Yosep menghadiri pesta ulang tahun paroki
13. Dalam peristiwa Pentakosta, Roh Kudus turun atas para
Rasul. Roh Kudus itulah yang dijanjikan
Yesus sebelum Ia diangkat ke surga dan tetap berkarya hingga saat ini.
Peran Roh Kudus
pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini adalah ... .
A.
karya Roh Kudus memberi kekuatan dalam
karya liturgi
B. mendampingi pelayanan pendidikan melalui
sekolah-sekolah
C. mendampingi pengajaran pengajaran dalam
pelayanan inisiasi
D. menjiwai anggota Gereja untuk berperan aktif
dalam kehidupan beriman
14. Perhatikan kutipan Kisah Para Rasul
2:14-17 berikut ini!
“Maka
bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring
ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di
Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. Orang-orang ini tidak
mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan, tetapi itulah
yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoël: Akan terjadi pada
hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan
Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan
bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan
orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.”
Pengaruh Roh Kudus dalam diri Para
Rasul berdasarkan kutipan di atas adalah … .
A. berkumpul, memecahkan roti dan berdoa
B. berani bersaksi tentang Yesus dihadapan
orang banyak
C. saling berbagi dan disukai banyak orang
D. menyertai para rasul dengan memberikan
pendampingan
15. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Menanggapi
panggilan hidup bakti
2) Berkarya
di bidang kesehatan
3) Berkarya
di bidang Pendidikan
4) Berkarya
di rumah doa
Dari pernyataan tersebut diatas menunjukkan peran
anggota Gereja sebagai ….
A. kaum klerus
B. kaum biarawan/wati
C. kaum religius
D. kaum awam
16. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
(1) (2) (3) (4)
Peran remaja dalam
gambar di atas secara berturut-turut mewujudkan tugas Gereja pada bidang … .
A. liturgia, kerygma, diakonia, koinonia
B. kerygma, diakonia, koinonia, liturgia
C. diakonia, koinonia, liturgia, kerygma
D. koinonia, liturgia, kerygma, diakonia
17. Tujuh sakramen dalam Gereja Katolik
adalah:
1.
Tobat
2.
Pembaptisan
3.
Ekaristi
4.
Penguatan
5.
Pengurapan
orang sakit
6.
Imamat
7.
Perkawinan
Sakramen-sakramen yang termasuk sakramen inisiasi
ditunjukkan oleh nomor ... .
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 5, 6, 7
18. Perhatikan kutipan injil Lukas 15:17-19
berikut ini!
“Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya
orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati
kelaparan. Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya:
Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi
disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.”
Sikap positif
yang ditunjukkan oleh tokoh anak bungsu dalam kutipan di atas terwujud dalam
tindakan … .
A. menyatakan bahwa dirinya layak menjadi
orang upahan bapanya
B. menyadari kelimpahan harta bapanya dan
berniat untuk pulang
C. sadar akan kesalahannya kemudian pergi
kepada bapanya untuk bertobat
D. menyatakan rasa penyesalannya karena
merasa malu pada upahan bapanya
19. Bacalah cerita berikut ini!
Pulang
Di dalam kehidupan yang penuh
kemewahan dan kenikmatan, Maria Magdalena jadi lupa sama sekali dengan kedua
orang tuanya, petani miskin di desa itu. Ia pernah mendapat surat dari mereka,
yang menyesalkan jalan hidupnya, tetapi sama sekali tidak dihiraukannya. Pada
suatu hari secara kebetulan ia melihat sebuah gereja, yang mengingatkan dia
pada gereja di desanya. (Waktu kecil ia sangat rajin ke gereja, mengikuti
kebiasaan kedua orang tuanya). Ada semacam kerinduan yang sulit dia pahami
mendorongnya untuk memasuki gereja itu. Ketika ia memasuki Gereja itu, ia agak
tersentak, sebab hiasan dalam gereja itu mengingatkan akan suasana Pesta
Paskah. Masa dan hari-hari kebangkitan Tuhan! Sudah sekian banyak tahun ia
tidak merayakan dan mengalami Paskah lagi! Tiba-tiba Mary merasa sangat terguncang
hatinya. Air matanya deras mengalir.
