Lembar Observasi Kemampuan Membaca al-Quran
SMP Negeri 2 Susukan

Nama siswa                 :  ..................................
Mata Pelajaran            :  Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Quran           
Pokok Bahasan           :  Kemampuan Membaca al-Qur’an
Kelas/Semester            : VII/I
Hari/Tanggal               :  ..................................
Indikator                              :  Siswa mampu membaca al-quran dari aspek afeksi, kepribadian, dan   kognitif

No.
Aspek Penilaian
Skor Maksimal
Perolehan
A.
Sikap (Afektif)

..................

1.    Tampil bersih telah berwudhu
10
..................

2.    Tertib berpakain/tertutup aurat
10
..................

3.    Cara memegang/memerlakukan kitab suci saat membaca
10
..................

4.    Tidak terburu-buru saat membaca
10
..................

5.    Pososi duduk/tubuh saat membaca
10
..................
B.
Proses/keterampilan (psikomotorik)

..................

1.    Kelancaran membaca (makhroj/fasih)
25
..................

2.    Kebenaran membaca (tajwid)
20
..................

3.    Nada/irama (estetika)
10
..................
C.
Pengetahuan (Kognitif)

..................

1.     Arti/terjemahan perkata
10
..................

2.    Penjelasan isi kandungan (tema)
5
..................
Jumlah
..................
Catatan Guru:  .................................................................................................

Pedoman skor akhir:
Nilai  <  50                  =   Kurang baik
Nilai 50 – 75   =   Cukup baik
Nilai 75 – 100 =   Baik
Nilai  100 - 120           =  Sangat Baik

                                                                                                Observer/guru




                                                                                                (Mohammad Ainur Rofiq)

Post a Comment