Lembar Observasi Kemampuan Membaca al-Quran
SMP
Negeri 2 Susukan
Nama siswa : ..................................
Mata Pelajaran :
Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Quran
Pokok Bahasan :
Kemampuan Membaca al-Qur’an
Kelas/Semester : VII/I
Hari/Tanggal :
..................................
Indikator : Siswa mampu membaca al-quran dari aspek
afeksi, kepribadian, dan kognitif
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor Maksimal
|
Perolehan
|
A.
|
Sikap
(Afektif)
|
..................
|
|
1.
Tampil
bersih telah berwudhu
|
10
|
..................
|
|
2.
Tertib
berpakain/tertutup aurat
|
10
|
..................
|
|
3.
Cara
memegang/memerlakukan kitab suci saat membaca
|
10
|
..................
|
|
4.
Tidak
terburu-buru saat membaca
|
10
|
..................
|
|
5.
Pososi
duduk/tubuh saat membaca
|
10
|
..................
|
|
B.
|
Proses/keterampilan
(psikomotorik)
|
..................
|
|
1.
Kelancaran
membaca (makhroj/fasih)
|
25
|
..................
|
|
2.
Kebenaran
membaca (tajwid)
|
20
|
..................
|
|
3.
Nada/irama
(estetika)
|
10
|
..................
|
|
C.
|
Pengetahuan
(Kognitif)
|
..................
|
|
1.
Arti/terjemahan perkata
|
10
|
..................
|
|
2.
Penjelasan
isi kandungan (tema)
|
5
|
..................
|
|
Jumlah
|
..................
|
Catatan Guru:
.................................................................................................
Pedoman skor akhir:
Nilai <
50 = Kurang baik
Nilai 50 – 75 = Cukup
baik
Nilai 75 – 100 = Baik
Nilai 100 - 120 = Sangat Baik
Observer/guru
(Mohammad Ainur Rofiq)
Posting Komentar