Hari itu juga ia mengambil keputusan: Pulang! Tiba-tiba ia teringat
gereja parokinya. Teman-temannya semasa kecil. Rumahnya, ladang, jalan setapak
di atas pematang ... semuanya. Terlebih ia
teringat akan kedua orang tuanya. Ia naik kereta api ke desanya dan tiba larut
malam. Waktu ia mendekati pintu halaman rumah, tiba-tiba hatinya menjadi kecut
dan ragu. Apakah orang tuanya masih mau menerima dia, yang telah begitu tega
mencemarkan nama baik keluarga? Ia heran bahwa pada larut malam seperti itu
pintu pagar dan pintu rumah masih tetap terbuka. Biasanya selalu terkunci
rapat. Ia berjalan melewati halaman dan melihat bahwa kamar kedua orang tuanya
masih terang. Lampunya masih menyala. Ketika ia tiba di ambang pintu, gemersik
langkah kakinya memecah kesunyian. Terdengar suara ibunya dari dalam: “Magda,
kaukah itu?”
(sumber: buku guru
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas VIII)
Berdasarkan
cerita di atas, yang merupakan bentuk pertobatan yang sesuai dengan
ajaran Yesus Kristus adalah … .
A. merubah sikap setelah mendapatkan banyak keuntungan dari perbuatan
tidak baik yang selama ini dilakukan.
B. mengambil keputusan untuk merubah kebiasaan yang tidak
menguntungkan
C. berani mengambil keputusan untuk kembali kepada jalan yang benar
karena sadar akan kasih Tuhan
D. meninggalkan perbuatan yang tidak baik, karena
takut ancaman hukuman
20. Perhatikan kutipan surat Yakobus 5:13-16
berikut ini!
“Kalau ada seorang di
antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau adaseorang yang bergembira
baiklah ia menyanyi! Kalau
ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatuajemaat,
supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalamnama Tuhan.
Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan
akanmembangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan
diampuni. Karena
itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang
yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”
Cara
Gereja mendampingi orang sakit sesuai kutipan, di atas adalah … .
A. menyerahkan kepada Imam agar didoakan dan
didampinginya
B. meneguhkan iman si sakit dengan jalan
mendoakan dan mengolesi minyak suci
C. mendoakan dan mengurapi dengan minyak suci
dengan tujuan sakitnya pasti sembuh
D. mengunjungi dan mendoakan dengan tujuan
supaya cepat sembuh
21.
“Aku,
Akulah Tuhan dan tidak ada juru selamat selain dari pada-Ku. ”
(
Yes 43 :11)
Berdasarkan kutipan tersebut, kita
dapat menemukan sumber keselamatan dengan cara …
.
A.
pasrah pada Tuhan
B.
memuji Tuhan
C.
berdoa
D.
dibaptis
22. Perhatikan kutipan surat Yakobus 2:17-18
berikut ini!
“Jika iman
itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. Tetapi
mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada
perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu
tanpa perbuatan,dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”
Kutipan di atas memberi gambaran hubungan iman dengan
perbuatan. Iman diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari dengan cara … .
A. menolong teman saat ulangan
B. membantu guru yang disukai
C. membuang sampah pada tempatnya
D. mendoakan teman yang kesulitan mengerjakan
tugas
23. Bacalah teks Kitab Suci berikut!
"Setiap orang yang
mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang
bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.” (Mat 7: 24)
Berdasarkan
teks Kitab Suci di atas sebagai seorang remaja Kristiani sepantasnya kita juga
dapat aktif dalam kegiatan gereja yaitu….
A. Organisasi Siswa Intra Sekolah
B. Organisasi OMK
C. Karang Taruna
D. Komunitas Basis
24. “Seorang yang sudah dibaptis dipersatukan
dengan umat Kristiani lainnya dalam komunitas Gerejani.”
Pernyataan yang tepat sehubungan
dengan peran komunitas Gerejani dalam upaya mengembangkan iman, yaitu … .
A. sebagai tujuan dan pembuktian jati
diri
B. sarana untuk berkumpul dan berbagi
pengalaman
C. wadah dan peneguh iman terhadap karya
penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
D. mendapat sahabat dan menjaring silaturahmi
supaya masa depan semakin cerah terjamin
25. Perhatikan kutipan Kisah Para Rasul
2:41-47 berikut ini!
“Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu bertambahlah jumlah mereka kira-kira
tiga ribu jiwa. Mereka bertekun
dalam pegajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu
berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua
sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang
yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah
kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu
membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait
Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan
bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati. sambil memuji Allah. Dan
mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka
dengan orang yang diselamatkan.”
Bentuk perwujudan iman bersifat
sosial berdasarkan kutipan di atas adalah … .
