Lembar Observasi Kemampuan Melaksanakan
Shalat
SMP
Negeri 2 Susukan
Nama siswa : ..................................
Mata Pelajaran :
Fiqh
Pokok Bahasan :
Kemampuan Melaksanakan Shalat
Kelas/Semester : VII/I
Hari/Tanggal :
..................................
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan
tatacara salat fardu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar :
2. 5 Mempraktikkan
salat lima waktu dan sujud sahwi
Indikator :
Siswa mampu melaksanan sholat mulai dari aspek afeksi, kepribadian,
hingga kognitif
No.
|
Aspek-aspek yang
diobservasi
|
Skala Nilai
|
Keterangan
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1.
|
Gerakan-gerakan
Sholat (Ketrampilan):
|
||||||
a.
Takbiratul
Ihram
|
|||||||
b.
Rukuk
|
|||||||
c.
Sujud
|
|||||||
d.
Tahiyat Awal
|
|||||||
e.
Tahiyat Akhir
|
|||||||
f.
Salam
|
|||||||
2.
|
Bacaan
Sholat (Kognitif):
|
||||||
a.
Surat
al-Fatihah
|
|||||||
b.
Surat-surat
Pendek
|
|||||||
c.
Bacaan
rukuk
|
|||||||
d.
Bacaan
sujud
|
|||||||
e.
Bacaan
Tahiyat
|
|||||||
f.
Bacaan
Salam
|
|||||||
3.
|
Sikap (Afektif)
|
||||||
a. Berpakaian rapi (suci)
|
|||||||
b.Berzikir
dan berdoa’a sesudah sholat
|
|||||||
c. Memfosukan niat shalat hanya untuk Allah
|
|||||||
d.Khusu’
dan tuma’ninah (tidak bergurau)
|
Kesimpulan :
.........................................................
Catatan Guru : .........................................................
Saran :
.........................................................
Keteranga
Skala Nilai:
A : Menguasai Dengan Baik
A : Menguasai Dengan Baik
B :
Menguasai
C :
Cukup Menguasai
D :
Kurang Menguasai
Observi Observer/guru
(...........................) (Mohammad Ainur Rofiq)
Posting Komentar