A. jumlah mereka kira-kira tiga ribu jiwa
B. menjual harta miliknya lalu
membagi-bagikannya
C. makan bersama-sama dengan gembira
D. Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang
yang diselamatkan
26. Perhatikan tabel berikut ini!
I |
II |
III |
IV |
Kerja
bakti |
Berdoa
bersama |
Membaca
Kitab Suci |
Belajar
dengan rajin |
Berdoa
bersama |
Mengaku
dosa |
Berdoa
bersama |
Berdoa
bersama |
Mengaku
dosa |
Kerja
bakti |
Mengaku
dosa |
Kerja
bakti |
Kegiatan
pengembangan iman dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan dalam tabel nomor … .
A. I
B. II
C. III
D. IV
27.
Perhatikan
kutipan ajaran Gereja berikut ini!
“Kaum beriman kristiani,
yang karena baptis dipanggil untuk menjalani hidup yang selaras dengan ajaran
injili, mempunyai hak atas pendidikan kristiani, agar dengan itu dibina
sewajarnya untuk mencapai kedewasaan pribadi manusiawi dan sekaligus untuk
mengenal dan menghayati misteri keselamatan.” (Kitab Hukum
Kanonik Kan.217)
Hak umat beriman Kristiani berdasarkan kutipan
di atas adalah … .
A.
mendapatkan pendidikan Kristiani
B. mengadakan ibadat
C. menyampaikan keperluannya
pada imam
D. menerima bantuan rohani
28.
Perhatikan contoh
perilaku
di bawah ini !
(1) bersikap rendah hati (2) menghargai pendapat teman (3) mengamati
keberhasilan teman (4) bekerja sama dengan orang kaya (5) menempatkan orang lain sesuai dengan kedudukannya (6) bekerja sama dengan siapapun tanpa membedakan |
Perilaku
yang menunjukkan penghargaan martabat manusia adalah ... .
A.
(1), (2), (3), dan
(4)
B.
(1), (2), (4), dan
(5)
C.
(1), (2), (5), dan
(6)
D.
(1), (2), (3), dan
(6)
29.
Bacalah
teks Kitab Suci berikut!
“Lalu Ia menyuruh orang
banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap
syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk
dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. Mereka juga
mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh
supaya ikan itu juga dibagi-bagikan.Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian
orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. (Mar
8:6-8)
Contoh
sikap hormat terhadap kehidupan sesuai dengan teks di atas adalah ….
A. mengikuti perayaan Ekaristi
B. berbagi dengan orang yang berkekurangan
C. mengikuti Yesus berhari-hari tanpa makan
dan minum
D. kagum terhadap mujizat Yesus yang
menggandakan roti
30. Bacalah teks Kitab Suci berikut!
“Tetapi yang terutama,
saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi
sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah
kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.“ (Yak 5:12)
Contoh
tindakan kejujuran di masyarakat sesuai dengan teks di atas adalah ….
A. mengembalikan dompet yang bukan milikinya
B. membayar aparat untuk menghindari hukuman
C. membayar iuran lebih sedikit dari yang
seharusnya
D. meminta izin ketika meminjam barang milik
orang lain
31.
“Keadilan adalah memberi kepada orang lain
sesuai haknya.”
Usaha yang dilakukan untuk memperjuangkan keadilan
dalam kehidupan sehari-hari adalah … .
A.
Anak menentukan
kebutuhan uang sakunya
B.
Orang tua
mengkomunikasikan kebutuhan uang saku dengan anaknya
C.
anak yang pandai
mendapat uang saku lebih banyak dari yang lain
D.
orang tua yang
menentukan uang saku, anak-anak mematuhinya
32. Perhatikan gambar dan kutipan berikut ini!
(kebakaran
hutan, dari cnntv.com)
Gambar di atas kurang sesuai bila
dihubungkan dengan kutipan “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman
kepada mereka: “Beranakcuculah dan
bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkannlah itu, berkuasalah atas
ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang
merayap di bumi (Kej
1:28)” sebab
manusia … .
A.
mengolah
alam supaya bermanfaat
B.
menggunakan pohon untuk membuat api
C.
memanfaatkan kekayaan alam secara berlebihan
D.
menciptakan api dari bahan yang ada di alam itu
33. Perhatikan kutipan kitab Kejadian 1:26-31
berikut ini!
“Berfirmanlah Allah,
Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka
berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan
atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah
menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya
dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka,
lalu Allah berfirman kepada mereka, “Beranak cuculah dan bertambah banyak;
penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.
“Berfirmanlah Allah, “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan
yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji;
itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala
burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan
segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian. Maka Allah
melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan
jadilah pagi, itulah hari keenam.”
Tugas dan tanggung
jawab manusia terhadap ciptaan Allah, menurut kutipan di adalah … .
A. Pemakaian obat-obatan kimia untuk membasmi
hama tanaman yang sulit diberantas
B. Manusia dipanggil oleh Allah untuk
menguasai alam dengan mengolah, mempergunakan, serta melestarikan alam ciptaan ini
C. Tuhan menciptakan bumi dengan segala
isinya diperuntukkan bagi kehidupan manusia sehingga bebas untuk mempergunakannya
D. Penebangan hutan untuk industri perkayuan,
perluasan lahan pemukiman tanpa harus melakukan reboisasi
34. Upaya membangun sikap toleransi antar umat
beragama dalam hidup sehari –hari sesuai dengan dokumen Gereja Nostra Aetate Art. 2 adalah ….
A. menghargai ajaran dan peribadatan dari
agama yang sama
B. menghargai ajaran dan peribadatan dari
agama yang lain
C. menghargai teman yang berbeda status
sosial
D. menghargai teman yang berbeda suku
35. Perhatikan kutipan dokumen Nostra Aetate artikel 2 berikut ini!
“Gereja
Katolik tidak menolak apapun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan suci.
Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan
hidup, kaidah-kaidah
serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari apa yang diyakini
dan diajarkannya sendiri. Tetapi tidak jarang toh memantulkan sinar kebenaran,
yang menerangi semua orang.”
Sikap
Gereja Katolik terhadap agama lain berdasarkan teks dokumen Gereja di atas adalah ... .
A. memandang bahwa agama dan kepercayaan
adalah jalan menuju Allah yang satu dan sama bagi semua manusia
B. mengakui bahwa Allah
sendiri menciptakan manusia dalam perbedaan untuk saling melengkapi dan
menyempurnakan
C. menciptakan
persaudaraan sejati dalam kehidupan bersama, termasuk dengan mereka yang berbeda
agama dan kepercayaan
D. mendorong
umatnya supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui dialog dan kerja sama
dengan penganut agama dan kepercayaan lain
36. Bacalah
teks berikut!
Sikap
toleransi antar umat beragamapun tak lepas dari kami. Jika hari raya Idul
Fitri tiba, kami yang beragama Kristen menyambangi rumah teman yang
beragama Muslim. Begitu pula saat Natal tiba, kawan-kawan yang
beragama Muslim datang ke rumah sembari mengucapkan ucapan selamat. Pernah
suatu ketika salah seorang teman yang beragama Muslim dilanda musibah
dimana salah seorang kerabatnya meninggal dunia, kami sekelas datang
menyambangi rumahnya. Kami menganggap bahwa jika seorang kawan
berduka, maka itu merupakan duka kami sekelas. Menginjak
bangku SMA, rasa solidaritas pertemanan semakin menguat. Saat itu saya
mendapat teman duduk yang beragama Muslim. Siti, nama panggilannya. Dia
adalah sosok teman yang baik, periang dan suka membanyol. Belum lagi
teman-temanku yang lain seperti Salmawati, Samuel, Sumardi, Vilya. Kami berenam
pun menjadi sekelompok sahabat. Perbedaan agama diantara kami tak menghalangi
untuk membina rasa persaudaraan. Adapun bentuk toleransi yang tercipta
diantara kami seperti saat mengerjakan tugas sekolah dimana kami berhenti
sejenak untuk memberikan kesempatan kepada Salmawati dan Ance untuk
menjalankan ibadah sholatnya. Begitu pula saat hari Minggu tiba,
Salmawati dan Ance memberikan kesempatan kepada kami untuk beribadah
ke gereja sebelum melakukan tugas sekolah |
Usaha untuk mewujudkan
kebersamaan dengan pemeluk agama lain berdasarkan cerita di atas, diwujudkan
dengan cara ... .
A. tetap bersahabat
meskipun berbeda agama
B. merayakan hari
raya keagamaan bersama-sama
C. terlibat dalam
peribadatan teman yang beragama lain
D. menjadikan agama
sebagai landasan persahabatan sejati
37. Perhatikan kutipan berikut ini!
“Sebab
siapakah di antara kamu yang kalau mau membangun sebuah menara tidak lebih
dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan
pekerjaan itu?”
(Luk 14:28)
Ayat ini menunjukkan pentingnya perencanaan dalam
meraih cita-cita yaitu agar … .
A.
keluarga
mengetahui cita-citanya
B.
mengandalkan
dukungan keuangan
C.
mengukur
kemampuan dalam rangka mencapai tujuan
D.
meningkatkan
rasa percaya diri
38. “Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Oleh sebab itu apa yang
dipersatukan Allah tidak dapat diceraikan manusia. (Markus 10:9)
Perkawinan menurut ajaran Gereja Katolik berdasarkan kutipan di atas
adalah … .
A. utuh dan
tak terceraikan
B. kuat dan
tak terceraikan
C. terbatas
dan kekal
D. terikat
dan bahagia
39. Perhatikan kutipan Lumen Gentium art. 28 berikut ini!
Mereka
ikut serta dalam tugas Kristus Pengantara tunggal (lih 1Tim 2:5) pada tingkat
pelayanan mereka, dan mewartakan sabda ilahi pada semua orang. Tetapi tugas
suci mereka terutama mereka laksanakan dalam ibadat Ekaristi atau synaxys. Di situ mereka bertindak
atas nama Kristus, dan dengan memaklumkan misteri-Nya mereka menggabungkan
doa-doa Umat beriman dengan korban Kepala mereka.
Berdasarkan
dokumen
Gereja tersebut, imam mengambil
bagian dalam tugas
imamat Yesus
untuk ...
.
A. mempersembahkan
korban Kristus
B. menguduskan
umat melalui pelayanan
sakramen
C. mewartakan Sabda
Allah
D. mempersatukan umat dalam Yesus Kristus sebagai kepala
40. Seorang
imam dari anggota suatu ordo atau kongregasi biasanya mengucapkan dan
menghayati tiga kaul, yaitu Kaul Ketaatan, Kaul Kemiskinan, dan Kaul Kemurnian.
Arti
dari Kaul Kemiskinan adalah ... .
A. hidup selibat, tidak menikah
B. bersedia taat kepada atasannya
C. siap untuk ditugaskan dimana saja
D. bersedia melepas atau tidak terikat pada
harta benda
Uraian :
1.
Dalam
kisah “Penjala ikan menjadi penjala manusia” (bdk. Lukas 5:1-11) Simon yang
telah sepanjang malam menjala ikan tetapi tidak mendapat apa-apa, tetapi
setelah Yesus menyuruh bertolak ke tempat yang lebih dalam dan menebarkan
jalanya ia mendapatkan ikan yang berlimpah.
Tuliskan
3 contoh sikap dalam hidup sehari-hari
yang dapat kita pelajari dari pengalaman Simon ketika mengalami keterbatasan!
2.
Yesus
yang bangkit berkata pada para murid-Nya “Jangan takut. Pergi dan katakanlah
kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan disanalah mereka
akan melihat Aku.” (Mat 28:10)
Berdasarkan
kutipan tersebut, sebutkan 4 (empat) makna kebangkitan Yesus bagi remaja saat
ini!
3.
Bacalah artikel Lumen Gentium
art 1 berikut ini!
“Terang para
bangsalah Kristus itu. Maka Konsili suci ini, yang terhimpun dalam Roh Kudus,
ingin sekali menerangi semua orang dalam cahaya Kristus, yang bersinar pada
wajah Gereja, dengan mewartakan Injil kepada semua makhluk (Lih. Mrk 16:15).
Namun Gereja itu dalam Kristus bagaikan sakramen, yakni tanda dan sarana
persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. Maka dari itu
menganut ajaran Konsili-konsili sebelum ini, Gereja bermaksud menyatakan dengan
lebih cermat kepada umatnya yang beriman dan kepada seluruh dunia, manakah
hakekat dan perutusannya bagi semua orang. Keadaan zaman sekarang lebih
mendesak Gereja untuk menunaikan tugas secara lebih erat berkat pelbagai
hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh kesatuan sepenuhnya dalam
Kristus.”
Dari artikel
diatas jelaskan arti Gereja sebagai
tanda dan sarana keselamatan!
4.
Perhatikan
pernyataan mengenai kerusakan alam di Indonesia berikut ini!
Beberapa
fakta terkait tingginya kerusakan lingkungan/alam di Indonesia akibat
kegiatan manusia antara lain: Tingginya pencemaran udara, pencemaran air,
pencemaran tanah, dan pencemaran laut di
Indonesia. Bahkan pada 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai Sungai Paling
Tercemar di Dunia oleh situs huffingtonpost.com.
World Bank juga menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polutan tertinggi
ketiga setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. |
Sebutkan 4 (empat) cara-cara mengatasi kerusakan
lingkungan/alam!
5.
Sebutkan dua (2) pandangan masyarakat tentang perkawinan!
Posting Komentar